STIA DAN MANAGEMEN KEPELABUHANAN BARUNAWATI SURABAYA
2020
Pembicara : Prof. Dr. Fendy Suhariadi, MT, Psi
Dalam pemaparannya pada acara webinar "VIRTUAL PORT VISIT & MARITIM LEADERSHIP" yang dilaksanakan pada Selasa 17 November 2020 melalui aplikasi zoom, Â Bapak Fendy Suhariadi membahas tentang "Perubahan Perspektif Leader Dalam Mengelola Organisasi Dan Sumberdaya Manusia". Yang pertama beliau sampaikan adalah tentang krisis yang terjadi saat ini.
Pengertian Krisis
KBBI ; krisis/kri.sis/ 1) Keadaan yang bahaya (menderita, sakit); 2) keadaan yang genting; kemelut; 3) Keadaan suram (tentang ekonomi, moral, dsb)
Tipe-tipe Krisis
a) Nonphysical Damage Crises
Product Issue : Kredibilitas, Cacat, Rusak, Tidak Aman
Persepsi negatif masyarakat terhadap perusahaan kita
Market Shift
Masalah keuangan
Masalah hubungan industrial
Serangan terhadap ruang kerja
Masalah internasional; pandemi, fluktuasi cuaca
b) Physical Damage Disaster
KEJADIAN ALAM: Gempa bumi, angin topan, banjir, badai
KECELAKAAN: Kebakaran, kebocoran, listrik tidak stabil
KESENGAJAAN: Ledakan bom, pembakaran.
Strategi Penanganan Krisis
1. Tentukan krisis yang terjadi berdasarkan person-base approach atau system- base approach
2. Identifikasi probabilitas kesalahannya
3. Memutuskan penyebab krisis
4. Tangani segera
Penyelesaian Krisis
Pendekatan Level Individu
Menggunakan pendekatan human behavior :
Human perception, sensasi, persepsi, memory
Informational processing
Goal setting
Stress management
Pendekatan Level Kelompok
Perusahaan/Organisasi membentuk team/ crisis management team:
Siapa anggotanya, siapa pemimpinnya, siapa jubirnya
Pemahaman terhadap situasi krisis harus sama meskipun ide berbeda.
Value tim sama dan tidak ada kepentingan politis
Mengembangkan crisis management plan and execute
Command center untuk keputusan yang segera dan urgent
Pendekatan Level Organisasi
Pendekatan level organisasi memfokuskan pada safety dari organisasi sehingga:
Budaya safety harus menjadi DNA Organisasi
Mengembangkan strategi penyelamatan organisasi secara segera
Mengembangkan learning organisasi atas persoalan safety organisasi
Paradigma SDM VS Manusia Karya
Paradigma Sumber Daya Manusia
Paradigma Manusia Karya
Peran Manusia
Sumber daya sistem usaha
Kekuatan pasar
Fungsi Orang
Kelengkapan sistem manusia -- mesin
Penggerak sistem usaha
Potensi Orang
Kompetensi (pengetahuan, ketrampilan, kemampuan, dan pengalaman)
Kompetensi, wawasan (aspiratif dan etikal), motivasi kerja, dan semangat belajar inovatif
Focus Perhatian
Efisiensi dan efektivitas kerja
Kesejahteraan pekerja dan keunggulan sistem usaha