Manusia mengalami dua proses yang saling terkait sepanjang hidupnya yaitu pertumbuhan dan perkembangan:
Pertumbuhan
Merupakan perubahan yang bersifat kuantitatif. Berkaitan dengan peningkatan ukuran dan struktur biologis/fisik, seperti pertumbuhan badan, kaki, kepala, jantung, dan paru-paru. Pertumbuhan merupakan proses fisiologis normal yang terjadi sePertumbuhan, Perkembangan, dan Perkembangan Psikomotorik iring waktu.
Perkembangan
Merupakan proses menuju kesempurnaan yang bersifat tetap dan tidak dapat diulang atau diputar kembali. Terjadi secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Sistematis merupakan perubahan saling mempengaruhi antara fisik dan psikis. Kedua proses ini saling mendukung dan berlangsung terus-menerus dari masa konsepsi hingga meninggal dunia. Individu selalu mengalami perubahan dan tidak pernah statis. Pertumbuhan lebih fokus pada aspek fisik/jasmani, sementara perkembangan mencakup aspek yang lebih luas termasuk fungsi-fungsi psikis dan kemampuan.
Teori Jean Piaget
Perkembangan kognitif bergantung pada interaksi anak dengan lingkungan
Konsep utama dari teori Piaget yaitu skema. Skema adalah kerangka kognitif anak dalam memahami informasi.
Adaptasi skema terdiri dari:
Asimilasi: penyesuaian informasi baru dengan skema yang ada.
Akomodasi: pembentukan skema baru ketika informasi tidak cocok dengan skema lama.