Mohon tunggu...
Risa Amalia
Risa Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Kota Blitar

Learn. Share. Be Successful.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Model Inquiry di Masa Pandemi Covid 19

29 Juni 2021   23:36 Diperbarui: 29 Juni 2021   23:46 1343
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia saat ini masih dilanda wabah virus Covid-19. Hampir seluruh wilayah Indonesia terkena dampaknya. Covid-19 merupakan salah satu virus yang menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, infeksi pada paru-paru, hingga kematian. Hingga kini masih ada penambahan jumlah masyarakat yang terpapar. 

Di setiap daerah peningkatan jumlah kasus berbeda antara satu dengan yang lainya. Pandemi yang melanda dunia masih belum diketahui kapan akan berakhir. Rasa bosan dan jenuh dirasakan oleh semua anak selaku peserta didik.

Terjadinya pandemi virus Covid-19 di seluruh dunia memberikan pengaruh yang sangat besar di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Selama masa pandemi kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring untuk meminimalkan penularan virus Covid-19. 

Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini penggunaan handphone sudah hal yang biasa dilakukan masyarakat modern. Termasuk dalam belajar mengajar secara daring. 

Dengan memanfaatkan handphone untuk pembelajaran selama masa pandemi ini agar tetap menciptakan pembelajaran yang berkualitas bagi siswa-siswi sekolah.

Pandemi Covid-19 mempengaruhi semua aktivitas kehidupan manusia, pada sektor pendidikan, pemerintah memutuskan untuk mengganti pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring. 

Pembelajaran daring adalah suatu pembelajaran yang dapat mempertemukan peserta didik dan guru atau dosen untuk melaksanakan interaksi pembelajaran dengan bantuan internet (Kuntarto, E. 2017). 

Guru sebagai fasilitator pendidikan bagi siswa harus mampu menyajikan pembelajaran daring yang mampu dilakukan oleh siswa. Pembelajaran daring dengan menggunakan internet dan teknologi multimedia  mampu mengubah cara penyampaian materi pembelajaran dan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas tradisional (Zhang,dkk,2004). 

Media sosial yang digunakan adalah WhatsApp Grup yang digunakan  untuk koordinasi antara guru dan orang tua serta memberikan pertanyaan kepada siswa. 

Dalam pembelajaran daring yang dilaksanakan siswa didampingi secara penuh oleh orang tua. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan WhatsApp Grup dan rumah belajar dengan model pembelajaran inquiry. 

Hal ini dikarenakan guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dan tugas untuk siswa-siswi selama belajar daring dari rumah. Melalui WhatsApp Grup, guru dapat menyampaikan materi-materi yang harus dipelajari siswa. Guru harus bisa memberikan tugas yang bervariasi untuk siswa agar mereka tidak mudah bosan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun