Mohon tunggu...
Rizki Putri S
Rizki Putri S Mohon Tunggu... Mahasiswa - just an ordinary student

hi~

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Melalui Program KKN-T Universitas PGRI Kanjuruhan Malang di Desa Balesari

28 Januari 2022   11:52 Diperbarui: 28 Januari 2022   11:57 480
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengenalan Teknologi (Quizizz) Sebagai Media Belajar Dokpri

ABSTRAK

Desa Balesari adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Desa ini mempunyai dusun yang bernama dusun Segelan yang rencananya akan kita jadikan sebagai tempat mengabdi di program KKN-T ini. Kami memilih tempat ini karena menyesuaikan domisili dari masing-masing anggota kelompok dan masih mudah untuk dijangkau oleh seluruh anggota kelompok KKNT.

Berdasarkan observasi yang dilakukan, dusun ini masih kurang dalam hal pendidikan khususnya mengenai literasi berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kami disini akan berfokus untuk meningkatkan literasi berbahasa Inggris siswa maupun anak muda yang ada di dusun ini. Apalagi saat ini masih dalam masa pandemi, pasti juga mereka tidak bisa belajar dengan maksimal. Untuk itu, kami ingin membantu mengatasi masalah ini dengan membantu mereka untuk meningkatkan literasi berbahasa Inggris. Selain itu kami juga ingin meningkatkan pemahaman siswa, untuk lebih mampu memanfaatkan teknologi di jaman sekarang ini karena teknologi di jaman sekarang sangat penting.

Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Melalui Program KKN-T Universitas PGRI Kanjuruhan Malang di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang.

Balesari Village is one of the Ngajum District of Malang Regency villages. This village is planned to be used as a place to serve in this KKN-T program. We chose this place because it adjusts the domicile of each group member and is easy to reach by all members of the KKNT group.

Based on the observations, this hamlet lacks education, especially English literacy. Therefore, we will focus on improving the English literacy of students and young people in this hamlet. Especially at this time is still in the pandemic period, surely they can't learn to the fullest. Therefore, we want to help address this problem by improving English literacy. In addition, we also want to enhance students' understanding and be better able to utilize technology in this day and age because technology is critical in this day and age.

Keywords: Improving English Language Skills Through KKN-T Program of PGRI Kanjuruhan University Malang in Balesari Village, Ngajum Subdistrict of Malang Regency.

PENDAHULUAN

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) merupakan bentuk pendidikan dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat, mengidentifikasi potensi dan menanangi masalah dengan harapan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa.

Menurut Dikjen Dikti, program KKN-T ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi perguruan tinggi dalam melaksanakan program dan kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi perilaku hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Sehingga harapannya terjadi perubahan perilaku di masyarakat menjadi lebih disiplin dan patuh dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Selain itu, kegiatan KKN-T diharapkan melahirkan pribadi yang tangguh, unggul, berkepribadian mulia, serta dapat menjadi pribadi yang luar biasa ketika sudah terjun dimasyarakat, berjiwa kepemimpinan.

Dalam hal ini, mahasiswa diperankan sebagai problem solver, motivator, fasilitator, dan dinamisator dalam proses penyelesaian masalah dan pembangunan/pengembangan masyarakat. Melalui pembaruan konsep tersebut, kehadiran mahasiswa sebagai intelektual muda diharapkan mampu mengembangkan diri sebagai agen atau pemimpin perubahan yang secara cerdas dan tepat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakatnya.

Dengan ini melalui KKN-T mahasiswa diharapkan mampu membantu pengembangan dan pembangunan serta memfasilitasi pengetahuan mengenai literasi bahasa, teknologi, dan kesehatan kepada para peserta didik yang berada di desa Balesari kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

METODE

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, program KKN-T di Balesari, dengan mengedapankan Pendidikan mengenai literasi berbahasa inggrs, teknologi, serta praktek secara langsung yang dilaksanakan di SDN Balesari 5.

Metode pelaksanaannya meliputi sebagai berikut :

Perizinan

Meminta izin kepada kepala desa balesari, ketua RW desa balesari, dan kepala sekolah SDN Balesari 5 yang diikuti oleh semua anggota KKN-T yang ditempatkan di Desa Balesari.

Diskusi

Diskusi dengan kepala sekolah untuk mensosialsaikan program kerja yang akan dilakukan kelompok selama KKN--T di Desa Balesari, dan pembuatan struktur program kerja bimbingan belajar.

Pendidikan

Penyelenggaraan bimbingan belajar kepada peserta didik di SDN Balesari 5

HASIL PEMBAHASAN DAN DAMPAK 

Dalam rangka mengembangkan budaya belajar dan menciptakan lingkungan yang ideal untuk mendorong proses belajar bagi anak dan warga di lingkungan warga Balesari di Kabupaten Malang, diperlukan suasana yang aman, nyaman, tertib dan menyenangkan. Bimbingan belajar masyarakat (BIMBEL) adalah kegiatan belajar yang dikhususkan bagi  anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah. Gerakan BIMBEL sejalan dan berkesinambungan dengan Gerakan Nasional Pendidikan Karakter Bangsa.

Kegiatan bimbingan belajar yang berfokus mengenai literasi berbahasa inggrs, teknologi, serta praktek secara langsung yang dilaksanakan di SDN Balesari 5sudah berjalan dan terstruktur dengan baik,

Peserta didik cukup antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. hasilnya peserta didik yang terlibat dalam program yang disusun oleh kelompok memiliki dampak yang cukup menunjang kemampuan Berbahasa Inggris mereka.

GAMBAR PELAKSANAAN

Pengenalan Teknologi (Quizizz) Sebagai Media Belajar Dokpri
Pengenalan Teknologi (Quizizz) Sebagai Media Belajar Dokpri

Pemberian Reward Kepada Siswa yang Aktif. Dokpri
Pemberian Reward Kepada Siswa yang Aktif. Dokpri

Antusias Siswa yang Datang Setiap Hari Untuk Bimnbingan Belajar Bahasa Inggris. Dokpri
Antusias Siswa yang Datang Setiap Hari Untuk Bimnbingan Belajar Bahasa Inggris. Dokpri

Dari  tampilan gambar kegiatan di atas merupakan hasil dari program kerja mahasiswa KKN-T dengan penyelengaraan bimbingan belajar bersama.

Dampak dari kegiatan KKN ini adalah :

Terciptanya kesadaran para peserta didik akan pentingnya memperdalam ilmu berbahsa Inggris.

Peningkatan pengetahuan  peserta didik dalam berbahasa Inggris.

Antusias anak-anak dalam kegiatan bimbingan belajar.

PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN

Peserta didik SDN Balesari 5 belum menyadari tentang pentingnya untuk memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik dan benar, sehingga kemampuan  berbahasa inggris para peserta didik di sana terbilang kurang baik. Dengan adanya masalah tersebut mahasiswa KKN-T berusaha untuk membantu kemampuan berbahasa inggris para siswa di sana dengan mengadakan bimbingan belajar.

KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan yang sudah tertera di atas, dapat disimpulkan bahwa program KKN-T dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa di SDN Balesari 5 telah berjalan dengan baik dimana tingkat partisipasi parasiswa sangat tinggi.

DAFTAR PUSTAKA 

Renaldi, Taufiq, Yuliarto R, R. Arum Setia Priadi. Perancangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata Universitas Lampung Berbasis Web. Lampung

Unikama. 2021. Buku pedoman KKN-Tematik. Universitas PGRI Kanjuruhan. Malang.

Suryosubroto, B. (2012). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tampubolon, D.P. (2001). Perguruan Tinggi bermutu: Paradigma baru Pendidikan Tinggi menghadapi tantangan Abad ke-21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 Ali, Ibrahim Gufran, dkk. 2017. Peta Jalan: Gerakan Literasi Nasional. Tim GLN Kemendikbud. Diakses 6 Maret 2019.

Suyono, Titik Harsiati, dan Ika Sari Wulandari. 2017. "Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar." Jurnal Sekolah Dasar 26(2). Diakses pada 6 Maret 2019

Spires, Hiller, Casey M. P., dan Shea N. K. 2018. Encyclopedia of information science and technology: Digital Literacy for the 21st Centure. IGI Global Information

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun