Framing text adalah sebuah analisis yang di lakukan untuk mengumpulkan berbagai perspektif atau sudut pandang melalui media massa ataupun tabloid mengenai suatu isu permasalahan atau topik tertentu. Framing text menggunakan sudut pandang dari media massa sebagai acuan bagaimana wartawan atau penulis menilai sebuah masalah atau sebuah topik yang kemudian di jadikan sebagai analisis terhadap persepsi sebuah masalah di sudut pandang media massa ataupun internet.
Kali ini, analisis framing text di lakukan pada dinamika kewirausahaan di Kota Serang, Provinsi Banten. Kewirausahaan yang di tuju sebagai objek analisis ialah sate bandeng, rabeg, dan kerajinan golok. Dinamika kewirausahaan tidak hanya berpatokan pada keuangan namun juga potensi dan finansial.
Berikut hasil analisis framing text terkait kewirausahaan di Kota Serang, Provinsi Banten.
- Framing text terkait kewirausahaan di Kota Serang melalui media massa
No
Judul
Tanggal
Waktu
Media
Penjelasan
1.
Mengenal Sate Bandeng, Makanan Khas dari Banten
11/01/2023
-
BantenTV.com
Sate bandeng merupakan makanan olahan khas Banten yang di temukan sejak jaman Kesultanan Banten. Makanan ini mempunyai ciri khas berupa daging ikan bandeng yang di haluskan bersama bumbu rempah lalu di masak kembali menggunakan tusuk babu dengan bentuk menyerupai ikan.
2.
Mengenal Rabeg, Kuliner Khas Banten Sejak Zaman Sultan Hasanuddin
28/08/2023
18:06
Kompas.com
Rabeg merupakan makanan khas Banten yang popular di tiga kota/kabupaten di Banten salah satunya adalah Kota Serang dengan ciri khas Rabeg menggunakan daging kambing. Rabeg sendiri merupakan makanan sejenis gulai atau semur namun lebih ringan.
3.
Nasi Rabeg Banten Haji Naswi sejak 1975, Tetap Eksis Hingga Kini
30/08/2023
14:08
Kompas.com
Warung rabeg milik Haji Naswi sudah berdiri sejaktahun 1975, pemiliknya sekarang merupakan generasi ketiga. Rabeg yang di jual di warung makan Haji Naswi merupakan raabeg kambing namun juga menyediakan rabeg sapi dalam stok yang lebih sedikit.
4.
Bukan Sembarang Sambal, Buroq Khas Banten Nih
01/06/2024
-
Zetizens.id
Sambal buroq di kenal sebagai ciri khas Banten dengan cita rasa yang unik dan khasnya. Nama dari sambal buroq di ambil dari bahasa sunda yang berarti pedas. Sambal burq sendiri juga telah menjadi identitas kuliner Banten.
5.
Perajjin Golok Banten, Pertahankan Bisnis hingga Budaya
25/07/2023
15:53
Antaranews.com
Sebab di kenal dengan kebudayaan debusnya, Banten juga terkenal sebagai penghasil golok. Desa Seuat menjadi produsen golok yang tidak hanya sebagai bisnis namun juga sebagai penjaga kebudayaan. Desa Seuat sudah memproduksi golok selama 4 generasi dengan berbagai keperluan dan akomodasi.
- Framing tex terkait kewirausahaan di Kota Serang melalui jurnal
No
Judul dan Tahun
Tujuan
Teori
Hasil
1.
Potensi Wisata Gastronomi Rabeg di Rumah Makan H.Naswi Kota Serang Banten
. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui wisata gastronomi Rabeg yang ada di Rumah Makan H. Naswi Kota Serang Banten, 2) mengetahui bagaimana kondisi actual dalam melestarikan budaya gastronomi Rabeg yang ada di Kota Serang
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tenik pengumpulan data antara lain : 1). Studi pustaka dan dokumentasi 2). Observasi 3). wawancara
Daerahnya yang terletak disepanjang pesisir pantai menjadikan Kota Serang potensial sebagai daerah destinasi wisata bahari. Obyek daya tarik wisata di Kota Serang terdiri dari obyek daya tarik wisata alami dan juga obyek daya tarik wisata buatan. Kota Serang telah memiliki cukup banyak jenis olahan kuliner. Aneka kuliner di Kota Serang dapat menjadi obyek daya tarik wisata yang potensial dalam menarik banyak wisatawan untuk berkunjung terutama Rabeg.
2.
Analisa Strategi Marketing Kreatif dengan Metode SWOT terhadap UMKM Sate Bandeng Hj Mariyam Serang Banten
Tujuan penelitian ini adalah untuk Analisa strategi marketing kreatif dengan metode SWOT terhadap UMKM sate bandeng Hj mariyam serang Banten
Teori yang di gunakan adalah teori manajemen strategi, ekonomi kreatif, dan analisis SWOT denngan metode penelitian kualitatif dengan data primer maupun sekunder`
Dalam mengembangkan usahanya maka pengusaha perlu memanfaatkan kreativitas dan inovasi. Memanfaatkan industri kreatif merupakan salah satu cara agar sate bandeng Hj. Mariyam tetap bertahan dan diminati banyak konsumen. Adapun strategi industri kreatif yang disarankan dalam penelitian ini antara lain adalah dengan menekan ancaman dengan menafaatkan kekuatan yang ada. Sate bandeng Hj. Mariyam perlu membangun branding yang kuat agar lebih dikenal oleh masyarakat,
3.
KEKAYAAN INTELEKTUAL KOMUNAL DAN POTENSI INDIKASI GEOGRAFIS GOLOK SULANGKAR BADUY KABUPATEN LEBAK
Hasil penelitian ini menunjukkan, 1)Kabupaten Lebak mempunyai potensi indikasi geografis yang perlu diberikan perlindungan hukum berupa merek dan indikasi geografis agar dapat memperbaiki roda perekonomian di Kabupaten Lebak khususnya daerah Baduy. 2)Perlindungan hukum kekayaan intelektual komunal terhadap golok sulangkar berdasarkan teori perlindungan hukum dapat dilakukan dengan dua cara yaitu perlindungan hukum preventif yang melindungi masyarakat dengan diberi peluang mengajuka pendapatnya saat sebelum ketetapan pemerintah menemukan bentuk definitive yang bermaksud menjauhi terbentuknya sengketa.
4.
KINERJA FINANSIAL UKM SATE BANDENG RATU TOETY SELAMA PANDEMI COVID-19
Tujuannya untuk menganalisis kinerja keuangan usaha sate bandeng sebelum pandemi dan selama masa pandemi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode analisis komparatif.
Pandemi mengakibatkan UKM Sate Bandeng Ratu Toety mengalami penurunan keuntungan, baik keuntungan atas penjualan maupun keuntungan atas investasi. Penurunan jumlah produksi sate bandeng Ratu Toety pada masa pandemi, antara lain disebabkan oleh kebijakan social distancing yang menyebabkan konsumen enggan berkunjung ke toko, dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga UKM Sate Bandeng Ratu Toety mengalami kesulitan dalam mengirimkan produknya ke luar kota, serta kebijakan struktural berupa kebijakan Work From Home
5.
ANALISIS PROFITABILITAS USAHA SATE BANDENG IBU AMENAH DI KECAMATAN CIPOCOK JAYA, KOTA SERANG
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai profil usaha dari Sate Bandeng, aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek teknis, aspek finansil pada usaha tersebut.
Metode analisis data yang digunakan pada analisis profitabilitas usaha Sate Bandeng Ibu Amenah.
1) Bauran pemasaran 7P yaitu produk (Product), tempat (Place) harga (Price), promosi (Promotion), Proses (Process), orang (People), bukti fisik (physical evidence); 2) Aspek finansial berdasarkan analisis usaha olahan perikanan pada Sate Bandeng Ibu Amenah mengalami keuntungan namun tidak layak untuk dijalankan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H