Mohon tunggu...
Rizki
Rizki Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa jurusan pendidikan seni rupa - universitas pendidikan Indonesia

hobi berkarya seni rupa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN-T UPI 2022: Pengembangan Destinasi Wisata Alam Bukit Senyum

16 Agustus 2022   11:30 Diperbarui: 16 Agustus 2022   11:32 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kuliah Kerja Nyata merupakan bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan berkegiatan di lingkungan masyarakat secara langsung. Universitas Pendidikan Indonesia mengusungkan program KKN Tematik yang dilaksanakan dengan penyesuaian kondisi setelah terjadinya Pandemi Covid-19. KKN Tematik Semester Genap 2021/2022 ini diberi tema "Menguatkan dan meningkatkan program SDG's Desa dan Rekognisi MBKM-Puspresnas Kemdikbudristek".

Kebijakan pasca Pandemi Covid 19 berdampak pada kegiatan KKN Tematik UPI 2022. Kegiatan dilakukan dengan kelompok terbatas dan pemilihan wilayah kegiatan yang menyesuaikan dengan domisili mahasiswa. Namun, hal ini tidak menjadi batasan bagi mahasiswa untuk tetap mengabdi kepada masyarakat khususnya pada tempat yang memiliki potensi untuk dikembangkan seperti Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan.

Desa Cipada merupakan salah satu desa yang berada di kawasan Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Desa ini memiliki kawasan geografis yang strategis sehingga memiliki banyak potensi wisata alam yang menjadi gagasan untuk menjadikan Desa Cipada menjadi Desa Wisata. Salah satu destinasi wisata yang Sudah terealisasi adalah Wisata Alam Bukit senyum yang menjadi daya tarik utama dari desa ini karena menyuguhkan suasana hutan pinus yang masih asri karena terletak di bawah kaki gunung Burangrang selatan. Adapun Situ Lembang Dano yang menyuguhkan pemandangan danau dengan background gunung Burangrang dan Curug Pasarean yang menyuguhkan air terjun beserta Wisata Religi Pasarean sekaligus didalamnya .

Letak Desa Cipada ini berada tidak jauh dari kaki Gunung Burangrang merupakan gunung yang aktif di Indonesia, pegunungan yang masih asri dan banyak ditanami dengan kebun teh menjadi pemandangan yang sangat indah, serta aneka pohon yang khas seperti pohon pinus yang berada di kawasan wisata Bukit Senyum. Bukit senyum memiliki karakteristik berupa hamparan bukit yang indah dikelilingi pohon pinus disekitar bukit tersebut dan dikelilingi hutan tropis di sebelah kiri serta kebun hamparan kebun teh serta kebun kopi.

Dengan kawasan Desa Cipada yang strategis dan menyuguhkan banyak potensi wisata yang sangat menarik, maka berdasarkan hasil survei kelompok 81 KKN UPI, mengagaskan program branding mengenai desa cipada sebagai desa wisata dengan tujuan dapat membantu mengembangkan desa wisata lebih baik lagi untuk kedepannya.

Branding adalah pelabelan dalam bentuk apapun yang bisa diartikan sebagai bentuk komunikasi antara perusahaan dan target konsumen/audience, tujuan dari branding ini sendiri yaitu, mengenalkan lebih jauh tentang wisata desa cipada itu sendiri dan membangun citra positif untuk menciptakan daya tarik dan membangun kepercayaan. Program branding ini diterapkan pada destinasi wisata bukit senyum karena destinasi wisata ini selain sangat berpotensi dan menarik, juga sudah siap untuk di komersialkan menjadi tempat tempat wisata. Fasilitas nya pun sudah sangat memadai untuk sebuah tempat wisata, maka dari itu branding bisa diterapkan pada destinasi wisata bukit senyum.

Proses branding diawali dengan mencari apa yang dibutuhkan dan diperlukan untuk pengenalan wisata bukit senyum kepada masyarakat luas dengan melakukan survei lapangan, setelah mendapatkan masalah dan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah mulai mengkaji untuk nantinya dijadikan sebuah solusi masalah yang menjadi sebuah desain untuk di komersialkan dalam sosial media khususnya.

Pembuatan desain ini diawali dengan membuat Logo. Logo merupakan identitas utama yang sangat penting dalam sebuah brand/merek karena menjadi tanda pengenal yang sangat mudah untuk diingat, dengan menggunakan prinsip desain dalam proses pembuatan logo diharapkan menjadi solusi pengembangan wisata bukit senyum secara komersial, dapat dikenal lebih jauh serta dapat diterima dimasyarakat luas. Lebih khusus menjadi nilai tambah dan berdampak positif bagi Desa Cipada, pengelola bukit senyum dan masyarakat yang ada disekitar destinasi wisata bukit senyum itu sendiri.

Langkah selanjutnya setelah pembuatan logo adalah pembuatan Akun sosial media Instagram bukit senyum @official.bukitsenyum, adapun alasan mengapa Instagram karena Instagram merupakan media sosial yang sangat mudah dikelola dan sangat cocok untuk membranding di era sekarang serta sangat efektif sebagai media branding atau promosi. Alasan lainnya adalah Instagram merupakan sosial media tidak berbayar tetapi cocok untuk mengkomersialkan sebuah brand/merek serta penyebaran informasi dan komunikasi antara pelaku dan konsumen sangat mudah dilakukan. Diharapkan dengan pembuatan akun sosial media Instagram dapat mengembangkan wisata bukit senyum lebih luas lagi.

Selain pembuatan akun sosial media Instagram, kami pun menambahkan beberapa informasi di bio Instagram tersebut seperti alamat bukit senyum dan kontak admin pengelola bukit senyum. Setelah itu kami pun membuat konten yang nantinya di upload di Instagram seperti poster informasi keadaan bukit senyum disertai foto didalamnya, lalu membuat infografis tentang fasilitas apa saja yang ada di bukit senyum, membuat peta/ jalur yang dilalui menuju bukit senyum, membuat informasi wahana dan sarana yang ada di bukit senyum, informasi harga tiket dan masih banyak lagi. Pembuatan desain desain dan pengambilan foto yang di upload di sosial media Instagram bukit senyum bertujuan untuk memberikan Informasi, daya tarik dan membangun kepercayaan di mata masyarakat luas yang nantinya berdampak terhadap kemajuan destinasi wisata bukit senyum itu sendiri.

Di samping pembuatan Akun sosial media, konten desain dan foto. Kami pun membuat sebuah video tentang kondisi bukit senyum dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di sana sebagai bentuk pengenalan lebih nyata dengan bentuk visual berupa video. 

Adapun menjadi daya tarik agar orang-orang datang ke bukit senyum untuk merasakan langsung sensasi berada di alam atau hutan pinus kaki gunung Burangrang selatan. Lalu langkah selanjutnya adalah menjalin kerjasama secara online dengan akun sosial media lain, seperti akun @infocikalongwetan dam @infoKBB yang bertujuan menambah eksistensi dari akun sosial media Instagram bukit senyum itu sendiri. 

Setelah proses branding dirasa cukup, langkah selanjutnya adalah melakukan sosialisasi tentang pengelolaan akun Instagram kedepannya kepada pengelola bukit senyum, sosialisasi dirasa sangat penting karena pihak bukit senyum sendiri masih bisa dikatakan gagap teknologi. Setelah dirasa cukup langkah selanjutnya adalah penyerahan akun sosial media Instagram bukit senyum kepada pengelola wisata bukit senyum.

Adapun program lain yang kelompok 81 KKN Desa Cipada lakukan diantaranya Rebranding sosial media Desa Cipada dengan akun instagram @desawisatacipada, pengembangan sarana tanggap bencana di area wisata bukit senyum dan kp. Barucumanggala, mengadakan lomba mewarnai di PAUD Ulul Albab, Lomba menggambar serta workshop kegiatan Eco print dan Tie dye di SDN Cipada, Mural GOR bulutangkis desa Cibenda dan mural Podium Sepakbola Desa Cipada.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun