Mohon tunggu...
Rinjani FC
Rinjani FC Mohon Tunggu... Freelancer - Komunitas pecinta Rinjani

RFC, secara harfiah adalah sekelompok fans yang mencintai Rinjani. Apapun latar belakang profesi kita, apapun keseharian kita, menjadi satu bersama keindahan selama dan di ketinggian 3726 mdpl Rinjani.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Rinjani untuk Negeri, Sinergi Aksi Bersih Rinjani Fans Club dan SAR Lotim

14 Agustus 2023   21:41 Diperbarui: 15 Agustus 2023   09:35 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sembalun, Lombok. Area Geopark Rinjani di Sembalun tampak ramai di tengah hari, Senin (14/8, 2023). Rinjani Untuk Negeri, Aksi Clean Up dan Donasi TPQ Sembalun bertemakan 'Jernihkan Jiwa dan Pikiran Dengan Cinta Alam', dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Lombok Timur (Lotim), H. Supriadi. Peserta pendakian umum, anggota SAR Lotim dan perwakilan Basarnas, serta beberapa sponsor menghadiri pembukaan di aula Geopark Rinjani Sembalun.

Rangkaian kegiatan RUN dimulai Senin, melalui pintu pendakian desa Sembalun di Lotim dan turun melalui Torean di kabupaten Lombok Utara. Kegiatan pembukaan, bakti sosial ke TPQ Sembalun, serta pendakian berlangsung 14 sampai dengan 18 Agustus 2023.

Sambutan sekaligus Pembukaan RUN oleh Kadis DLHK Lotim, H. Supriadi. Dokpri
Sambutan sekaligus Pembukaan RUN oleh Kadis DLHK Lotim, H. Supriadi. Dokpri

Kadis DLHK menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Clean Up dan Bakti Sosial RUN. Ia juga berharap, banyak pihak yang menyelenggarakan kegiatan sejenis, upaya meminimalkan sampah plastik, khususnya di aktivitas pendakian. Ia menekankan ulang, kebiasaan bijak terkait sampah pribadi, sudah sewajarnya dilakukan banyak orang, sehingga wisata alam seperti Gunung Rinjani bisa lestari lebih lama.

Aksi bersih gunung Rinjani dimulai Selasa besok (15/8, 2023). Namun, usai pembukaan, sebagian peserta telah berangkat lebih dulu sebagai 'peluncur' atau tim 'advance'. Sebagian besar peserta lainnya akan melakukan seremoni pelepasan di Rest Area Sembalun di Selasa pagi.

Dua jalur utama, Sembalun dan Torean, menjadi titik awal pendakian. Berikutnya, basecamp Pelawangan Sembalun dan Danau Segara Anak, akan menjadi dua titik pengumpulan sampah dari peserta pendakian RUN. Jadwal pendakian sendiri mengikuti standar umur Simaksi, yakni 4 hari 3 malam.

Kadispar Lotim, Widayat, memberikan sambutan dilanjutkan pembagian doorprize. Dokpri
Kadispar Lotim, Widayat, memberikan sambutan dilanjutkan pembagian doorprize. Dokpri

Sambutan berikutnya disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lotim, Widayat. Tim Dispar Lotim ditemani 4 mahasiswa Poltekpar Makassar yang sedang proses magang. Dalam sambutannya yang senada dengan Kadis DLHK, Widayat mengajak peserta RUN, perwakilan sponsorship yang hadir, untuk meresonansikan kebiasaan bijak kelola sampah pribadi.

"Mari kita kembangkan kebiasaan personal yang baik. Simpanlah sampah kita, jika belum menemukan tempat sampah yang sesuai. Tidak mengikuti kebiasaan umum, yang cenderung membuang sampah sembarangan," tegasnya.

Tim Advance diantar motor sampai batas pengantaran ojek motor. Dokpri
Tim Advance diantar motor sampai batas pengantaran ojek motor. Dokpri

Sunset yang tampak dari area Geopark Rinjani Sembalun, venue utama RUN. Dokpri
Sunset yang tampak dari area Geopark Rinjani Sembalun, venue utama RUN. Dokpri

Kegiatan Rinjani Untuk Negeri, sinergi komunitas RFC di Kompasiana dan SAR Lotim. Beberapa pendaki berasal di Jakarta. Total dukungan sponsorship serta media partner, sebanyak 24 brand. Mulai dari hoteliers, toko-toko peralatan outdoors, UMKM kuliner. Media partner, media cetak Radar Lombok, komunitas relawan pariwisata GenPI Lombok Sumbawa, komunitas Sasak, serta KOLOM (Kompasianer Lombok).

RFC dan SAR Lotim, menyampaikan rasa terima kasih mendalam kepada Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Geopark Rinjani Sembalun, Wardah dan Kahf, Golden Palace Hotel, Antaresta, TOKE, Najima Foods, dan masih banyak lagi brand lainnya. Semua logo dicetak, dibawa mendaki dan di setiap basecamp akan ada konten yang menunjukkan masing-masing brand.

*Sembalun, 14 Agustus 2023 - Admin Muslifa Aseani

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun