Mohon tunggu...
Rizal Bagus Permana S.Ds.
Rizal Bagus Permana S.Ds. Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Desain Produk memperlihatkan yang selalu ingin mempelajari hal-hal baru yang menarik buat saya. Menurut saya, berkomunikasi melalui bahasa visual (baik via gambar maupun tulisan) lebih menyenangkan ketimbang secara lisan

Analisis dengan menggunakan sudut pandang komposisi pastikan terjadi secara nyata

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Pasar Krempyeng Komunitas Penjualan Barang Dagang Tempat Berkumpulnya Satu Desa

18 April 2021   14:10 Diperbarui: 10 Mei 2021   01:19 1498
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pasar Tradisional sudah ada sejak jaman kerajaan Kutai Negara pada abad 15, dimulai dari barter lalu menjadi tawar menawar harga barang kebutuhan sehari-hari. Selain menjadi tempat berdagang, pasar pada zaman dahulu digunakan menjadi ajang pertemuan, bersosialisasi, tempat penyebaran informasi, agama serta politik. Beberapa hal yang biasa diperhatikan dalam pembangunan tempat adalah sebagai berikut.

Strategi dapat diartikan sebagai tata cara dan usaha untuk menguasai dan mendayagunakan segala sumber daya untuk mencapai tujuan (Ali Motofo, 1971: 7). Ujung tombak dari sebuah usaha adalah konsep marketing yang jitu, menjadi aktifitas sehari hari. Cara yang dilakukan untuk membangun konsep marketing jitu adalah jujur, fathanah atau cerdas. Dengan jujur pada konsumen mengenai baik dan buruknya atau kekurangan dan kelebihan suatu produk akan membuat konsumen percaya pada kita. Transaksi yang baik adalah transaksi yang didalamnya tidak ada pihak yang dirugikan dan saling menguntungkan. Promotion, dalam menjual Muhammad tidak pernah melebih-lebihkan produk dengan maksud untuk memikat pembeli. Muhammad tidak pernah melakukan sumpah untuk melariskan dagangannya, kalaupun ada yang bersumpah, Muhammad menyarankan orang itu untuk tidak melakukan sumpah tersebut terlalu berlebihan. Menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui produk atau jasa perusahaan, dalam hal ini selling berarti sebuah taktik yang dapat mengintegrasikan pelanggan, perusahaan dan relasi antar keduanya. Selling yang dilakukan Muhammad tidak sekadar menjual produk demi mengeruk keuntungan secara finansial, tapi lebih pada kenyamanan bertransaksi dan pelayanan yang diberikan saat bertransaksi. Etika dalam berbisnis menjadi hal yang paling utama untuk seorang Muhammad. Kunci dari seluruh marketing muhammad adalah kejujuran, keikhlasan, silaturahim dan bermurah hati. Kejujuran diiringi konsep ikhlas membentuk pribadi seorang marketer atau perusahaan tidak lagi memandang materi sebagai tujuan. Kedua konsep tersebut kemudian dibingkai dalam sikap profesionalisme, dengan selalu berusaha secara maksimal dalam mengerjakan sesuatu atau ketika menghadapi masalah. Tidak mudah menyerah dan putus asa atau bahkan lari dari tanggung jawab. Silaturahmi sebagai konsep ketiga menjadi dasar pergerakan muhammad dalam membina hubungan baik tidak hanya dengan investor dan pelanggan, tetapi juga terhadap calon perlanggan bahkan dengan kompetitornya.

Studi Kasus

Penelitian ini berdasarkan pembangunan pasar Krempyeng di Dusun Banjaranyar Desa Banjarejo Karangbinangun Lamongan. Lokasi Pasar berada di dekat atau depan SDN Banjarejo. 

Selama bulan ramadhan pasar krempyeng berhasil menjalankan usaha perdagangan dan beberapa permainan untuk menghibur anak-anak di desa. Untuk pelayanan dan penjualan mainan yang terdapat di desa mengundang beberapa usaha disekitar desa yang ingin bergabung meramaikan suasana pasar. Karena warga didesa belum memiliki komunitas permainan. Oleh karena itu untuk pelayanan dan permainan yang terdapat dipasar krempyeng perlu mengembangkan komunitas dari luar desa. 

Pasar krempyeng telah berhasil berjalan selama 1 bulan merupakan pembuktian di Desa Banjarejo. Apabila suatu usaha dijalankan dengan niat yang baik pasti ada jalan apapun itu rintangannya. Jika didalam usaha tidak dibarengi dengan niat mungkin tidak akan bisa bertahan. Visi dan misi perlu dipertahankan juga perlu diperbaikan pastinya. Semoga pasar krempyeng dapat semakin berkembangan selanjutnya. Karena yang bisa mengembangkan usaha pasar hanyalah orang yang berusaha mempertahan dan menjalankannya. 

Mulailah dengan menentukan buka dan tutup selama berapa hari/bulan dan tahun. Jangan berpatokan pada ramai dan sepi dalam menjalankan usaha. Karena unsur utamanya adalah kebutuhan pembeli yang perlu dipahami, seperti konsisten dalam perkembangan pasarnya. Mendekati hari kemenangan pasar krempyeng sudah mulai ditutup. Karena beberapa warga mempersiapkan keperluan untuk menjalankan lebaran idul fitri bersama keluarga. 

Kata Krempyeng itu sendiri berarti "Cepat bubar, jadi arti dari pasar krempyeng adalah pasar yang cepat bubar. Pasar ini baru di desa Banjarejo, di buka sejak Selasa 13 April 2021. Lebih tepatnya dibuka sejak masuknya bulan suci ramadhan. Pasar ini digunakan untuk tempat berkumpulnya para penjual di desa. Karena tempat tinggal para pedagang berada didalam desa yang tidak ramai banyak dilewati oleh orang jalan-jalan atau ngabuburit. Ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa waktu bulan Ramadan. Karena kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkrama atau mendatangi pasar kuliner. Sehingga pasar krempyeng di desa terlihat seperti Bazar.

Harapannya pasar krempyeng dapat menambah pendapatan warga di desa. Selain membawa rezeki bagi para pedagang, keberadaan pasar tersebut juga memberikan kemudahan bagi warga Desa dalam mendapatkan kebutuhan pokok mereka. Sehingga dengan adanya pembangunan pasar krempyeng perlu dukungan oleh masyarakat untuk memiliki rasa saling mendukung dalam menjalankannya.

Pasar krempyeng dipenuhi oleh pedagang yang berasal dari warga Banjarejo. Karena para pedagang tersebut kebanyakan dari warga desa menjadikan pasar ini menjadi lapangan pekerjaan untuk warga desa melakukan penjualan. Pasar krempyeng menjadikan solusi untuk para wirausaha yang lokasi usahanya kurang dikunjungi banyak orang. Lokasi pasar krempyeng sesuai untuk memberikan kemudahan dalam berdagang dan bertransaksi menjadi lebih mudah. Jika memiliki keinginan memiliki tempat usaha yang berjalan secara offline dengan cara yang mudah. Pasar krempyeng adalah awal yang tepat untuk memiliki tempat usaha offline dan memperkenalkan barang jualan. Apabila pasar krempyeng dilakukan secara konsisten tidak ada bedanya dengan toko kelontong yang memiliki kesamaan dalam berdagang.

Mengapa harus diawali dengan memiliki toko offline dalam melakukan perdagangan. Nabi muhammad adalah seorang pedagang yang telah dikenal oleh umat islam. Etika dalam berdagangmya dapat dijadikan panutan untuk menghasilkan uang. Zaman nabi Muhammad belum mengenal teknologi. Meskipun belum terdapat teknologi didalam kisah nabi dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Mengapa tidak mengikuti cara sederhana para nabi untuk memenuhi kehidupan sendiri.

Kesimpulan

Perkembangan zaman dapat merubah pola pikir manusia. Oleh karena itu jangan pernah melupakan sejarah. Tapi belajar memahami kehidupan sejarah untuk mulai dikembangkan. Kisah nabi muhammad untuk memenuhi hidupnya adalah dengan melakukan strategi berdagang. Strategi berdagang nabi muhammad bisa dikatakan berhasil. Sehingga sesuai untuk diikuti cara melakukannya dengan berdagang secara offline. Siapa yang tidak mengenal nama nabi Muhammad dari zaman dahulu sampai sekarang. Sebagian orang juga menggunakan nama muhammad sebagai sandangannya. Nama Muhammad sudah menjadi kehidupan dalam masyarakat. Sungguh hebat sejarah mengenang nama Muhammad untuk menjadikan panutan masyarakat.

Apakah bisa mengalahkan sejarah nabi Muhammad yang begitu terkenal dari dulu sampai sekarang. Nabi Muhammad adalah sosok manusia yang memiliki pribadi sempurna dalam memimpin. Pemimpin tersebut salah satu pekerjaannya adalah berdagang. Sebenarnya jika anda seorang pemimpin dan bergerak dalam perdagangan adalah jalan kehidupan yang berbeda. Meskipun nabi Muhammad  adalah seorang pedagang yang terbiasa menjual barang dan jasa. Tidak semua jenis bisa diperjual belikan oleh nabi. Karena strategi berdagang nabi bukan untuk digunaakan penjualan makhluk langka. Contoh hewan langka yang dikenal oleh masyarakat di Indonesia adalah garuda pancasila. Strategi berdagang nabi Muhammad dengan arti burung garuda tidak bisa di gabungkan. Jika digabungkan dapat merubah pola pikir manusia menjadi serakah, gila harta, merasa berkuasa dan merasa dunia milik dirinya. Garuda pancasila mengarahkan pola pikir manusia untuk mengingat siapa jati dirinya. Jati diri manusia dilahirkan didunia sebagai makhluk sosial. Makhluk sosial saling membutuhkan orang lain. Jika ingin memenuhi kebutuhan, hiduplah mengikuti strategi nabi dengan cara berdagang. Ketika berdagang akan merasakan bagaimana berat hidupnya orang lain. Sehingga dibutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. 

Kehidupan dalam wirausaha harusnya pantang menyerah. Juga aktif mencari solusi dalam melakukan perkembangan selanjutnya. Masih terdapat beberapa bulan yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Karena di desa banyak pengembala domba yang siap meramaikan bulan Idul Adha. Tersedianya bahan makanan untuk domba membuat pengembala lebih mudah merawatnya. Sehingga domba lebih sehat dan berisi badannya.

Saran

Jangan menggabungkan strategi pedagang nabi muhammad dengan makna garuda pancasila. Karena didalam kandungan kata dan cara yang digunakan berbeda jalan dan arah. Jika orang menggabungkan  kedua elemen tersebut bisa mengubah sudut pandang yang berbeda. Jika ingin keuntungan besar berdagang dengan yang dapat untung besar dan dapat yang banyak. Dengan menjual harga diri saudara ataupun tempat tinggal saudaranya. Cara tersebut yang terlihat pada orang yang serakah, gila harta dan merasa berkuasa. Ingatlah saudarmu akan tindakan yang bakalan dilakukan. Semua tindakan akan menjadi sejarah kehidupan seseorang. Sejarah seseorang akan menjadikan panutan orang lain yang menginginkannya. 

Apabila berjualan domba atau sapi selalu dijaga supaya mereka nanti tidak marah ketika bertemu pembelinya. 

Daftar Pustaka

Ubbadul Adzkiya, 2011, Analisis Etika Bisnis dan Marketing Nabi Muhammad SAW, Universitas Wahid Hasyim Semarang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun