Mohon tunggu...
Riza Arisma Nazani
Riza Arisma Nazani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Riza Arisma Nazani ( Risya)

Berbagi ilmu itu penting

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di KBM NU Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik

29 Desember 2021   09:04 Diperbarui: 29 Desember 2021   09:23 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Evaluasi sendiri memiliki arti penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program, Sehingga evaluasi pendidikan sangatlah penting guna menentukan apakah suatu sistem pembelajaran layak untuk diimplementasikan didunia pendidikan terutama saat proses belajar mengajar di setiap jenjang pendidikan.

 Salah satu teori yang dapat di jadikan acuan tentang apa itu evaluasi pembelajaran. Menurut Edwind Wandt dan Gerald W. Brown, Evaluasi pembelajaran adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan, sehingga dapat diketahui mutu atau hasil-hasilnya.

Tujuan evaluasi sendiri agar dapat mengetahui hingga sejauh mana siswa telah mendayagunakan kapasitas kognitifnya (kemampuan kecerdasan yang dimilikinya) untuk keperluan belajar. Jadi, hasil evaluasi itu dapat dijadikan guru sebagai gambaran realisasi pemanfaatan kecerdasan siswa

Dan untuk evaluasi yang sudah di tarapkan di KBMNU NURUL FATAH yang ada di desa gedangan sidayu gresik mereka lebih menggunakan portofolio,catatan anekdot dan pengamatan 

Dan untuk asasmentnya sendiri di sekolah ini menerapkan metode ceklist yang di lakukan setiap bulanya

Dan adapaun untuk aspek aspek yang di gunakan di KBMNU ini mereka menerapkan semua aspek 

Pertama aspek fisik motorik dan adapun contoh kegitannya yaitu berjalan di atas papan titian agar anak dsapat menegetahui keseimbangan tubuh dari anak tersebut 

Kedua aspek sosial emosiaonal adapun contoh kegiatanya yaitu meningkatkan rasa sabar ketika dia berjalan di atas papan titian 

Ketiga aspek seni contoh kegiatanya yaitu lebih ke cara anak tersebut berjalan di atas papan titian tersebut 

Keempat aspek bahasa anak di ajak bercakap cakap tentang tata cara berjalan dia atas papan tiatian tersebut 

Kelima aspek agama contohnya anak di ajak untuk berdoa sebelum melakuakn kegiatan 

Ke enam aspek kognitif contoh kegiatanya anak bisa berfikir bagaimana cara dia berjalan di atas papan titian denagn benar sehingga dia tidak akan jatuh dari papan tersebut 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun