Mohon tunggu...
Rina Bintang
Rina Bintang Mohon Tunggu... Lainnya - There's always something

Karyawati

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Menjaga Semangat Perjalanan 33 Tahun JNE

29 Juli 2024   19:00 Diperbarui: 4 Agustus 2024   18:58 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Suara motor yang berhenti di depan rumah, dilanjutkan dengan sapaan “Permisi, paket....” sudah tidak asing lagi di telinga. Bahkan mungkin itulah hal yang kita nantikan di waktu- waktu tertentu. Sepertinya hal itu adalah hal kecil yang sudah biasa kita rasakan sehari-hari. 

Namun, pernahkah kita berpikir bagaimana paket yang kita terima dapat sampai dalam waktu yang singkat tanpa adanya kerusakan dan kesalahan pengiriman? 

Bagaimana kurir pengantar paket dapat mengakses rute pengiriman yang efektif? Semua itu tentu saja diperlukan pemikiran yang detail dan sistematis. Itulah yang menjadi tugas utama bagi perusahaan ekspedisi dalam melayani konsumennya.

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal dengan JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia. Jaringan dan jangkauan distribusi yang luas, tentu saja membuat setiap kita sudah tidak asing dan bahkan sering menggunakan layanan JNE dalam melakukan pengiriman barang dan dokumen. 

Perusahaan yang resmi didirikan pada tahun 1990 ini, memiliki visi menjadi perusahaan logistik terbesar di negeri sendiri yang berdaya saing global mendorong perusahaan ini untuk terus maju menjadi yang terbaik dan berinovasi demi mencapai kepuasan pelanggan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), logistik mempunyai arti pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan perlengkapan, perbekalan, dan ketenagaan. 

Dengan demikian, Sebagai perusahaan logistik JNE harus mampu menyediakan layanan terkait seluruh kegiatan distribusi barang beserta kelengkapan dan layanan pendukung lainnya.

Selama lebih dari 33 tahun tentu saja banyak tantangan yang dilalui oleh perusahaan ini. Namun tantangan tersebut dijadikan sebagai batu loncatan untuk terus menjadi lebih baik, sehingga JNE dapat tetap bertahan sebagai perusahaan ekspedisi terbesar sekalipun banyak pesaing yang mulai bermunculan. Diawali dengan pengiriman domestik dan adanya sistem drop point. 

Kemudian, seiring kemajuan teknologi dan akses internet membuat JNE mulai menciptakan layanan JNE express untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akibat maraknya bisnis online. 

Seiring berjalannya waktu, maraknya kasus kehilangan paket di Indonesia membuat perusahaan ini terus melakukan inovasi untuk memperlengkapi layanan asuransi pada pengiriman paket untuk menjawab kekhawatiran konsumen akan keamanan paketnya.

Kemajuan teknologi digital juga menjadi tantangan bagi JNE untuk terus berkarya dengan tujuan mempermudah akses bagi konsumen. Untuk itulah di tahun 2014, tercipta aplikasi my JNE.

Tidak hanya fokus pada konsumen retail, kemajuan teknologi digital juga memicu kreativitas perusahaan ini mengembangkan program bagi UMKM melalui e-fulfillment. Dengan demikian, pelaku UMKM dapat fokus pada pengembangan produknya, sedangkan urusan logistik dapat dipermudah dengan program e-fulfillment ini.

Tantangan tidak berhenti dari segi kemajuan teknologi saja. Seakan tak pernah kehabisan energi untuk berinovasi, saat pandemi COVID-19 melanda, perusahaan “dipaksa” untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat dengan berbagai keterbatasan yang ada. Namun, sekali lagi perusahaan ini mampu membuktikan bahwa tantangan yang ada akan dijadikan batu lompatan untuk menciptakan hal baru. Dari keterbatasan itulah mulai dibangun sorting center otomatis yang mampu memproses satu juta paket dalam sehari.

Dari semangat untuk mewujudkan visi perusahaan, ternyata ada manfaat lain yang diberikan perusahaan bagi konsumen dan negara.

1. Bagi Konsumen

Baik konsumen retail maupun pelaku usaha, JNE mampu memberikan kebahagiaan tersendiri sesuai dengan tagline perusahaan ini, yaitu Connecting Happiness. Dengan berbagai layanan yang ada saat ini tentu saja memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian atau pengiriman barang yang dibutuhkan. 

Tarif dan waktu pengiriman sangat beragam, sehingga konsumen lebih leluasa memilih layanan pengiriman sesuai kebutuhan. Layanan yang diberikan juga sangat mendukung gaya hidup masyarakat yang serba cepat dan instan. Kekhawatiran konsumen akan keamana paket juga dapat diatasi dengan adanya penawaran asuransi untuk paket yang dikirimkan.

Bagi pelaku usaha, layanan JNE sangat mempermudah urusan logistik dalam bisnisnya. Kemudahan ini dapat memicu berkembangnya berbagai peluang usaha bagi masyarakat. Khususnya bagi pelaku usaha yang mengandalkan penjualan produknya secara online, pengiriman poduk menjadi salah satu  tahapan penting dalam keberhasilan transaksi.

2. Bagi Negara

Perusahaan logistik dapat memfasilitasi perdagangan domestik dan internasional. Dengan menyediakan layanan pengiriman yang baik dan efisien, perusahaan logistik mampu memperluas pasar bagi pelaku bisinis di Indonesia. 

Hal ini akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara dan meningkatkan daya saing industri. Meningkatnya daya saing industri menyebabkan munculnya berbagai jenis usaha dan UMKM. 

Kemudahan urusan logistik yang ditawarkan oleh JNE, secara langsung akan meningkatkan Produk Domestik Bruto negara kita. Dengan kata lain, tentu saja aktivitas ini dapat meningkatkan pendapatan negara.

Selain itu, dengan dengan pengembangan kantor cabang, dibutuhkan juga tenaga kerja yang semakin banyak. Hal ini terbukti bahwa hingga saat ini JNE telah memiliki lebih dari 50.000 karyawan. 

Kebutuhan tenaga kerja tersebut dapat menurunkan tingkat pengangguran di negara kita dan secara tidak langsung mengurangi tingkat kriminalitas dan menciptakan kesetaraan sosial.

Melihat pola hidup konsumen yang terus berkembang, serba cepat dan instan, maka besar harapan konsumen agar JNE terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Untuk dapat terus bertahan sebagai perusahaan ekspedisi terbesar, maka JNE harus memiliki langkah-langkah yang dinamis. Semangat dalam mewujudkan visi akan selalu memunculkan inovasi baru yang telah dibuktikan dari generasi ke generasi. Tanpa semangat dan kreativitas dalam menghadapi tantangan, tidak akan muncul inovasi yang membuat suatu usaha menjadi maju. Gas terus JNE, hiduplah indah untuk berkarya bagi negeri ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun