Wheleen dan Hunger (2003:9), menyatakan manajemen strategi ialah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Manajemen strategis meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategis, implementasi dan evaluasi.Â
Tahapan manajemen strategi menurut Whelen-Hunger di antaranya:
1) Pemantauan Lingkungan (Environmental Scanning)
- Analisis Eksternal
Lingkungan eksternal mencakup variabel-variabel dari luar dan tidak berada di bawah kendali khusus manajemen pusat. Lingkungan eksternal mencakup dua bagian: lingkungan kerja dan lingkungan sosial.
- Analisis Internal
Lingkungan internal mencakup variabel-variabel (struktur perusahaan, budaya, sumber daya) yang ada di dalam perusahaan tetapi umumnya tidak berada di bawah kendali manajemen pusat dalam  jangka pendek.
2) Perumusan Strategi (Strategy Formulation)
Perumusan strategi merupakan pengembangan rencana jangka panjang untuk mengelola peluang dan ancaman lingkungan secara efektif, dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan perusahaan.
- Â Misi (Mission)
Misi merupakan tujuan atau alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi yang ditulis dengan baik akan mengidentifikasi tujuan dasar dan kreatifitas sehingga dapat membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
- Objektif (Objectives)
Objektif merupakan hasil akhir dari aktivitas perencanaan. Tujuan menentukan hal yang perlu dilakukan dan jangka waktu penyelarasan serta harus dapat diukur jika memungkinkan. Tercapainya tujuan perusahaan merupakan hasil terselesaikannya misi.
- Strategi (Strategies)
Strategi merupakan rumusan perencanaan secara menyeluruh tentang bagaimana organisasi akan mencapai visi, misi, dan tujuannya. Strategi akan memaksimalkan keunggulan kompetitif dan meminimalkan keterbatasan bersaing.Â
- Kebijakan (Policies)