Pandemi virus corona sudah berlangsung hampir satu tahun. Banyak perubahan yang terjadi selama pandemi, termasuk work life balance. Kegiatan sehari-hari menjadi lebih monoton dan sebagian orang yang tidak terbiasa untuk bekerja dari rumah tentu akan merasa tidak nyaman dengan kebijakan tersebut. Bekerja dari rumah cenderung berpotensi lebih banyak mengalami distraksi dibandingkan bekerja dari kantor. Lalu bagaimana caranya agar work life balance tetap terjaga dan tetap seimbang di masa pandemi seperti ini? Berikut artikel pembahasan dari kami bersamaan ketika kuliah di kelas STIAMAK Barunawati Surabaya beberapa waktu yang lalu. Dosen kami memberikan tugas untuk mengkaji sekaligus menuliskan artikel ini. :
- Definisi Work Life Balance
Menurut Guest (2002) mengungkapkan bahwa work life balance adalah keadaan dimana individu memiliki waktu yang cukup untuk memenuhi komitmen di tempat kerja maupun di rumah, sehingga meminimalisir terjadinya konflik peran, yaitu konflik yang diakibatkan tidak terpenuhinya salah satu peran baik peran sebagai anggota keluarga atau teman maupun peran sebagai pekerja.
Pentingnya work life balance:
1. Terhindar dari berbagai penyakit
Kebahagiaan akan membuat seseorang lebih berpikir positif dan optimis, sehingga meningkatkan imun tubuh yang dapat melindungi berbagai penyakit.
2. Meningkatkan performa
Dengan kondisi fisik dan mental yang baik, seseorang dapat lebih mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Dengan hal tersebut dapat muncul inovasi-inovasi baru yang bisa membantu kinerjanya dan kinerja perusahaan.
3. Lebih fokus dalam bekerja
Dengan memiliki energi lebih untuk bekerja seseorang dapat menjadi lebih fokus.
4. Mengurangi jenuh dan stres
Work life balance akan mengurangi perasaan jenuh dan stres terhadap pekerjaankarena memiliki energi positif yang cukup akibat terpenuhinya kebutuhan pribadi dan keluarga.
- Lalu bagaimana cara mempertahankan work life balance di masa pandemi?