SaatpulangZakiinginsekalibertemukedua orang tuanyadiamerasaketidakberhasilandalamperantauanduatahuniniadalahhasildaritindakanburuknyadiwaktulampau.Dia pun membulatkantekaduntukmenjenggukkedua orang tuanya.
SesampainyadirumahkontrakandiamengemasipekaianseadanyauntukdibawamenemuiKedua orang tuanya.SebelumayambekokokZakiberjalanmenuju terminal yang kebetulanhanyaberjarak 600 m darikontrakannya.Iamegambil bus pertama yang menuju Padang.
Sepanjangperjalannyamulutnyatakberhentiberistifarkepada Allah SWT atassegaladosanyadimasalampau.Perjalannan yangamatjauhdari Jakarta menuju Padang sekanbukanpenghalanguntukmenemuikeduaorangtuanya.Terlintasdihatikecilnyaketakutanbahwaselangduatahuntersebutkedua orang tuanyatelahdipanggil ALLAH SWT.Karenaselamaduatahuntersebutdiatidakpernahmenghubungikedua orang tuanya di Padang.NamunkekhawatiranituberusahaditepisolehZakidengantetapmemanjatkandoa yang takkunjungusaiselamaperjalanan.Perjalanan yang begitujauhmembuatZakitertidurlelapdengandoadoa yang tetapterucapdaridalamhatinya..
Sang sopir bus pun memasuki terminal di Padang.TakterasaZakitelahtibalebihdekatdengankampunghalamanya.Dari terminal di Kota Padang Zakiharusnaikangkotdankemudiannaikojekuntuksampai di rumahkedua orang tuanyakarenarumahZakiberjarah 25 KM daripusatkota Padang.
Ketikaojeksampaididekat di pelataranrumahnyaterlihatseorangIbu yang semakintua yang menyapudipelataranrumah.Kantungmatanyapunmembesarpipinya yang dahulugembulkinilembah di wajahtirusnya.Tak da lagi aura kecantikan yang terpancardarifisiknyatapiZakitahusemuakecantikanitusudahtersimpanrapidalamhatinyauntukpersediaan di surge nanti.
Zaki pun segeramenghampiriibunyadenganlinangan air matadanZakimemelukerattubuhtua sang IburibuanucapanmaafdariZakiteruskeluardarimulutnya.KebahagiiantiadataraterpancardariIbuZaki.Anak yang selamainidikiranyasudahmelupakannyakiniadadihadapannya.
KemudianIbuZakimengajakZakimasukkedalamumah yang sudah 2 tauninizakitidakpernahmenginjakankaki diatasnya.Keadaanya pun sudahjauhberubahbanyakkayu yang mulailapukatap yang mulaibocor.NamunhalitumasihbelumseberapaketikaZakimeliatsesosoklakilakitua yang sangatkurusterbaringdiatastempattidurdipojokrumahnya.Lakilakiitukeadaanyasangatmemprihatikanmukanyapucatdanmengenakanpakaianseadanya.TapinampaknyaZakimengenalsosoktersebut.
Benarsajasosokituadalahayahnya, Ayahnya yang duluberbadantegapkiniterbaringtakberdaya, stroke yang menyerangnyasetahunsetelahZakimemutuskanuntukmerantau.MengetahuiituadalahayahnyakemudianZakimenghampirinyadera air mata yang seakantakterbendunglagi.Rasasesalteramatdalamseakanmengelayutijiwadan raga Zakiketikamelihatkondisi sang ayah.Tetesan air matajugamembasahipipi ayah Zaki,inginsekali sang ayah menyambutZakidenganuntaian kata namunkondisibadan yang stroke membuat sang ayah sulitberbicara.
Satusosoklagi yang belumditemuiZakipadasaatituyaitu Amir adikkandungZakisatusatunya.KemudianZakibertanyapadaibu.KetikaZakibertanyatentangkeberadaan Amir wajah Sang Ibuberubahmenjadisedih.
Amir adikZakitelahberpulangkerahmatullahdalamperjalananmenuju Jakarta untukmemberitahukanperilahkeadaan Ayah mereka yang terkenaStroke.Halituterjadi 6 bulan yang lalu.BetapakagetnyaZakisebagaiseorangkakakketikaadiksatusatunyameninggaldunia.
Dalamhatinyadiaterusmenyalahkandirisendirikarenasebagaikakakdiatidakbisamenjadisosok yang bisadiandalkandanmembuatmalapetaka.Hariitusuasanahatinyaterasahampa.Berbagai rasa berkecambukdalamsanubarinnya.Kebahagiaan yang diadapatkanketikabertemu Sang Ibuseakanmenjaditiadaberartiketikamelihatkondisi sang ayah dantelebihlagikondisi Amir sang adik yang telahmeninggaldunia.