Apa jadinya jika pembelajaran yang dilakukan disekolah tidak memiliki tujuan?
lalu seberapa pentingkah tujuan pembelajaran itu dirumuskan?
istilah taksonomi dalam dunia pendidikan diartikan sebagai klasifikasi atau penggolongan. sedangkan yang dimaksud teori taksonomi bloom adalah struktur yang mengidentifikasikan keterampilan atau tingkat berfikir seorang peserta didik. dalam teori taksonomi bloom tingkatan saling terkait seperti tingkatan yang lebih tinggi membutuhkan penguasaan tingkatan yang rendah.
1. Tingkatan berfikir ranah kognitif
- Mengingat : Yakni mendatangkan kembali pengetahuan yang sudah didapat, kata kerja operasionalnya : menyebutkan, mengidentifikasi, mengulang, menghitung, memperjelas. contoh kegiatan : Siswa diminta untuk menyebutkan 5 makanan tradisional indonesia yang begitu dikenal.
- Memahami : Yakni Menjelaskan kembali informasi yang sudah dipelajari dengan kata - kata sendiri yakni sesuai dengan kemampuan mereka. kata kerja operasionalnya menggambarkan , meringkas, menginterpretasikan, Â menyimpulakn dan mengilustrasikan. Contoh kegiatan : Siswa diminta untuk menjelaskan apa yang dia ketahui tentang makanan tradisional indonesia.
- Menerapkan : Yakni Penggunaan pengetahuan atau konsep yang telah dipelajari kedalam situasi baru, kata kerja opersaionalnya : menggunakan, memecahkan, mempraktikkan, mengorganisir, mengoperasikan. Contoh kegiatan : Siswa diminta untuk memperagakan cara menerapkan sikap gotong royong dalam kehidupan sehari - hari.
- Menganalisis : Yakni memecah informasi menjadi bagian - bagian kecil dan memahami hubungan antar bagian tersebut. Kata kerja operasionalnya : Menganalisis, mengkategorikan, mengidentifikasi, menghubungkan, membedakan. Contoh kegiatan : Siswa diminta untuk menuliskan beberapa persamaan dan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan.
- Mengevaluasi : Yakni membandingkan sesuatu dengan kriteria tertentu, dan menetapkan kualitas sesuatu itu (baik/buruk, berhasil/tidak berhasil) dsb. Kata kerja operasionalnya : Mengevaluasi, mengkritik, membandingkan, menguji, menilai. Contoh kegiatan : Siswa diminta untuk menjawab apakah kegiatan upacara disekolah pada hari senin berhasil, Mengapa?
- Mengkreasi : Yakni menghasilkan sesuatu yang baru, atau cara penyeleasian yang lain terhadap suatu masalah. Kata kerja operasionalnya : Membuat, merancang, mengembangkan, menghasilkan. Contoh kegiatan : Siswa diminta untuk membuat suatu barang yang bermanfaat dari sampah plastik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H