Mohon tunggu...
RIZKY MAHARDIKA PUTRA
RIZKY MAHARDIKA PUTRA Mohon Tunggu... lainnya -

NO GOD BUT ALLAH

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Cerpen: Hidayah dibulan ramadhan

30 Juni 2015   07:18 Diperbarui: 30 Juni 2015   08:07 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Hidayah di Bulan Ramadhan

 

 

Haribergantibulan yang dinanti pun datangkembali .Kebahagiannya yang taktergantiketikabertemubulanSuciKembali.Ramandhanialahbulan paling agungdiantarasemuabulan.BulandimanamanusiamemilikikesempatanuntuklebihmendekatkandiripadaALLAH SWT.Bulandimana Allah memberikankemurahannyaterhadapsetiapmahluknya.

Terawihadalahsholatsunah yang hanyaadadibulanRamdhan .Sholat yang apabiladilakukanmakaakanmendapatbanyaklimpahanpahala yang takternilaijumlahnya.

Zakiseorangpemudaasal Padang Sumatra Barat.Ramadhaniniadalahsebuahramadhan yang berbedabaginya .IniadalahbulanRamadhankeduabagidiajauhdengankedua orang tuanya.Diamemustuskanuntukmerantausepertihanyakebisaaanyabanyakpemudadikampunyya.

Harikehari di bulanRamadhaninidilaluinyadengansholatterawihsecararutin di masjid dekatkontrakanannya.Biasanyadiamengambilshaf paling belakangkarenadalamsholatterawihdiamemilikiprinsipdating telatpulangawal.Padaterawihterahkirdiaada di shaf paling depan.MungkinIniadalahsebuahtakdirdari sang ilahi.Sepertitahuntaunsebelumnyasholatterawihpadahariterahkirmemilikijumlahjamaah yang sedikit .

Pukul 07.45 semuajamaahsholatmelaksanakansholatisakterlebihdahulu.Setelahsholatisakselesaimakaseorangmubalighmemberikansebuahceramah.Semua orang dudukbersilamenunggu sang mubalighmemberikanceramahnamunitusemuaadalahdustakarenadihatikeciljamaahhanyasibukbicaraada yang memainkansmartphonenyabahkanjugaada yang tertidurdenganpulasseakaantanpadosa.

Hal jangalmerasukizakipemuda yang malasmalasanberubah.Taksepertibiasanyamalamitudiamenghayatilantunan kata katadanayatsuci Al-Qurandaripenceramah.Airmatanyaseakanmengucurderasketika sang Mubalighmengingatkanjasajasa orang tuaparajamaah.Zakiingatbertapadurhakanyaiaterhadapkeduaorantuanya.Selamadekatdengankeduaorantuayadialebihseringmenjadiduri yang membuat orang tuanyasakithati.

“Ya Allah ampunilahsegaladosa kamibaik yang kami lakukansecaraterangteranganmaupun yang kami lakukansecaratidaksadarkepadakedua orang tuakami.Berkan kami waktuuntukmegucapkanmaafkepadakedua orang tua kami. Kami tidak bias membayangkanapabilapulangnanti kami tidakbisabertemukedua orang tua kami karenasudahEngkaupanggilterlebihdahulu.Berilah kami kekuatanuntukmenjadianak yang sholeh/sholehah yang dapatmembagiakankedua orang tua kami diduniaatau pun diahkirat”.Doa Sang mubalighdiiringi air matidarijamaah yang awalnyabersikapacuhterhadapceramahmungkintidakhanyaZakijamaahterawihpadahariitu yang terketukpintuhatinyadanmenyadaribetapadosa yang telahdiperbuatkepadakedua orang tuanya.

ShalatTerawihdanwitirdilaksanakanolehsemuajamaahdengankhusukmengharapridho-Nya Sang Ilahi.TerlebihZaki yang didalamsetiapbacaaansholatnyamemohonampundengansetulushatidenganmembisikanmaaf di setiapdetakjatunnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun