Secara konseptual ada dua batasan yang perlu dikemukakan disini, yakni istilah organisation sebagai kata benda dan organisin (perorganisasian) sebagai kata kerja, menunjukkan pada rangkaian aktifitas yang harus dilakukan secara sistematis.Â
Organisasi adalah suatu sistem, mempunyai struktur dan perencanaan yang dilakukan dengan penuh kesadaran, didalamnya orang- orang bekerja dan berhubungan satu sama lain dengan suatu cara yang terkoordinasi, kooperatif, dan dorongan-dorongan guna mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
Prinsip-Prinsip perorganisasianÂ
1. Perumusan tujuan secara jelasÂ
2. Tujuan ditetapkan secara tegasÂ
3.. Pelimpahan wewenang harus sesuai dengan tanggung jawab
4. Batasan kemampuan pengawasan
5. Adanya kesatuan pemerintah
6. Struktur organisasi harus disusun sesederhana mungkin
7. Pola dasar organisasi harus relatif dan permanen
Fungsi-Fungsi organisasi
1. Mengatur tugas dan kegiatan kerja sama sebaik-baiknya
2. Mencegah keterlambatan-keterlambatan kerja serta kesulitan yang dihadapi
3. Mencegah kesimpangsiuran kerjaÂ
4. Menentukan pedoman-pedoman kerja
Keuntungan-Keuntungan organisasi
1. Setiap orang akan mengerti tugasnya masing-masing
2. Menjelaskan hubungan kerja para anggota organisasi
3. Terdapat koordinasi yang tepat antar unit kerja
4. Menggunakan tenaga kerja sesuai dengan kemampuan dan minat
5. Agar kegiatan administrasi dan manajemen dapat dilakukan secara efektif dan efisien
Unsur-Unsur organisasi
1. Karena ditunjukkan pimpinanÂ
2. Dipilih oleh kelompok
3. Dipilih oleh perwakilan dari luar kelompok
4. Alasan sebagai volunteer (suka rela)Â
5. Karena ex- officio suatu jabatan dan kelembagaanÂ
Riska Afriza
P2C224016
(Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Jambi)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI