Mohon tunggu...
Risma Rahayu
Risma Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo namaku Risma. Mahasiswa di Universitas Pelita Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran Hotel: Meningkatkan Jumlah Pelanggan Melalui Bauran Pemasaran

1 Juli 2024   17:52 Diperbarui: 1 Juli 2024   17:59 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada dasarnya, tujuan pemasaran hotel adalah menarik tamu untuk menginap dan menggunakan fasilitas hotel. Namun, upaya untuk menarik tamu harus dilakukan dengan cara yang membuat tamu puas, karena upaya pemasaran akan sia-sia jika tamu tidak puas. (Munjir, Yulianti, & Artiningsih, 2020)

Menutut teori Philip Kotler menyebut formula konvensional untuk mix marketing ini sebagai 4P yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Secara sederhana, penentuan mix marketing bertujuan untuk memastikan bahwa setiap kegiatan pemasaran berhasil. Produk dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, ditawarkan dengan harga yang terjangkau oleh pelanggan, dan kemudian didistribusikan ke tempat di mana pelanggan dapat berbelanja dan mempromosikan produk melalui media yang mereka harapkan. Pemasar menggunakan marketing mix, alat yang terdiri dari berbagai komponen program pemasaran yang harus dipertimbangkan agar strategi pemasaran dan penempatan yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan sukses. ( Aulia & Syifaus, 2023)

Berikut merupakan hasil wawancara dan observasi mengenai strategi marketing yang dilakukan hotel Amaroossa Grande Bekasi.

Produk

Produk menurut Philip Kotler adalah “segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan’ (1997:57).

Amaroossa Grande Bekasi menawarkan akomodasi yang elegan dan nyaman dengan WiFi diseluruh areanya. Hotel ini memiliki tiga type kamar yaitu deluxe, executive dan suite, perbedaan dari ketiga type kamar tersebut yaitu untuk type suite terdapat livingroom dan terdapat bathup sedangkan pada type deluxe dan executive hanya terdapat standing shower saja.

Layanan dasar yang terdapat pada hotel ini yaitu seperti restoran, bar, lauge, room sevice dan mini bar. Pada layanan bisnis sendiri hotel amaroossa memiliki ruang rapat, ballroom, dan bisnis center, dimana terdapat 10 ruangan, yaitu 9 untuk ruang meeting yang memiliki kapasitas 20 – 70 orang sedangkan 1 ballroom yang memiliki kapasitas maksimal 600 orang.

Hotel Amaroossa Grande Bekasi juga menyediakan fasilitas rekreasi dan kesehatan seperti Gym, Kolam renang dan Spa. Selain itu hotel ini juga menyediakan layanan tambahan berupa sewa transfortasi, laundry, parkir valet dan playground untuk anak – anak.

Place

Hotel Amaroossa Grande Bekasi terletak di Bekasi karena lokasinya yang strategis. Hotel ini berada dekat dengan pintu tol Bekasi Barat, membuatnya mudah diakses dan memiliki akses yang baik ke berbagai tujuan wisata di Bekasi. Selain itu, hotel ini juga terletak dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Mega Bekasi Hypermall dan Metropolitan Mall, serta berjarak sekitar 50 km dari Bukit Paragliding dan 42 km dari Maxx Box Lippo Village.

Price

Harga merupakan salah satu bauran pemasaran yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam lingkungan hotel, harga yang kompetitif dapat menarik pelanggan yang mencari nilai terbaik untuk kebutuhan mereka.

Hotel Amaroosa telah menawarkan harga tersendiri yang juga disesuaikan dengan kenyamanan yang ditawarkan kepada pelanggan. Hotel Amaroosa juga menawarkan segmen pasar dalam

harga yang membantu pelanggan beradaptasi dengan kebutuhan mereka. Transparansi harga yang ditawarkan jaringan media juga memudahkan pelanggan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Harga Hotel Amaroosa ditentukan oleh personalisasi layanan yang ditawarkan yang merupakan salah satu faktor kepuasan pelanggan, sehingga mereka dapat menikmati kembali layanan hotel ini di lain waktu.

Promosi

Perhotelan harus memasang promosi melalui berbagai media sosial atau dari testimoni setiap pelanggan yang pernah menginap di hotel Amoroossa Grande Bekasi. Dalam meningkatkan kualitas hotel harus dengan membuat konten konten yang relevan dengan bekerja sama dengan berbagai brand ambasador ataupun influencer untuk meningkatkan minat pelanggan terhadap hotel tersebut dengan strategi media sosial oleh para influencer dengan  konten video, foto yang dibagikan di media sosial dan dengan penggunaan fitur platfrom seperti live streaming di instragram ataupun story dengan memakai hastag yang relevan didalam meningkatkan postingan tersebut.

Dalam perhotelan pun harus ada markom (marketing komunikasi) yang harus aktif dalam menanggapi komentar atau pesan dengan melakukan interaksi online untuk menarik pelanggan tersebut. Hotel amaroossa grande Bekasi juga mempunyai program loyalitas dan promosi dengan menggunakan point atau hadiah dengan costumer yang loyal booking online di hotel tersebut.

Hotel amarossa grande Bekasi selalu melakukan analisis untuk mengoptimalkan strategi online dengan memerhatikan matriks kinerja media sosial sehingga bisa menyesuaikan strategi konten dan company iklan agar lebih efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun