Mohon tunggu...
Rizqi An Nafiah
Rizqi An Nafiah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa aktif Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya prodi pendidikan islam anak usia dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Lebih Dekat dengan Tuhan "Mendidik Anak Usia Dini agar Mulai Mengenal Sang Pencipta"

6 Desember 2024   19:40 Diperbarui: 6 Desember 2024   19:50 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masa kanak-kanak adalah periode emas dalam pembentukan karakter. Pada usia dini, anak-anak mulai menyerap nilai-nilai, norma, dan keyakinan yang akan membentuk pondasi moral dan spiritual mereka di masa depan. Baik moral maupun agama memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak. 

Moral dan agama saling terkait erat dalam perkembangan anak. Nilai-nilai agama seringkali menjadi landasan bagi pembentukan moral individu. Dengan kata lain, agama memberikan kerangka kerja yang jelas tentang apa yang dianggap baik dan buruk, sehingga membantu anak dalam mengambil keputusan moral. 

Menanamkan nilai moral dan agama sejak dini memiliki beberapa manfaat penting, antara lain:

1. Membentuk Karakter: Nilai-nilai moral dan agama membantu membentuk karakter anak menjadi lebih baik, seperti jujur, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama.

2. Memberikan Panduan Hidup: Nilai-nilai ini memberikan panduan hidup yang jelas bagi anak, sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang bijak.

3. Meningkatkan Kesejahteraan: Anak yang memiliki nilai moral dan agama yang kuat cenderung lebih bahagia dan memiliki hubungan sosial yang baik.

4. Mencegah Perilaku Negatif: Dengan memiliki nilai-nilai yang kuat, anak akan lebih terhindar dari perilaku negatif seperti kekerasan, penipuan, dan pelanggaran norma sosial.

Masa kanak-kanak adalah periode kritis dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai moral. Namun, anak usia dini seringkali menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan moral yang baik. Pengembangan moral yang baik sejak dini sangat penting karena akan membentuk pondasi karakter anak di masa depan. Anak-anak yang memiliki moral yang baik cenderung lebih bahagia, sukses, dan memiliki hubungan sosial yang positif. 

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis kepada anak usia dini bernama Arsyfa berumur 5 tahun yang bersekolah di Tk telah menunjukkan kemampuan dalam memahami ilmu agama. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah setiap hari, Arsyfa telah belajar dan menghafal doa doa harian (seperti doa sebelum dan sesudah makan, doa masuk dan keluar kamar mandi, doa sebelum dan sesudah tidur) surah pendek dalam Al-Qur'an gerakan sholat dan wudhu. Setiap hari para guru mengetes hafalan murid murid disekolah. Dalam bersekolah Arsyfa juga belajar tentang moral terhadap sesama seperti, berbagi, tolong menolong dan bermain bersama teman. Sebisa mungkin untuk menghindari berkelahian dan bersikap sabar.

Untuk menunjang kemampuan anak dalam beragama orang tua Arsyfa memfasilitasinya dengan mengaji di TPQ agar hafalan Arsyfa semakin banyak dan dapat melantunkan Al-Qur'an sesuai tajwid Gharib yang benar. Di dalam mengaji TPQ arsyfa mulai mengenal bacaan seperti basmalah (bismillahirrahmanirrahim), tahmid (Alhamdulillaah), tasbih (Subhaanallaah), takbir (Allahu akbar). Di rumah, orang tua Arsyfa juga mengulang kembali apa yang sudah dipelajari di sekolah dan di TPQ. Hal ini sebagai bentuk praktek dan penerapan kembali nilai-nilai agama yang telah Arsyfa pelajari di sekolah maupun TPQ. Orang tua Arsyfa juga membiasakan sholat tepat waktu, saling berbagi dengan sesama dan saling membantu agar Arsyfa dapat meniru dan mempraktekannya. 

Menurut Edward Lee Thorndike, seorang psikolog Amerika yang terkenal dengan kontribusinya dalam bidang pembelajaran. Semakin sering suatu hubungan diulang, semakin kuat hubungan tersebut. Dengan kata lain, latihan membuat suatu respons menjadi lebih otomatis. Latihan yang berulang-ulang akan membantu siswa menguasai materi pelajaran. Kuis pendek yang sering diberikan dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Teori belajar behavioristik seperti yang dicetuskan oleh Edward Lee Thorndike 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun