Mohon tunggu...
RINI ANJANI
RINI ANJANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Guru Kekinian

25 Februari 2024   19:54 Diperbarui: 25 Februari 2024   19:58 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dok. PPG Prajabatan SMP Laboratorium Percontohan UPI 2023

Mengukir Masa Depan Pendidikan yang Inovatif dan Relevan

Dalam era modern ini, peran guru tidak hanya sebatas memberikan pengetahuan kepada peserta didik, tetapi juga menjadi pelopor perubahan yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Seorang guru kekinian tidak hanya bersifat mendalam dalam pemikirannya, tetapi juga reflektif, adaptif, visioner, dan kolaboratif. Visi guru kekinian ini melibatkan integrasi teknologi, peran aktif peserta didik, pemberian prioritas pada peserta didik, serta pengintegrasian nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran. Guru bukan hanya penyampai informasi, tetapi juga fasilitator pembelajaran yang menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan berkesan. Guru ini memiliki pandangan yang inovatif dan relevan dengan tuntutan zaman modern.

Inovatif merujuk pada kemampuan untuk menciptakan atau mengadopsi sesuatu yang baru dan berbeda dengan cara yang mencolok. Guru yang bersifat inovatif tidak hanya terpaku pada metode pengajaran konvensional, tetapi terbuka terhadap ide-ide baru, teknologi, atau pendekatan yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Guru mencari cara baru untuk menyampaikan materi, merancang kegiatan pembelajaran yang menarik, melakukan inovasi dalam evaluasi pembelajaran dan memanfaatkan teknologi terkini untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Pendekatan inovatif juga membutuhkan kemampuan untuk mengubah praktik pembelajaran yang sudah ada untuk meningkatkan kualitas dan dapat relevan dengan perkembangan zaman.

Relevan berarti sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan konteks yang sedang dihadapi. Guru yang menjadikan pembelajaran relevan memastikan bahwa materi yang diajarkan memiliki kaitan dengan kehidupan sehari-hari, kebutuhan peserta didik, dan tantangan masa depan. Guru memahami dinamika dunia modern dan menciptakan hubungan antara materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata, memungkinkan peserta didik untuk melihat keterkaitan antara pembelajaran di kelas dengan pengalaman mereka di luar kelas. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan yang relevan untuk masa depan.

MISI 

Misi guru kekinian terangkum dalam beberapa aspek utama. Pertama, berupaya mengintegrasikan teknologi secara kreatif dalam setiap sesi pembelajaran. Guru kekinian memahami bahwa teknologi bukan hanya alat, melainkan sebuah peluang dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi perubahan di masa depan. Selanjutnya, guru kekinian mengusung pembelajaran yang mendorong peran aktif peserta didik. Guru menciptakan suasana kelas yang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif, mengembangkan keterampilan kritis, dan menjadi pemecah masalah yang kreatif.

Guru kekinian juga menghadirkan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, mengenali keberagaman individu dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik. Guru menganggap setiap peserta didik sebagai individu yang unik, dan memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan kognitif, emosional, dan sosial mereka.

Sumber: Dok. PPG Prajabatan SMP Laboratorium Percontohan UPI 2023
Sumber: Dok. PPG Prajabatan SMP Laboratorium Percontohan UPI 2023

Mengintegrasikan profil pelajar Pancasila menjadi bagian penting dari misi guru kekinian. Guru membimbing peserta didik untuk memahami nilai-nilai Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak terbatas hanya di dalam kelas namun dilakukan di lingkungan sekolah. Peran ini melibatkan pembentukan karakter yang kuat, etika, dan sikap yang mencerminkan semangat persatuan dan keadilan.

Terakhir, guru kekinian mengamalkan refleksi berkelanjutan sebagai pondasi pembelajaran yang terus-menerus berkembang. Guru secara sistematis mengevaluasi metode pembelajarannya, mencari cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, selalu memperbaharui pengetahuan dan tetap adaptif terhadap perubahan dalam dunia pendidikan. Melalui visi dan misi ini, seorang Guru Kekinian bertekad membentuk generasi yang tidak hanya berpengetahuan, tetapi juga terampil, kreatif, berbudi luhur dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Tujuan

Peserta didik tidak hanya menjadi saksi, tetapi aktor utama dalam pengalaman belajar yang terintegrasi dengan teknologi. Setiap pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat merasakan keterhubungan materi pembelajaran dengan dunia digital yang terus berkembang dan mempersiapkan mereka secara optimal untuk menghadapi berbagai tantangan masa depan. Dengan teknologi sebagai alat pendukung, peserta didik dibimbing untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep modern, serta mengembangkan keterampilan teknologi yang dapat mereka terapkan dalam berbagai konteks kehidupan. Selama proses pembelajaran, fokus tidak hanya terletak pada keunggulan akademis semata. Guru memastikan bahwa setiap peserta didik juga memperoleh penguasaan keterampilan hidup, sehingga mereka dapat menerapkannya dalam mengatasi tantangan sehari-hari serta mendukung kemandirian dan keberhasilan di dunia nyata.

Lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman menjadi landasan bagi pertumbuhan peserta didik. Dalam atmosfer yang menghargai keberagaman, setiap peserta didik merasa diterima dan didukung secara penuh. Lingkungan ini tidak hanya memberikan dukungan akademik, tetapi juga memperhatikan aspek sosial dan emosional. Melalui pendekatan ini, peserta didik tidak hanya menjadi individu yang unggul secara akademis, tetapi juga memiliki keseimbangan emosional dan sosial yang kuat. Peserta didik tidak hanya dilatih dalam keterampilan akademis, tetapi juga diajarkan untuk memiliki hubungan interpersonal yang sehat, kemampuan berkolaborasi, serta kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain. Dengan demikian, mereka menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga penuh empati dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat.

Peserta didik menyelesaikan proses pendidikan dengan bekal keterampilan akademik dasar yang kuat dan keterampilan hidup yang mumpuni. Mereka tidak hanya siap untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, tetapi juga memiliki daya saing dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Dengan demikian, visi pembelajaran ini bukan hanya tentang mencetak lulusan yang pintar, tetapi juga tentang membentuk individu yang tangguh dan siap menghadapi dinamika dunia.

Guru kekinian memainkan peran penting dalam membentuk masa depan bagi peserta didik agar menjadi generasi muda yang unggul. Dengan visi dan misi yang jelas, guru menjadi pelopor perubahan positif dalam dunia pendidikan, mengarahkan peserta didik menuju kesuksesan dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan demikian, guru kekinian adalah pilar utama dalam menciptakan generasi yang siap menghadapi masa depan dengan penuh percaya diri dan keterampilan yang diperlukan.

Disusun oleh : Ridha Ajeng Aprilia, Rina Agustina, Rini Anjani

untuk memenuhi tugas Proyek Kepemimpinan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun