Pengimplementasian Digitalisasi UMKM
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Nama Mahasiswa :Riqwal Ardi Riatmojo
NBI:1411900217
DPL:Ahmad Habib,S.Kom., M.M
NPP:20460150665
UMKM merupakan usaha kecil yang dikelola secara mandiri oleh pelaku usaha secara konvensional. Karenanya tidak heran apabila UMKM mengalami perkembangan yang lambat. Apalagi pada masa pandemi Covid-19, banyak UMKM yang terpaksa gulung tikar karena tidak bisa melkukan aktivitasnya. Namun ada beberapa UMKM yang bisa bertahan di masa sulit tersebut.
Karena itu, penulis memandang perlunya penggunaan teknologi informatika unmtuk mendukung berlangsungnya kegiatan UMKM sekaligus mengembangkannya dengan menggunakan media digital.
Pada tanggal 10 s.d 22 Juni 2022, penulis melakukan kegiatan pendampingan UMKM dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Sawotratap Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Penulis bekerja sama dengan pemilik Dapur Naira, yaitu Ibu Suryati. UMKM yang dikembangkan oleh Ibu Suryati adalah kue basah dan frozen food.Â
Kue basah ditawarkan yaitu, nagasari, risoles, lumpia, dan tahu fantasi. Selama ini Ibu Suryati menjajakan dagangannya dengan cara menitipkan pada penjual kue di pasar. Juga menerima pesanan secara langsung dari tetangga sekitar. Promosi yang dilakukan juga hanya bersifat gethok tular atau dari mulut ke mulut. Akibatnya tidak banyak orang yang mengetahui produk yang dipasarkan. Padahal kue-kue yang ditawarkan tergolong murah, lezat, dan higienis.
Berdasarkan kondisi tersebut, penulis mengajak Ibu Suryati selaku owner Dapur Naira untuk memasarrkan produk olahannya melalui media sosial, menggunakan aplikasi Whatsapp dan Instagram. Melalui media sosial tersebut, Ibu Suryati dapat menawarkan produk UMKM yang dihasilkannya secara lebih luas.Â
Apalagi didukung dengan pembuatan logo dan brosur, sehingga konsumen dapat lebih mengetahui varian produk, keunggulan produk, serta memudahkan untuk melakukan pemesanan secara daring.
Setelah melakukan digitalisasi UMKM dapat dirasakan peningkatan omset penjualan secara siqnifikan. Hal ini dikarenakan banyak konsumen yang mengetahui dan melakukan pemesanan pada UMKM yang dikelola Ibu Suryati.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa digitalisasi UMKM membawa pengaruh positif pada perkembangan UMKM yang dikelola Ibu Suryati melalui Dapur Naira.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H