Mohon tunggu...
Riza Rizkiyah
Riza Rizkiyah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-4

22 Oktober 2023   19:37 Diperbarui: 22 Oktober 2023   20:12 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum Wr. Wb, saya Riza Rizkiyah Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kab. Sidoarjo. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 1.4 tentang Budaya Positif. Jurnal ini saya tulis sebagai refleksi diri yang saya tulis secara rutin selama dua mingguan sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

  1. Fact (Peristiwa)

Modul ini adalah modul dengan materi terbanyak di antara modul-modul sebelumnya, pada modul 1.4 ini saya mulai mempelajari materi mengenai Budaya Positif diawali dengan pembelajaran secara mandiri diawali dengan 'Mulai Dari Diri'. Pada bagian ini saya diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada di LMS diantaranya

1) pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan;

2) bagaimana saya menciptakan suasana positif di lingkungan saya;

3) hubungan antara menciptakan suasana positif dengan proses pembelajaran yang berpihak kepada murid;

4) penerapan disiplin saat ini di sekolah saya, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan. Dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan refleksi diri, harapan untuk diri sendiri, harapan kepada siswa, dan ekspektasi.

Setelah mempelajari bagian mulai dari diri, berlanjut ke bagian Eksplorasi Konsep dimana ada 6 materi yang esensial pada modul 1.4 ini. Materi tersebut adalah

1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal;

2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi;

3) Keyakinan Kelas;

4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas;

5) Restitusi -- Lima Posisi Kontrol;

6) Restitusi -- Segitiga Restitusi.

Selesai eksplorasi konsep, saya berkolaborasi dengan kelompok lain yang dilakukan secara tatap maya dipimpin oleh fasilitator kami yaitu ibu Purwatiningsih dalam sesi Ruang Kolaborasi. Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Kami banyak berdiskusi dalam sesi ini, khususnya dalam sesi menanggapi presentasi dari setiap kelompok.

Dokpri
Dokpri

Pada hari sabtu tanggal 14 oktober 2023, saya dan teman-teman melaksanakan lokakarya ke-2 bertempat di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Dimana kami diminta menyampaikan visi kami sebagai guru penggerak pada modul 1.3, dilanjut dengan belajar mengenai budaya positif pada modul 1.4. saya sangat senang sekali karena mendapat banyak teman baru. Dan berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas kelompok pada lokakarya ke-2.

Dokpri
Dokpri

Setelah melakukan kegiatan RUKOL kemudian kegiatan LOKAKARYA KE-2, kami fokus mengerjakan tugas mandiri lagi di bagian 'Demonstrasi Kontekstual'. Di bagian ini saya mendapatkan tugas membuat dua skenario penerapan segitiga restitusi. Setelah skenario dibuat, saya membuat video penerapan segitiga restitusi bersama siswa.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan selanjutnya dalam modul ini adalah Elaborasi Pemahaman bersama instruktur. Sebelum sesi elaborasi dimulai, saya diberi tugas untuk membuat pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 1.4. Budaya Positif. Pada sesi ini saya banyak berdiskusi bersama instruktur yang bertujuan untuk memahami lebih dalam maksud dari materi pada modul 1.4 ini.

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan, saya lanjutkan dengan membuat tugas Koneksi Antar Materi. Bagian ini adalah pengaitan antar materi yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3. dan 1.4. Tugas di bagian ini adalah menjelaskan pemahaman saya tentang konsep-konsep inti yang telah saya pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Saya juga diminta untuk menjelaskan hal yang menarik dan di luar dugaan saya. Saya juga membuat rancangan aksi nyata sebagai persiapan pelaksanaan aksi nyata modul 1.4.

Dan terakhir pembuatan Aksi Nyata, dalam aksi nyata ini saya melaksanakan beberapa kegiatan. Yang pertama saya lakukan adalah berkoordinasi dengan kepala sekolah dan meminta izin untuk mengadakan diseminasi mengenai Budaya Positif kepada seluruh warga sekolah, khususnya rekan wali kelas. Dalam kegiatan diseminasi ini saya menjelaskan apa yang sudah saya dapatkan mengenai materi budaya positif, dan saya meminta kepada semua rekan wali kelas agar dapat membuat 'Keyakinan Kelas' di kelas masing-masing yang nantinya menjadi keyakinan kelas sampai menjadi keyakinan sekolah. Aksi nyata ini dibuat dalam 2 bentuk yaitu video dan artikel dan keduanya diunggah melalui LMS serta platform merdeka belajar.

  1. Perasaan (Feeling)

Perasaan saya setelah mempelajari modul 1.4 ini adalah senang dan tercerahkan. Karena di modul 1.4. ini saya bisa mempelajari materi tentang budaya positif yang memberikan pencerahan saya tentang penerapan budaya positif di sekolah. Saya bisa lebih paham tentang nilai-nilai kebajikan, posisi kontrol guru, teori motivasi, keyakinan kelas, segitiga restitusi, dan lain-lain. Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat ini. Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat presentasi tentang analisis kasus berdasarkan konsep budaya positif.

  1. Pembelajaran (Findings)

Pada modul 1.4. saya mendapatkan materi tentang konsep-konsep budaya positif, diantaranya 1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal; 2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi; 3) Keyakinan Kelas; 4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas; 5) Lima Posisi Kontrol ; 6) Segitiga Restitusi. Saya juga bisa membuat contoh penerapan segitiga restitusi bersama siswa yang bisa digunakan untuk contoh bagi guru lain yang belum mengetahui tentang segitiga restitusi untuk membangun budaya positif di sekolah.

  1. Penerapan (Future)

Setelah memahami materi dalam modul 1.4. tentang budaya positif, saya akan berupaya menggerakan seluruh warga sekolah untuk menerapkan konsep inti budaya positif demi terwujudnya merdeka belajar sehingga akan terbentuk peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Demikian kegiatan saya selama dua minggu yang saya tuangkan dalam jurnal refleksi dwi mingguan minggu ke-4 saya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Bergerak, Tergerak, Menggerakkan

Salam guru penggerak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun