Mohon tunggu...
Riza Jauhariyah
Riza Jauhariyah Mohon Tunggu... Guru - Guru di TKM NU 6 Roudlotut Tholibin

Hobi saya membuat kue, menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Menyusun Best Practice

9 Desember 2022   19:10 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:12 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

NAMA             : RIZA JAUHARIYAH

KELAS                        : A3

N0. UKG         : 201901105308

DALJAB          : KATEGORI 2 2022

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi 

TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN TANGGULREJO -- MANYAR - GRESIK

Lingkup Pendidikan 

PAUD

Kelompok

B (5-6 Tahun)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan mengurutkan pola warna ABCD  melalui  kegiatan bermain maze pola

Penulis 

Riza Jauhariyah, S.Pd

Tanggal 

22 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi Latar Belakang :

  • Kurangnya kemampuan anak dalam mengurutkan pola warna abcd kelompok B. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat terkait kemampuan numerasi pada anak kelompok B, dari 14 anak  di kelas, 8 anak  yang masih kesulitan mengurutkan pola warna ABCD. Dengan kata lain hanya 42 % anak yang sudah memiliki kemampuan mengurutkan pola. Maka perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi anak terkait mengurutkan pola warna ABCD yaitu menggunakan media maze pola
  • Guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi

Praktik ini penting dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang besar dalam proses pembelajaran :

  • Media dan alat/ bahan pembelajaran lebih inovatif tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik. Media maze pola sangat menarik perhatian siswa sehingga pembelajaran tidak membosankan.
  • Dengan menggunakan media maze pola anak dapat mengurutkan pola warna (merah, kuning,hijau,biru)ABCD
  • Metode demonstrasi  dan metode pemberian tugas sehingga pembelajaran lebih bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan

Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :

  • Berdiskusi dengan teman sejawat, dosen dan guru pamong mengenai modul ajar  yang dibuat agar lebih baik
  • Menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
  • Mencari berbagai referensi, baik media maupun metode pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah
  • Membuat kegiatan pembelajaran yang bervariatif untuk menarik minat belajar anak

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan :

  • Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan mampu menarik minat anak
  • Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran
  • Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat

Orang yang terlibat :

  • Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
  • Guru sebagai fasilitator.
  • Pemilihan media bahan alam yang dipilih sesuai dengan karakteristik anak
  • Merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik terkait kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  • Menggunakan model dan metode pembelajaran inovatif

Strategi yang saya gunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

  • Menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi yang mengacu pada pendekatan sanintifik, TPACK dan HOTs
  • Melakukan pendekatan kepada peserta didik, sehingga mampu melibatkan peran aktif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir
  • Memilih model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (bermain sambil belajar)

Sumber daya :

  • Kemampuan TPACK guru dalam mengoperasikan LCD dan pemilihan video pembelajaran yang dapat memberikan stimulus kepada peserta didik pada kegiatan pendahuluan
  • Bahan ajar dan instrumen penilaian yang sesuai dengan materi
  • Biaya yang digunakan untuk print out bahan ajar, pembuatan media maze pola, serta bahan yang digunakan untuk membuat siomay ikan bandeng
  • Dukungan dari kepala sekolah dan rekan-rekan sejawat

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengurutkan pola warna ABCD  di TK MUSLIMAT NU 6 ROUDLOTUT THOLIBIN TANGGULREJO.  Presentase keberhasilan meningkat  menjadi 92% dan 7 anak sudah terlihat kemunculan pencapaian pembelajarannya dan 1 anak yang belum terlihat kemunculan pencapaian pembelajarannya dikarenakan tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran.

Media maze pola ternyata efektif dalam mengatasi permasalahan numerasi anak dalam mengurutkan pola warna ABCD. Dengan cara bermain anak lebih mudah memahami materi. Selain itu, benda konkret yang digunakan untuk mengurutkan pola warna ABCD terbukti efektif daripada menggunakan LKA yang hanya memuat gambar-gambar. Keberhasilan ini juga di motivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan keadaan yang ada.

Adapun yang menjadi faktor keberhasilan adalah media maze pola yang saya gunakan ini menarik perhatian anak dalam kegiatan mengurutkan pola warna ABCD

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun