Mohon tunggu...
Rizky Dian Nugraha
Rizky Dian Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Kalijaga

Pemuda tersesat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Teori Dramaturgi Erving Goffman

27 Oktober 2022   19:03 Diperbarui: 27 Oktober 2022   19:06 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebelum kita membahas teori dramaturgi, alangkah baiknya kita mengenal pencetus teori dramaturgi yaitu  Erving Goffman. Erving Goffman lahir pada tanggal 11 Juni 1922 di Alberta, Kanada. 

Perjalanan Pendidikan Erving Goffman terbilang menakjubkan dan meraih bebarapa gelar. Diantaranya pada tahun 1945, Goffman meraih gelar "Bechelor of Arts", tahun 1949 meraih gelar "Master of Arts", tahun 1953 meraih gelar "Pholosphy Doctor", tahun 1958 meraih gelar sebagai guru besar, dan di tahun 1970 di angkat menjadi anggota Committee For Study Of Incerceration dan memperoleh penghargaan Gunggeinhem. 

Pada tahun 1981, Goffman sempat menjabat sebagai presiden American Sosiological Assiociation hingga akhirnya wafat pada tahun 1982. Goffman dikenal sebagai seorang tokoh sosiologi mikro dengan spesialisasi kajian tentang interaksi sosial. Perjalanan akademis Goffman telah banyak dipengaruhi oleh studi-studi deskriptif yang dihasilkan di Chicago dan dipadukan dengan pandangan studi antropologi sosial yang menghasilkan perspektif-perspektif yang luas. Teori Erving Goffman yang terkenal  adalah teori dramaturgi yang telah ditulis di dalam buku karyanya yang berjudul "The Presentation of Self everyday life".

Dramaturgi berasal dari dari kata Bahasa Inggris yaitu "dramaturgy", kata drama berarti seni atau Teknik drama dalam bentuk teater. Dalam jurnal ilmiah karangan Sri Suneki dan Haryono yang berjudul "Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial" menjelaskan bahwa teori dramaturgi adalah teori yang menjelaskan bahwa interaksi sosial dimaknai sama dengan pertunjukan teater atau drama di atas panggung. 

Manusia adalah aktor yang berusaha untuk menggabungkan karakteristik personal dan tujuan kepada orang lain, melalui pertunjukannya sendiri. Teater dan drama mempunyai makna yang sama dengan interaksi sosial dalam kehidupan sosial. 

Dari pengertian diatas tentang teori dramaturgi, menurut pandangan dan pemahaman saya tentang teori dramaturgi adalah bahwa kehidupan sosial yang saat ini kita jalani saat ini seolah-olah adalah sebuah pertunjukan drama atau teater atau dengan kata lain dramaturgi ialah teori tentang sandiwara kehidupan yang dijalankan oleh manusia. Kita semua para manusia mempunyai peran masing-masing dalam menjalankan kehidupan sandiwara ini.

 Goffman membagi dramaturgi menjadi dua elemen, yaitu  panggung depan (bagian dari sandiwara yang secara umum berfungsi dengan cara-cara formal yang agak baku untuk mendefinisikan situasi bagi orang-orang yang mengamati sandiwara itu) dan panggung belakang (merupakan fakta-fakta atau sifat asli dari pemeran tersebut). 

Maksud dari pembagian dari kedua elemen tersebut adalah panggung depan berisi tentang apa yang kita perankan dalam kehidupan sosial ini Sedangkan panggung belakang adalah sifat asli dari individu ketika individu tersebut sedang tidak berperan dalam teater/drama tersebut.

Teori dramaturgi ini sering kali kita alami dan rasakan dalam kehidupan sosial. Misalnya aktor/agen Fulan adalah sebagai mahasiswa, Fulan dalam memainkan peran mahasiswa berperan layaknya seperti mengerjakan tugas, belajar di kampus, mengikuti organisasi, mengikuti seminar dan diskusi public dan lain-lain. 

Dan saat Fulan dalam peran bukan mahasiswa atau memainkan peran individu, Fulan tidak melakukan kegiatan layaknya  mahasiswa seperti bermain atau dengan kata lain sikap atau perilaku yang Fulan tunjukkan ketika berperan sebagai individu berbeda dengan yang dia tunjukkan sebagai mahasiswa.

Daftar Referensi :

Bakri, Wahyuddin. "BIOGRAFI TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI Klasik Sampai Postmodern." OSF Preprints, June 20, 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/5kt8z.

Suneki, Sri, and Haryono Haryono. "Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial." CIVIS 2, no. 2 (2012).

Melati, Metta. "ANALISIS KONSEP DRAMATURGI ERVING GOFFMAN DALAM POLA PENGGUNAAN RUANG PUBLIK KAFE OLEH MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA." SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant 5, no. 2 (June 27, 2016). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/8605.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun