Teori Belajar Sosial oleh Albert Bandura
Albert Bandura, seorang psikolog terkemuka, mengembangkan Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) pada tahun 1960-an. Teori ini menekankan bahwa pembelajaran terjadi melalui pengamatan, imitasi, dan model perilaku dari orang lain, bukan hanya melalui pengalaman langsung seperti yang ditekankan dalam teori pembelajaran tradisional.
Prinsip Utama Teori Belajar Sosial
1. Pembelajaran Melalui Observasi
Individu dapat belajar dengan mengamati perilaku orang lain, terutama model yang berpengaruh seperti orang tua, guru, teman, atau tokoh masyarakat.
Contoh: Anak-anak meniru perilaku orang tua mereka, baik positif maupun negatif.
2. Peran Model dalam Pembelajaran
Bandura menunjukkan bahwa perilaku model memengaruhi individu. Model ini bisa berupa model langsung (orang yang terlihat secara fisik) atau simbolik (tokoh dalam film, buku, atau media lainnya).
3. Proses Mental dalam Pembelajaran
Bandura menekankan bahwa pembelajaran tidak hanya mekanis, tetapi melibatkan proses mental seperti perhatian, penyimpanan memori, dan motivasi.
4. Imitasi dan Reproduksi Perilaku