Assalamualaikum Wr.Wb, Bapa/Ibu Guru hebat perkenalkan nama saya Riza Fasya Juliana, S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 10 dari SMP Negeri 1 Cikijing Kab. Majalengka Prov. Jawa Barat.Â
Pada kesempatan Kali ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Jurnal ini sebagai refleksi diri yang ditulis secara rutin setiap dua minggu sekali dalam mengikuti kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 di Kab. Majalengka.
Dalam menulis refleksi ini, saya menggunakan model 1 yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings dan Future) metode ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran Dan Penerapan.
1. Facts (Peristiwa)
Pada Modul 1.3 saya mempelajari materi berkaitan tentang Visi Guru Penggerak. Dalam dua minggu ini ada beberapa materi yang saya pelajari di LMS sesuai alur MERDEKA, diantaranya:
Mulai Dari Diri yaitu saya membuat gambaran imajiku tentang murid di masa depan mengenai murid yang saya dambakan dalam 5-10 tahun mendatang. Tugas ini saya apload di LMS dan akun youtube saya pada link : https://youtu.be/2_WiDk1QJl4?si=pi2jRxj5wn0mLi8V Â Â
Eksplorasi Konsep yaitu saya mempelajari materi tentang berpikir strategis, inkuiri apresiatif sebagai paradigma, inkuiri apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan (BAGJA), tahapan BAGJA, proses inkuiri dalam BAGJA, dan amati-tiru-modifikasi. Kemudian saya mengerjakan tugas untuk mengaplikasikan BAGJA ke dalam konteks pengalaman pribadi menggunakan kanvas BAGJA. Tugas ini dapat di akses pada link.
Kemudian saya melakukan diskusi asinkron tentang berbagi visi murid impian dan berbagi tugas kesimpulan tetang inkuiri apresiatif
Eksplorasi Konsep yaitu pada sesi forum diskusi ini, saya menuangkan visi saya dan mengapa harapan saya penting untuk dijadikan visi, setelah itu saya memberikan umpan balik dan komentar terhadap tulisan 2 orang CGP teman saya
Ruang Kolaborasi Modul 1.3 – Pernyataan prakarsa perubahan yaitu pada bagian ini saya dan teman kelompok saya di pimpin oleh Ibu Fasilitator dan Pengajar Praktik berdiskusi tentang visi, pernyataan prakarsa perubahan dan rencana BAGJA dengan menggunakan kanvas BAGJA.
Ruang Kolaborasi Modul 1.3 - Presentasi yaitu Saya dan anggota kelompok mempersentasikan hasil diskusi pada Rukol diskusi mandiri. Tugas ini saya unggah di LMS dan di Google Drive pada link : https://drive.google.com/file/d/1kO2TEVJpFCjX738dV5htm2ICUQMfUxDa/view?usp=drivesdkÂ
Demonstrasi Kontekstual yaitu pada bagian ini saya membuat karya berupa video berkaitan tentang rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan BAGJA. Tugas ini saya unggah di LMS dan di akun youtube saya pada link : https://youtu.be/e2b-Fvd_DHM?si=ci6C_BAP70RTOUoHÂ
Elaborasi Pemahaman yaitu pada bagian ini saya membuat pertanyaan mengenai materi modul 1.3 visi guru penggerak dan diskusi secara virtual bersama Instruktur
Koneksi Antar Materi yaitu saya membuat karya berupa video tentang merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul. Tugas ini saya unggah di LMS dan di akun youtube saya pada link :Â
Aksi Nyata yaitu tahap terakhir pada alur MERDEKA. Pada modul ini saya mengimplementasikan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.Â
Saya pun mendokumentasikan perjalanan saya serta tugas-tugas saya selama mengikuti program Pendidikan Calon Guru Penggerak angkatan 10, yang saya unggah dan abadikan di Portofolio Digital saya pada link : https://sites.google.com/view/portofolio-riza-fasya-juliana/beranda
2. Feeling (Perasaan)
Selama saya mempelajari modul 1.3, perasaan saya sangat senang sekali karena bisa menambah ilmu dan wawasan serta pengalaman yang baru. Pada modul ini juga sangat menantang dan menguras pikiran terutama pada bagian eksplorasi konsep. Saya pun bisa memahami lebih dalam berkaitan tentang inkuiri apresiatif, prakarsa perubahan dan tahapan BAGJA
Selain itu saya sangat senang karena rasa kepercayaan diri saya semakin bertambah, kemudian bisa menerapkan dan mengimplementasikan ilmu yang saya dapat pada setiap modul alur MERDEKA selama dikelas.
3. Findings (Pembelajaran)
Dari pembelajaran yang saya dapatkan di Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak ini saya bisa lebih memahami tentang paradigma inkuiri apresiatif (IA). Perlu diketahui bahwa IA itu sangat penting sekali untuk diterapkan di sekolah karena berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal yang positif dalam diri seseorang.
Selain itu saya juga mempelajari tahapan BAGJA sebagai manajemen perubahan. Adapun tahapan BAGJA diantaranya Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi
4. Future (Penerapan)
Pembelajaran pada Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak sangat memotivasi dan memberikan semangat untuk saya agar menjadi seorang guru yang lebih baik lagi dengan menjadi bagian dalam sebuah perubahan. Dengan membuat sebuah visi yang berpihak pada murid dan prakarsa perubahan sesuai alur BAGJA dapat merubah ekosistem pendidikan menjadi lebih baik. Selain itu saya juga akan menerapkan inkuiri apresiatif untuk menemukan hal-hal yang positif pada diri siswa dengan cara berkolaboratif.Â
Dengan mempelajari modul ini, saya berharap bisa menjadi pemimpin pendidikan yang bisa merubah ekosistem pendidikan menjadi lebih baik khususnya yang ada disekolah saya. Saya pun akan berkonsultasi dengan guru senior dan kepala sekolah untuk merubah visi yang lebih berpihak kepada siswa dan mensosialisasikan tentang inkuiri apresiatif kepada rekan sejawat yang ada disekolah.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI