Mohon tunggu...
Rishanda Nur Auliya
Rishanda Nur Auliya Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Nama : Rishanda Nur Auliya NIM : 43221010114 Fakultas :Ekonomi dan Bisnis Prodi : S1 Akuntansi Mata Kuliah :Sistem Informasi Akuntansi Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak Kampus :Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TB1- Sikap Kepemimpinan, Disiplin, dan Manajemen Waktu yang Baik

26 September 2022   23:15 Diperbarui: 1 Oktober 2022   08:52 807
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TUGAS BESAR 1 PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DAN ETIK UMB

Sub CPMK 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kepemimpinan, disiplin dan manajemen waktu

Nama : Rishanda Nur Auliya
NIM : 43221010114
Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak
Kampus : Universitas Mercu Buana

 Apa itu Kepemimpinan, Disiplin dan Manajemen Waktu?

Dalam kehidupan sehari-hari tak terlepas dari kepemimpinan, dimana pun kita berada pasti selalu ada seorang pemimpin seperti hanya kita sebagai seorang mahasiswa perlu memiliki sifat kepemimpinan dalam dirinya, yang nantinya apabila kita di beri kesempatan untuk memimpin misalnya dalam sebuah organisasi dapat bertanggung jawab terhadap para anggotanya, berani mengambil keputusan, menerima pendapat orang lain dan memberikan contoh yang baik. Seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinan nya tentu saja perlu memiliki sikap disiplin dan manajemen waktu yang baik demi terciptanya kelancaran dalam menjalankan tanggung jawab kepemimpina nya dan dapat meningkatkan keteraturan hidup dan percaya diri.

Apa itu kepemimpinan, disiplin dan manajemen waktu? Mengapa kita sebagai seorang mahasiswa perlu memiliki sifat kepemimpinan dan bagaimana cara menerapkannya di kehidupan sehari-hari? Nah, dalam artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut.

1. Kepemimninan

A. Pengertian Kepemimpinan

Secara etimologis kepemimpinan berasal dari kata "pimpin" (lead) yang berarti bimbing atau tuntun. Lalu ditambah awalan suku kata "pe" menjadi pemimpin (leader) artinya seorang yang bisa mempengaruhi orang lain. apabila akhiran ditambahkan suku kata "an" menjadi pemimpin artinya yaitu seorang yang mengetuai. Lalu dilengkapi lagi dengan awalan suku kata "ke" menjadi "kepemimpinan" (Leadership) yang berarti kemampuan seseorang untuk mempengaruhi pihak lain untuk melaksanakan sebuah aktivitas atau tingkah laku yang bermaksud agar tercapain nya tujuan bersama.

Pengaruh besar yang timbul dari sikap kepemimpinan adalah bisa mempengaruhi orang lain. Pengaruh ini dapat terjadi dalam sebuah organisasi, hal itu karena pada umumnya sikap kepemimpinan itu ditentukan  oleh seseorang dalam memimpin suatu organisasi.

Pengertian Kepemimpinan Menurut para ahli

1. George R.Terry

Menurut George R.Terry, teori kepemimpinan merupakan suatu kegiatan untuk mempengaruhi suatu kelompok atau pengikutnya  untuk mencapai kesepakatan yang sudah di tentukan oleh perusahaan.

2. Stoner

Menurut Stoner, Kepemimpinan merupakan sebuah proses yang berkaitan dengan usaha atau arahan dalam suatu aktivitas di dalam anggota kelompok

3. Jacobs dan Jacques

Yaitu suatu proses untuk dapat memberikan makna pada usaha secara kolektif yang berakibat keinginan untuk menjalankan sebuah usaha dalam rangka tercapainya tujuan tertentu

4. Koontz & O'donnel

Yakni Kepemimpinan adalah suatu proses untuk mempengaruhi pihak lin agar dapat melakukan pekerjaan dengan sukarela dalam meraih tujuan dalam kelompok tersebut

5. Dr. Thomas Gordon

Definisi Kepemimpinan yaitu sebagai suatu interaksi seseorang dengan anggota kelompoknya dan memainkan peranan tertentu

6. Wahjosumidjo

Kepemimpinan adalah suatu yang dapat melekat pada diri seseorang dengan sifat tertentu meliputi kepribadian serta kemampuan dalam memimpin orang lain

7. Kartni Kartono

Dalam pengertian ini mendefinisikan kepemimpinan sebagai sifat yang mengarah pada situasi tertentu yang terjadi antara seseorang dan orang lain.

B. Teori kepemimpinan

1. Teori Great Man

Dalam teori nya, seorang pemimpin yang hebat dilahirkan dengan kepribadian tertentu, seperti karismatik,sebuah keyakinan,kepintaran dan kompetensi yang dapat membuatnya terlahir sebagai seorang pemimpin secara alami. Teori great man ini memprediksi bahwa daya tampung untuk dapat memimpin itu sudah sesuatu yang melekap, pemimpin yang hebat di lahirkan bukan dibuat.

2. Teori sifat

Teori sifat mengasumsikan bahwa seorang mewarisi sifat atau ciri-ciri yang membuatnya lebih serasi untuk dijadikan seorang pemimpin. Teori mengidentifikasi kan karakter atau sikap yang sama dengan pemimpin.

3. Teori Kontingensi

Teori ini fokus terhadap variable yang berhubungan langsung di lingkungan, yang barangkali akan menjadi penentu gaya kepemimpinan yang paling cocok. Menurut teori ini tidak ada gaya kepemimpinan yang terbaik melainkan kesuksesan dalam variable pada kualitas pengikut dan situasi yang tepat.

4. Teori situasional

Teori situasional menyarankan pemimpin untuk memilih reaksi yang tepat bersumber pada variable situasional, artinya teori ini berpacu pada situasi dan keadaan dalam kelompok tersebut dan dapat menentukan gaya kepemimpinan yang berbeda dalam mengambil suatu keputusan

5. Teori perilaku

Teori ini berasumsi pada sikap pemimpin bukan dari kualitas mental. Dalam teori ini seorang bisa belajar menjadi pemimpin melewati pengajaran

6. Teori Partisipatif

Dalam teori ini menunjukan gaya kepemimpinan yang bersikap baik merupakan dapat menerima masukan atau pendapat dari orang lain. Pemimpin disini harus bisa berpartisipasi dan berkontribusi dengan seluruh anggota kelompoknya dan membantu untuk berkomitmen kuat untuk pengambilan keputusan yang tepat dan mencapai tujuan bersama.

7. Teori Manajemen

Teori ini dikenal dengan teori transaksional, yakni berfokus mengawas kinerja suatu organisasi yang berasumsi pada sistem imbalan dan hukuman.

8. Teori Hubungan

Teori ini di kenal sebagai teori transformasi artinya fokus pada hubungan antara pemimpin dan bawahan atau pegikutnya. Pemimpin dalam teori ini memotivasi dan memberikan ide-ide gagasan untuk membantu anggota dalam suatu kelompok.

C. Fungsi Kepemimpinan

Menurut Hamdani Nawawi dalam bukunya yang berjudul "Kepemimpinan yang efektif membahas beberapa fungsi dar keemimpinan, antara lain :

1. Fungsi Intruktif

Intruktif berasal dari dari kata "instrukti" artinya perintah. Dalam Kepemimpinan di maksudkan yakni suatu perintah dari seseorang kepada anggota kelompok dengan tindakan yang jelas sehingga orang yang di perintah dengan sigap menjalankan tugas yang sangat baik. Dalam fungsi instruktif ini pemimpin di tentukan sebagai pengambilan keputusan kepada anggota kelompoknya, sedangkan anggota kelompoknya yang menjalankan semua intruksi yang telah di berikan oleh pemimpinnya.

2. Fungsi Konsultatif

Kepemimpinan fungsi konsultif ini memiliki dua arah, artinya gaya kepemimpinan untuk menerapkan kebiasaan mendengar buah pikiran anggotanya atau mempertimbangkan pengikutnya sebelum pengambilan keputusan

3. Fungsi konsultatif ini para kelompok atau organisasi dapat menjalankan konsultasi bersama pemimpinnya yang bertujuan agar mendapatkan solusi yang terbaik..

4. Fungsi Partisipasi

Fungsi Partisipasi dapat diartikan sebagai pengambilan pengikutsertaan. Artinya suatu keterlibatan baik secara mental maupun emosi seseorang untuk mencapai tujuan bersama. Dalam Fungsi Partisipasi ini pemimpin haru mampu membantu semua anggota untuk berpartisipasi dalam hal pekerjaan atau proyek tertentu

5. Fungsi Delegasi

Kepemimpinan mempunyai fungsi delegasi, artinya perwakilan dari suatu kelompok dengan proses musyawarah. Dalam hal kepemimpinan delegasi ini pemimpin mendelegasikan wewenang kepada pihak lain sesuai dengan tugas yang dijalankan.

6. Fungsi Pengendalian

Kepemimpinan dalam fungsi pengendalian adalah sebuah proses mengatur faktor-faktor yang terjadi di sebuah organisasi atau perusahaan,agar pelaksanaannya bisa di koordinasikan dengan jelas sesuai perencanaan.

 

2.)  Disiplin

A. Pengertian Disiplin

Kata disiplin berasal dari bahasa Latin yaitu "Discere yang berarti belajar. Kata Disiplin juga berasal dari bahasa-inggris "disciple" yang berarti pengikut atau murid. Jadi dapat disimpulkan disiplin merupakan sikap patuh terhadap suatu nilai yang dianggap tanggung jawabnya. Selain itu, disiplin merupakan rasa taat kepada peraturan yang ada dalam suatu pengawasan.

Disiplin dalam suatu kepemimpinan adalah suatu yang sangat penting, disiplin bisa diartikan sebagai "Mendidik" merujuk kepada perbaikan kearah yang lebih baik. Disiplin disini bukan diartikan sebagai orang yang salah namun adalah suatu arahan agar bisa memiliki motivasi, sikap dan kinerja dengan baik. Sikap disiplin harus ditegakkan dan terapkan dalam kepemimpinan dalam suatu organisasi. Seorang pemimpin yang disiplin akan dianggap oleh anggotanya perbuatan yang baik sehingga dapat mempengaruhi bawahannya untuk bisa bersikap disiplin.

Pengertian Disiplin Menurut para Ahli

1. Hougton

Definisi disiplin menurut Hougton yakni pola perilaku dengan mengharapkan dapat menciptakan sebuah sikap yang baik, khususnya pada karakter moral, etika dan moral yang teratur. Disiplin merupakan kendali yang dapat di peroleh dengan mendirikan kepribadian yang patuh pada perintah.

2. John Macquarrie

Disiplin menurut John Macquarrie merupakan sebuah keinginan dan sikap seorang untuk mematuhi semua aturan yang berlaku agar mencapai tujuan tertentu.

3. Prat

Menurut prat, definisi disiplin dapat diartikan sebagai kemampuan diri pribadi yang mengarahkan pada kebutuhan pribadi dengan standar moral dan etika.

4. Sanjaya

Menurut Sanjaya, definisi disiplin diartikan sebagai hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Dengan sikap disiplin belajar, sasaran pendidikan akan terwujud.

5. Hasibuan

Pengertian  Disiplin menurut Hasibuan adalah perbuatan untuk saling menghargai dan menghormati suatu peraturan yang ada baik tertulis maupun tidak tertulis dan sanggup menjalankan sanksi apabila melanggar peraturan tersebut.

 B. Fungsi Disiplin

Berikut beberapa fungsi disiplin diantaranya:

1. Meningkatkan nilai karakter yang baik

Karakter yang baik akan terlihat jika kita dapat berkomitmen baik kepada Tuhan, diri sendiri, pihak lain dan organisasi. Puncak komitmen terjadi saat kita memiliki kepercayaan diri yang besar dan tangguh

2. Membantu terwujudnya nilai karakter, sikap dan kerja

Dalam sisi ini nilai karakter dan sikap di tunjukkan dengan komitmen dan kepercayaan yang di dukung, dikembangkan dan di wujudkan dengan nyata. Suatu komitmen dan kepercayaan akan terlihat saat kita dapat konsisten dalam mengerjakan pekerjaan.

3. Menciptakan nilai karakter dalam kehidupan yang di tandai dengan adanya sikap yang kuat dari diri pribadi pemimpin dan pengikutnya.

4. Pemimpin yang dalam kenyataannya terbukti berdisiplin terhadap Sikap hidup dalam bekerja akan mempengaruhi pengikutnya untuk bisa berdisiplin juga yang akan di jadikan pedoman oleh pengikutnya

3. Manajemen Waktu

A. Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu (time management) merupakan suatu rancangan dalam menentukan, menjalankan dan mengawasi dalam  periode waktu. Waktu itu adalah suatu sumber utama yang perlu di kelola dengan efisien untuk bisa seorang individu bisa menjalankan suatu pekerjaannya dengan tujuan yang sesuai. Sehingga dapat disimpulkan manajemen waktu merupakan suatu usaha untuk bisa memanfaatkan disetiap bagian waktu untuk melaksanakan kegiatan, dimana telah di tentukan target tertentu atau perencanaan dalam kurun waktu yang di tentukan agar pekerjaan tersebut selesai sesuai dengan apa yang di targetkan.

B. Pentingnya Manajemen waktu

Dengan manajemen watu yang baik tentunya kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan teratur dan akan cepat selesai. Mempelajari cara mengatur waktu dengan baik akan mendukung kita tercapainya tujuan dalam hidup kita. Adapun manajemen yang efektif itu dapat :

1.Mendukung dalam menentukan prioritas utama kita Mengurangi menunda-nunda waktu

2. Membantu kita dalam menentukan waktu yang sesuai

3. Memberi kebebasan dan pengendalian terhadap diri kita

4. Mendukung kita agar terhindar dari perasaan bersalah terhadap apa yang terjadi

5. Membantu menilai kemajuan diri kita untuk kedepan nya

C. Aspek Aspek Manajemen waktu

Menurut Atkison, aspek-aspek dalam manajemen waktu mencakup hal sebagai berikut:

1. Menentukan Tujuan

Menentukan tujuan untuk membatu diri kita agar fokus dalam pekerjaan yang di jalankan serta mampu merencanakan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah di tentukan

2. Menyusun prioritas

Dalam menyusun prioritas perlu di perhatikan yakni harus disesuaikan dengan waktu yang kita butuhkan. Kita perlu membuat tingkatan pada skala prioritas dari prioritas terendah sama prioritas tertinggi, penyusunan priotitas ini harus di pertimbangkan dengan tujuan yang jelas mulai dari hal yang penting ,mendesak maupun esensial yang perlu di kerjakan terlebih dahulu.

3. Membuat Jadwal

Jadwal dibuat untuk menyusun daftar kegiatan yang harus dikerjakan berdasarkan waktu tertentu. Pembuatan jadwal ini di maksudkan agar kegiatan yang dijalankan tidak bertabrakan dengan kegiatan lain.

4. Bersikap tegas

Maksud tegas disini adalah sikap tegas dengan menolak permintaan dari siapapun secara positif tanpa harus merasa bersalah. Bersikap tegas dapat menghindari penggunaan efektivitas waktu tetapi haru dalam pertimbangan yang matang.

 Mengapa mahasiswa perlu memiliki sikap kepemimpinan Disiplin dan Manajemen waktu

A. Alasan Mahasiswa perlu sikap kepemimpinan diantaranya :

1. Jiwa kepemimpinan yang ada pada diri kita akan menciptakan sikap tegas sehingga tidak mudah dimanfaatkan orang laiJika dalam diri kita terdapat jiwa kepemimpinan  akan lebih mudah untuk meraih kesuksesan. Karena, seseorang yang memiliki ketegasan seperti pemimpin tidak akan mudah di manfaatkan orang lain. Melainkan sikap tegas itu tidak hanya di terapkan saat berhubungan dengan orang lain namun pada diri kita sendiri. Sehingga akan lebih teratur dan mampu menggunakan waktu dengan bijak untuk mencapai suatu tujuan.

2. Sikap kepemimpinan yang tinggi dapat membuat kita mencoba sesuatu yang penuh tantangan

Sikap kepemimpinan sangat berpengaruh pada pengambilan keputusan. Kamu dapat mencoba banyak tantangan baru dan berani keluar dari ketenangan. Seseorang yang selalu mempunyai tantangan pada dirinya akan mendapatkan banyak pengalaman yang akan diraih kesuksesan di masa mendatang.

3. Dengan adanya sikap kepemimpinan, kegagalan dalam bentuk apapun kita dapat menghadapinya dengan sikap dewasa

Kegagalan adalah hal yang biasa dalam kehidupan dan bukan masalah besar bagi seorang pemimpin. Kamu yang memiliki sikap kepemimpinan dalam diri pribadi akan mampu untuk bangkit meskipun telah berkali kali mengalami kegagalan. Hal ini yang bisa menjadikan kamu kuat dan bersemangat untuk kembali memulai kembali.

4. Sikap kepemimpinan akan mengarahkan kepada visi yang jelas di masa datang

Visi adalah sesuatu yang perlu ada dalam.diri orang untuk bisa sukses, seseorang dengan jiwa leadership yang tinggi akan mempunyai visi dalam hidupnya. Dia akan punya tujuan yang jelas mau seperti apa kedepan nya.

5. Seorang pemimpin dapat memiliki sifat ambisius dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan tertentu

Setelah mempunyai visi dan mimpi yang jelas, seorang pemimpin akan melakukan visi tersebut dengan ambisius dan tekad yang kuat demi mewujudkannya. Tidak peduli berapa banyaknya rintangan yang perlu dihadapi atau seberapa banyak orang mencaci, seorang pemimpin akan tegar dan kuat hingga mimpinya terwujud.

B. Alasan mahasiswa perlu sikap disiplin :

1. Meningkatkan rasa tanggung jawab

Disiplin akan membantu kita menjadi seseorang yang bisa diandalkan, oleh karena itu, perlu tahu tanggung jawab agar bjsa di percaya, hal ini dapat memberikan peluang agar bisa  maju dan dapat berkembang

2. Agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan teratur Dalam melakukan pekerjaan pasti akan mengalami kebingungan tentang hal yang lebih dulu di kerjakan, dengan menyusun jadwal dengan teratur akan mengikuti sesuai rencana dan dapat menyelesaikannya dengan baik jika kita memiliki sikap disiplin

3. Mempunyai kehidupan yang seimbang

Dengan memiliki sikap disiplin kamu akan lebih teratur dan seimbang dalam mengerjakan tugas. Dengan mempunyai sikap disiplin hidup akan terasa lebih lancar.

4. Memfokuskan pada visi yang jelas

Disiplin dapat membantu hidup lebih teratur, lama segala hal dalam dunia ini bukan tentang diri kita saja, jadi kamu perlu mempunyai visi yang jelas tentang hal apa yang mau dilakukan untuk tujuan hidup.

B. Alasan perlu manajemen waktu yang baik : 

1. Melatih menjadi pribadi yang disiplin

Manfaat melakukan manajemen waktu yang baik yakni dengan harus pandai dalam mengelola waktu. Dengan begitu pekerjaan akan lebih terarah karena sudah di atur manajemen nya. Secara tak sadar sebenarnya hal ini melatih diri agar menjadi pribadi yang bisa lebih disiplin.

2.  Membuat pekerjaan lebih tertata rapi

Cara paling mudah yaitu dengan membuat daftar kegiatan dimulai dari yang paling penting ke yang tidak begitu penting, dengan adanya daftar akan menjadi acuan dalam melaksanakan pekerjaan agar berjalan dengan baik.

3.  Menjadikan individu yang profesional

Dengan memiliki manajemen waktu yang baik dapat membantu memetak kan di setiap kegiatan yang akan di kerjakan dan dapat membedakan pekerjaan keluarga, kantor dan pribadi. Sehingga terciptanya pribadi yang lebih profesional.

 Cara menerapkan sikap kepemimpinan, disiplin dan manajemen waktu

A. Cara menerapkan sikap kepemimpinan :

1. Sebelum memimpin orang lain, harus mampu memimpin diri sendiri. Bagaimana caranya? Yaitu dengan berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang di ambil.

Contohnya : Membuat jadwal belajar rutin, lalu terapkan jadwal tersebut di kehidupan sehari-hari.

2. Berperan aktif dalam organisasi atau kegiatan kelompok. Jika ada kesempatan untuk memimpin dalam kegiatan kelompok berinisiatiflah untuk mengambil peran dan tanggung jawab pada posisi tersebut.

Contohnya : menjadi posisi pencatat atau sekretaris, pembicara, pencari ide, wakil ketua atau bahkan menjadi ketua pada kelompok tersebut.

3. Lakukanlah evaluasi diri secara rutin, untuk menilai seberapa jauh kami dapat memimpin baik diri sendiri maupun orang lain.

Contohnya : Saat telah selesai melakukan kegiatan sebagai wakil ketua kelompok, mulailah introfeksi diri apa yang kurang dari diri dan bantulah orang lain memberikan pendapat, lalu mulailah memperbaiki atas kesalahan yang terjadi.

4. Berusaha mengenal potensi diri, salah satu cara untuk mengenal potensi diri contohnya : mengikuti tes gratis di uji potensi di berbagai web salah satunya tes gaya kepemimpinan serta bisa dengan mengikuti kegiatan latihan dasar kepemimpinan yang biasanya di selenggarakan di kampus.

 

 B. Cara menerapkan kedisiplinan :

1. Disiplin terhadap waktu

Time is money, suatu istilah yang sudah tidak asing lagi, dari istilah tersebut diketahui disiplin waktu itu sangat penting semua harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Contohnya : kamu mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas, bermain dengan teman, mengikuti organisasi, nah dari kegiatan tersebut kamu harus melaksanakannya dengan tepat waktu.

2. Disiplin dalam belajar

Disiplin dalam belajar artinya, dalam belajar perlu disiplin yang tinggi agar hasilnya maksimal dan dapat menemukan metode yang tepat bagi diri sendiri untuk bisa memungkinkan pelajaran tersebut dapat di pahami dengan jelas.

Contohnya: Dalam belajar suatu pelajaran misal belajar bahasa asing perlulah menekuni nya agar dapat menemukan metode belajar yang sesuai

3. Disiplin dalam bersikap

Dalam disiplin sikap bagi seorang pemimpin perlulah ditanamkan agar dapat menjadikan contoh untuk orang lain.

Contohnya : tidak mudah marah dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan

 

C. Cara menerapkan manajemen waktu yang baik :

1. Buatlah catatan khusus untuk mengatur jadwal pribadi baik secara manual maupun dengan elektronik.

2. Tulis lah  tanggal, hari, waktu yang berhubungan dengan kegiatan akademik

Contohnya: Mencatat tanggal ujian, tanggal akhir tugas,  tanggal terakhir batas pembayaran uang kuliah, tanggal pendaftaran rencana studi.

3. Susun prioritas kegiatan yang terdapat pada poin a dan b diatas, mulai dari paling utama sampai yang paling tidak utama, sehingga dapat menghasilkan sebuah jadwal rutin mingguan. 

Contoh, anda dapat menyusun jadwal dengan membagi serangkaian kegiatan anda secara berurutan mulai dari pagi hari sampai malam hari.

Citasi :

Sekar Bumi Fahreza. 2019. "Manajemen Waktu kepemimpinan" https://www.scribd.com/document/437263319/Manajemen-Waktu-Kepemimpinan

Teori Kepemimpinan: Pengertian, Tujuan dan Fungsi
https://deepublishstore-com.cdn.ampproject.org/v/s/deepublishstore.com/materi/teori-kepemimpinan/amp/?amp_gsa=1&_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#Teori_Kepemimpinan_Transformasional=&share=https%3A%2F%2Fdeepublishstore.com%2Fmateri%2Fteori-kepemimpinan%2F

Pengertian kepemimpinan menurut pada ahli
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2021/10/pengertian-kepemimpinan-menurut-para-ahli.html

Pengertian Disiplin Menurut para ahli
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/08/20-pengertian-disiplin-menurut-para-ahli.html

Disiplin Kepemimpinan
https://lead.sabda.org/16/oct/2007/kepemimpinan_disiplin_kepemimpinan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun