Ruang publik sebagai salah satu kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah perkotaan. Ruang publik merupakan ruang ataupun lahan universal tempat warga bisa melaksanakan kegiatan publik fungsional maupun kegiatan lainnya yang mampu mengikat suatu komunitas, baik itu kegiatan sehari-hari maupun berkala (Carr sebagaimana dikutip dalam Purnamasari, 2012). Tujuan ruang terbuka publik secara umum menurut Carr dkk (sebagaimana dikutip dalam Haryanti, 2008) dapat mensejahterakan warga, lingkungan meningkat, pengembangan ekonomi, serta visual enhancement. Pemanfaatan ruang publik selaku ruang yang melayani kebutuhan fisik, mental, dan memberikan pengetahuan kepada pengunjungnya serta pula sarana komunikasi untuk menghasilkan interaksi antar kelompok masyarakat (Ika et al., 2018).
Ruang publik bermanfaat bagi individu, dimana ruang publik dapat dijadikan sebagai tempat untuk merasakan pengalaman baru dan dapat meningkatkan komunikasi antar individu atau kelompok. Sejak tahun 2015, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Kawasan Istimewa Jakarta (DKI) telah mengimplementasikan rencana pembangunan “Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)” sebagai pusat komunitas DKI Jakarta. Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) merupakan salah satu jenis ruang publik bercirikan taman terbuka umum, ruang terbuka hijau, wahana permainan yang menarik dan tumbuh kembang anak, sarana kegiatan sosial, CCTV, PKK, ruang laktasi dan lain-lain (Hernowo & Navastara sebagaimana dikutip dalam Herlina & Nadiroh, 2018). Sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 196 Tahun 2015, tujuan RPTRA adalah untuk membantu warga sekitar khususnya perempuan dan anak yang tinggal di wilayah padat penduduk (Prakoso 2 & Dewi, 2018).
Pada kesempatan kali ini , mahasiswa Universitas Budi Luhur kelompok M1 melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang bertempat di RPTRA Bhinneka yang terletak di Jalan Swadaya RT 06/ RW 04 Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan beberapa program kerja yang khususnya ditujukan kepada anak-anak.
Selain membaca dongeng bersama anak-anak, mahasiswa KKN M1 Universitas Budi Luhur pun mengadakan beberapa kuis berhadiah agar anak-anak di lingkungan RPTRA Bhinneka merasa lebih antusias dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN M1 Universitas Budi Luhur sehingga kegiatan yang telah ditentukan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.
Kemudian di minggu terakhir dilaksanakan penutupan kegiatan KKN M1 Universitas Budi Luhur dengan di dampingi oleh oleh Bapak Syaiful Anwar, S.Ag, M.M selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Universitas Budi Luhur serta Penanggung Jawab RPTRA Bhinneka sebagai tanda berakhirnya kegiatan KKN M1 Universitas Budi Luhur di RPTRA Bhinneka. "Kami berharap setelah diadakannya program kerja KKN kami di RPTRA Bhinneka ini dapat memberikan manfaat serta dampak positif khususnya untuk anak-anak di lingkungan RPTRA Bhinneka ini" Ujar ketua kelompok KKN Rhama Hizkia.
Dengan berakhirnya seluruh kegiatan KKN M1 Universitas Budi Luhur di lingkungan RPTRA Bhinneka, kami segenap mahasiswa KKN M1 Universitas Budi Luhur mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan, dan kami berharap dapat membawa manfaat bagi masyarakat di lingkungan RPTRA Bhinneka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H