Mohon tunggu...
Nurmarinda Dewi Hartono
Nurmarinda Dewi Hartono Mohon Tunggu... Freelancer - Ririn Marinda

Pendiam di dunia nyata, Menghanyutkan dalam tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Evaluasi Alat Permainan Edukatif di TK

18 November 2021   18:15 Diperbarui: 18 November 2021   18:18 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://elearningindustry.com/4-elearning-course-evaluation-strategies-to-receive-valuable-feedback

Kegiatan evaluasi adalah hal yang tidak boleh dilewatkan dalam proses pembelajaran. Kegiatan evaluasi biasanya dilakukan setelah proses pembelajaran selesai dengan tujuan mengukur dan menilai apakah pembelajaran tersebut sudah baik atau belum. Tidak hanya proses pembelajaran yang dievaluasi, bahan, sumber, dan media pembelajaran juga harus dievaluasi apakah sudah benar-benar membantu tercapainya tujuan pembelajaran tersebut. Kali ini kita akan membahas lebih khusus mengenai evaluasi pada alat permainan edukatif (APE). APE ini biasanya digunakan di jenjang PAUD. Untuk mengetahui apa sebenarnya evaluasi, apa tujuannya, dan bagaimana caranya mari kita bahas bersama. 

Pengertian Evaluasi APE

Yang harus kita pahami terlebih dahulu adalah apa itu evaluasi. Menurut Zainiyati (2017), evaluasi merupakan suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya  kemudian dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan. Fungsi utama dari evaluasi adalah untuk menelaah suatu objek guna mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Dengan demikiann, evaluasi alat permanan edukatif merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan terencana untuk
mengetahui keadaan alat permainan edukatif yang digunakan dalam pembelajaran sehingga nantinya dihasilkan kesimpulan berupa
pengambilan keputusan. Keputusan itu bisa dalam bentuk penggantian, perbaikan, penambahan ataupun pengefektifan. 

Siapakah yang bertanggungjawab terhadap kegiatan evaluasi APE ? tentu saha ini  merupakan tugas dan tanggungjawab guru. Evaluasi penggunaan sumber belajar dilakukan untuk melihat efektifitas penggunaan sumber belajar sudah cukup baik atau perlu
perbaikan. Penilaian terhadap alat permainan yang digunakan perlu dilakukan melalui monitoring dan penilaian secara rinci. 

Setelah mengetahui pengertian evaluasi alat permainan edukatif, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat permainan edukatif membutuhkan kegiatan evaluasi untuk menilai ketepatan dari penggunaan tersebut.

Tujuan  Evaluasi APE

Mengapa perlu adanya kegiatan evaluasi APE ? Berdasarkan pendapat dari  Susilana dan Cepy (2009) evaluasi dalam penggunaan media pembalajaran yang dalam hal ini juga termasuk alat permainan edukatif pada dasarnya memiliki tujuan sebagai berikut:
1. Untuk memilih media pembelajaran yang tepat untuk digunakan
2. Untuk melihat prosedur penggunaan suatu alat
3. Untuk memeriksa tercapainya tujuan penggunaan alat
4. Menilai kemampuan guru dalam menggunakan alat permainan edukatif
5. Memberikan informasi untuk kepentingan administrasi
6. Untuk memperbaiki APE itu sendiri

Evaluasi APE

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun