Facebook (Metaverse) sebagai pemilik jejaring sosial terbesar merilis laporan jumlah pengguna aktif bulanan mereka mencapai angka 2,91 miliar. Sedangkan Statista melaporkan jumlah pengguna media sosial secara keseluruhan di seluruh dunia mencapai 4,2 miliar.
Angka ini menarik perhatian para pemilik bisnis, tentunya. Apa saja manfaat menarik media sosial marketing yang wajib Anda ketahui? Mari simak penjelasan ringkasnya berikut.
1. Hemat Biaya
Bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan saat ini adalah media sosial marketing. Bukan cuma saat memulai, media sosial marketing bahkan memungkinkan setiap pemilik bisnis meningkatkan traffic penjualan mereka tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, kecuali untuk akses internet.
Banyak platform media sosial yang bisa Anda pilih. Facebook, Instagram, TikTok, Pinterest, Snapchat, Linkedin, dan deretan media sosial lainnya. Bagaimana cara memilih media sosial yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis Anda? Silakan ikuti contoh singkat di bawah ini.
Untuk bisnis yang bergerak di bidang desain grafis, akan lebih baik optimal apabila Anda menggunakan platform media sosial Pinterest dan Instagram. Sedangkan apabila bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, bisa memanfaatkan Youtube. Pun, jika Anda menggeluti bisnis Fesyen, TikTok akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan traffic penjualan.
2. Lebih Efektif
Efektivitas yang ditawarkan oleh pemasaran melalui media sosial paling menarik adalah kemampuan dalam menjangkau target pasar secara lebih spesifik. Dengan mengoptimalkan penggunaan marketing tools, Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan kegiatan mulai dari promosi hingga pengumpulan data dan evaluasi. Tentunya kemudahan ini bisa Anda dapatkan setelah memilih paket berbayar.
Contohnya, apabila Anda menggunakan platform Facebook Bisnis, Anda bisa mengintegrasikannya dengan Instagram dan Whatsapp. Pada halaman beranda Fanpage, Anda bisa memulai iklan otomatis, membuat iklan baruu, mempromosikan postingan, bahkan Anda bisa mengatur promosi untuk postingan Instagram.
3. Brand Awareness
Mengapa media sosial penting dalam strategi pemasaran atau marketing strategy? Pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai angka 170 juta berdasarkan laporan Hootsuite dan WeAreSocial. karena itu, dengan mengoptimalkan media sosial bisnis Anda, akan memperbesar peluang untuk meningkatkan brand awareness.
Hal yang perlu Anda lakukan untuk mencapai target tersebut adalah dengan menghadirkan konten yang dapat menarik perhatian pengguna media sosial. Manfaatkan semua fitur penunjang yang disediakan oleh platform media sosial Anda.
Hal yang paling penting adalah menguasai semua teknik yang dibutuhkan dalam menjalankan digital marketing. Beberapa contoh teknik yang dibutuhkan antara lain copywriting, photo & video editing, akuntansi, dan sederet teknik pemasaran digital lainnya.
4. Jangkauan Audiens
Pemasaran menggunakan media sosial sebagai wadah dapat memperluas jangkauan audiens Anda. Sejauh mana jangkauannya? Jawabannya adalah selama audiens Anda memiliki akses internet dan menggunakan media sosial, maka Anda bisa menjangkau mereka. Dengan lain kata, jangkauan audiens media sosial marketing tidak dibatasi oleh geografis.
Apabila bisnis yang Anda jalani berskala internasional, dengan social media marketing akan memudahkan Anda untuk menjangkau mereka semudah menjangkau audiens lokal atau nasional. Perbedaannya hanya pada penggunaan bahasa yang harus disesuaikan dengan bahasa target internasional.
5. Komunikasi
Apakah Anda ingin lebih dekat dan akrab dengan pelanggan? Tentu jawabannya iya. Fitur chat yang ditawarkan oleh media sosial akan menjawab kendala Anda. Misal, dengan menggunakan Facebook Bisnis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Whatsapp sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan.
Ketika Anda sudah terhubung dengan pelanggan, maka keuntungan akan didapat oleh kedua belah pihak. Dari pihak Anda sebagai pemilik bisnis akan lebih mudah melakukan evaluasi terhadap produk dan bahan/materi promosi.
Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengecek komentar, pesan, atau email dari pelanggan. Sebaliknya, pelanggan Anda akan merasa lebih nyaman ketika bisa bertanya segala hal berkaitan dengan produk yang akan mereka beli.
6. Penyebaran Informasi
Penyebaran informasi melalui media sosial sangat masif. Anda bisa memanfaatkan kemudahan penyebaran informasi tersebut dalam menerapkan strategi pemasaran bisnis. Sebelum menjalankannya, yang pertama harus Anda lakukan adalah meriset perilaku audiens.
Temukan kapan waktu mayoritas dari mereka menggunakan media sosial. Setelah itu, barulah Anda bisa menyebarkan informasi dengan masif dan tepat sasaran.
Informasi yang akan Anda bagi di media sosial bisa dalam segala hal yang relevan dengan bisnis. Anda bisa menjalankan promosi product launching, pengadaan diskon, flash sale, dan seterusnya. Bahkan, hanya dengan memanfaatkan media sosial, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan retargeting.
7. Jangkar Website
Sebesar apa pun  traffic promosi media sosial yang Anda peroleh, tidak akan pernah maksimal tanpa menggunakan website sebagai ruang utama bisnis Anda. Pasalnya, Anda tidak akan bisa menampilkan secara sempurna bisnis Anda hanya menggunakan media sosial.Â
Ketidakmungkinan tersebut hanya akan menjadi mungkin apabila Annda menggunakan website bisnis. Oleh sebab itu, Anda harus selalu mencantumkan tautan menuju website pada setiap akun dan postingan media sosial.
Dibandingkan dengan media sosial, website juga memiliki tools penunjang kegiatan pemasaran yang lebih lengkap. Katakanlah, apabila Anda menggunakan Wordpress sebagai pilihan CMS, Anda bisa menggunakan plugin WooCommerce yang memang didesain untuk website marketing. Karenanya, optimalkanlah media sosial Anda sebagai jangkar penarik kunjungan menuju website.
Sukseskan Media Sosial Marketing Anda di Tahun 2022
"Jangan pernah menyerah ketika gagal." Prinsip ini diamini oleh setiap insan. Seolah setiap usaha yang dilakukan tidak pernah sukses tanpa berpegang pada prinsip tersebut. Begitu pula dalam menjalankan bisnis melalui media sosial.
Jumlah pengguna media sosial yang menembus angka miliaran sangat berpotensi dalam meningkatkan traffic penjualan produk bisnis. Manfaatkanlah pasar yang mahaluas itu dan terapkan strategi pemasaran paling jitu yang Anda kuasai.
Namun, sebelum menjalankannya, Anda harus menyesuaikan produk yang Anda pasarkan dengan platform media sosial yang digunakan oleh mayoritas target audiens.
Teliti, tekun, dan bersabarlah dalam melakukan riset untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kuasailah semua skill yang dapat menunjang kegiatan bisnis Anda di media sosial.Â
Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan Anda mengenai topik social media marketing.
Salam Kawan Kincai
Saya berharap dengan menulis di Kompasiana, dapat meningkatkan traffic kunjungan blog. Dengan demikian, saya bisa mempertahankan blog Kincairai yang saya asuh secara mandiri dapat terus membagikan pengetahuan yang saya dapatkan kepada semua khalayak.
* Artikel ini merupakan ringkasan dari artikel asli yang telah diterbitkan pada blog Kincairai.
** Versi lengkap artikel bisa diakses melalui tautan 7+ Manfaat Menarik Media Sosial Marketing Disertai Penjelasan Lengkap.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H