Mohon tunggu...
Risma Irmiati Akbar
Risma Irmiati Akbar Mohon Tunggu... Guru - seorang guru

jadilah diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Diri RRP KD 4.2

8 Juli 2021   09:57 Diperbarui: 8 Juli 2021   10:07 358
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

LEMBAR REFLEKSI

SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama                           : Risma Irmiati Akbar

NUPTK                       : 1452771672130012

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

KD                              : Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis  

                                      dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal,  

                                      intonasi, mimik, kinesik)

A.  Refleksi Komponen

1.   Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?

      Kegiatan pembukaan yang saya lakukan dengan menyanyikan lagu wajib nasional bisa menambah rasa nasionalisme siswa serta semangat siswa dalam belajar.

2.   Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi / bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan ? ( Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ? )

      Materi pembelajaran dirasa oleh siswa cukup sesuai dan tiak terlalu sulit karena masih berkaitan dengan pembelajaran sebelumnya.

3.   Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang di gunakan ? ( Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi / materi yang di ajarkan ? )

      Dengan media video, teks , serta power point siswa menjadi lebih tertarik dan lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran.

4.   Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?

Rancangan pembelajarn yang saya susun menurut siswa dalam kegiatan refleksi cukup menarik karena di dalam rancangna di lakukan diskusi dan presentasi sehingga siswa menjadi lebih komunikatif.

5.   Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode / teknik pembelajaran yang saya gunakan?

Rancangan pembelajarn yang saya susun sesuai sintak, sehingga diharapkan bisa membuat siswa mudah mengikuti kegiatan pembelajaran.

6.   Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas ( perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa yang saya lakukan?

      Dengan adanya diskusi kelompok serta presentasi terhadap hasil kerja siswa mnjadi lebih semangat dan aktif dalam belajar.

7.   Apakah siswa dapat menangkap penjelasan / instruksi yang saya berikan dengan baik?

      Dengan LKPD serta media yang video teks dan power point membuat siswa paham akan intruksi serta materi yang diberikan.

8.   Bagaimana tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan?

     Latihan yang diberikan sesuai dengan KD yang dibahas serta sesuai dengan kemampuan siswa, sehingga siswa mampu mengerjakan latihan.

9.   Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan ?

      Dengan menyimak hasil penilaian siswa dapat disimpulkan bahan penguasaan kemampuan yang ditetapkan sebagian besar tercapai,

10. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?

      Dengan waktu 80 menit yang saya rancang dalam RPP semua indicator bisa saya capai.

 

11. Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya sampaikan?

      Kegiatan penutup yang saya lakukan berupa refleksi. Dalam refleksi siswa diberikan pertanyaan mengenai materi pembelajaran, sehingga bisa terlihat tingkat pemahaman siswa.

 

B.   Refleksi Menyeluruh

 

1.   Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagai mana mestinya?         ( Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik?)

      Setelah melaksanakan pembelajaran dapat saya simpulkan susunan rencana pembelajaran dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

2.   Apakah kelemahan -- kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar?

      Kelemahan saya terletak dalam media pembelajaran serta materi pembelajaran.

3.   Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan ?

      Di zaman era IT guru harus menguasai teknologi sebagai TPAC dalam pembelajaran dan saya harus lebih menguasai IT agar bisa melaksanakan pembelajaran TPAC.

4.   Apakah kekuatan saya atau hal --hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?

      Kekuatan saya adalah dalam merancang sintak dari model pembelajaran.

5.   Apakah penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?

      Jika kita bisa menentukan model pembelajaran yang pas untuk siswa serta untuk materi pembelajaran maka membuat kita bisa menentukan sintak pembelajarn yang tepat. Itulah yang saya  lakukan dalm pembelajaran yang telah saya rancang dalam RPP.

6.   Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat di pertahankan bahkan di tingkatkan?

      Dengan terus meningkatkan keprofesionalismean sebagai guru kita bisa terus meningkatkan kekuatan dan kelebihan dalam melaksanakan proses pembelajaran..

7.   Hal -- hal unik ( positif atau negative ) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?

      Dalam pembelajaran yang saya lakukan siswa terlihat komunikatif meski ada beberapa yang terlihat kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.        

8.   Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambil keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral?

      Dasar pelaksanaan pembelajaran yang saya laksanakan berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga bisa dipertanggungjawaban.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun