Mohon tunggu...
Rina Saputri
Rina Saputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam 45 Kota bekasi

Fakultas Agama Islam program Studi Pendidikan Agama islam

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menelaah Buku Paket Kelas X SMA Islam Al-Azhar

28 Juli 2021   15:16 Diperbarui: 28 Juli 2021   15:42 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menelaah Buku Paket SMA Kelas X Al-Azhar

Oleh: Rina Saputri

Abstrak

Pendidikan agama islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.

Pendidikan agama islam di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketakwaan berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Akhlak

Pendahuluan 

Buku Pendidikan Agama Islam SMA Al-Azhar kelas X edisi revisi sudah mengacu pada kurikulum 2013 kemendikbud, khusus untuk pelajaran PAI ini diperkaya dengan kurikulum khas Al-azhar yang berbasis imtak sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran di lingkungan SMA Islam Al-Azhar. Melalui buku ini diharapkan proses pembelajaran di SMA Al-azhar dapat lebih efektif, efesien, dan berkarakter sehingga murid mendapat pengalaman belajar yang bermakna dalam menumbuhkan dan meningkatkan kompetensinya.

Tentu saja buku pendidikan agama islam Al-azhar ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan pada beberapa hal, penelitian yang saya lakukan untuk menemukan kekurangan dan kelemahan dalam buku ini, Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah pengetahuan tentang materi yang ada dalam buku ini dan dapat memberikan masukan efektif terhadap penulis buku atas kekurangan dan kelemahan di dalam buku paket pendidikan agama Islam SMA Al-azhar kelas X.

Pembahasan

Deskripsi Buku

Judul : Pendidikan Agama Islam Kurikulum Al-Azhar Mengacu Kurikulum 2013

Jenjang/Kelas: XII

Penulis : faizah, S.Ag. Boden Hermansyah, S.Ag.

Editor : Drs. H. Amliwazir Saidi

Penerbit : Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar

Edisi Revisi : 01 juni 2015

Halaman/Bab: 202 halaman/15 bab

Bab-Bab dan Penjelasan Singkat

Bab 1 : Dinul Islam

Pada bab ini membahas tentang pengertian dinul islam menurut bahasa,menurut istilah,tujuan dinul islam dan ruang lingkup dinul islam, sedikit dijelaskan bahwa Dinul Islam yang arti sederhananya "Agama Islam" adalah agama yang ajarannya sangat sempurna karena datang langsung dari Allah SWT. Dinul islam dibawa dan diajarkan oleh para Nabi dan Rasul, sejak Nabi Adam AS, hingga Nai Muhammad SAW Sebagai nabi terakhir.

Bersumber dari kitab-kitab Allah dan sunnah para Nabi yang bersangkutan. Dinul Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Bersumber pada Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW. Oleh karena itu Dinul Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Merupakan Din (Agama) yang paling lengkap serta satu-satunya agama yang di ridhoi Allah SWT.

Bab II : Iman Kepada Allah

Pada bab ini membahas tentang Pengertian Iman Kepada Allah, Unsur-Unsur Iman kepada Allah, Sifat-Sifat Allah dan Asmaul Husna. Penjelasan pada bab ini sangat lengkap sehingga dapat menambah khazanah pengetahuan peserta didik, dijelaskan pada bab ini bahwa Pengertian iman secara umum adalah mempercayai dan meyakini semua hal yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hal ini berarti termasuk mengenai ketuhanan Allah SWT dan juga kebenaran Al-Quran. Iman secara bahasa sendiri artinya adalah percaya. Namun secara istilah, iman bukan sekedar kepercayaan yang ada dalam hati namun juga harus diwujudkan lewat lisan dan perbuatan.

Bab III : sholat Khusyuk

Pada bab ini membahas seputar sholat, pengertian sholat,sholat khusyu', kiat sholat khusyu', keistimewaan shalat khusyu', dijelaskan dibuku ini bahwa sholat lima waktu tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi apapun, Allah telah memberikan keringanan (rukhshoh) bagi hamba Allah yang dalam kondisi tertentu tidak dapat melaksanakan shalat sempurna seperti yang ditetapkan dalam al-Quran dan Hadis. Bagi muslim yang meninggalkan shalat maka ia telah kafir. Dan kita melaksanakan sholat seorang hamba diharapkan dapat sholat secara khusyu, khusyu adalah sikap tenang,tentram, perlahan-lahan, penghormatan dan ketundukan, serta sikap yang disertai perasaan takut kepada Allah dan perasaan selalu diawasinya.

Bab IV : Dzikir dan Doa

Pada bab ini membahas seputar Dzikir dan doa, pembahasan dalam bab ini ditulis dengan sangat terperinci sehingga dapat menambah khazanah pengetahuan peserta didik dan juga dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, manusia harus senantiasa berdoa dan berdzikir kepada Allah, karna manusia diciptakan Allah dalam keadaan lemah dan sering tidak mampu menghadapi masalah kehidupan, karna itu doa adalah sumber kekuatan baginya. Dan Dzikir menjadikan hati manusia tenang dan dapat mendekatkan diri kepada Allah, semakin banyak berdzikir semakin dengan Allah sebaliknya semakin dia Lalai,Maka Allah akan semakin jauh.

Bab  V : Sumber Hukum Islam

Pada bab ini membahas sumber hukum Islam, yaitu Al-Quran, Al-Hadis, Ijtihad dan juga membahas tentang hukum Taklify. Al-Quran adalah kitab suci yang diwahyukn Allah Swt kepada Nabi Muhammad  Saw, sebagai rahmat dan petunjuk bagi manusia dalam hidup dan kehidupan. Dan hadis adalah perkataan Nabi  Muhammad Saw, perbuatannya, dan taqrirnya. 

Hadist ini sebagai sumber hukum islam yang kedua setelah Al-quran. didalam buku ini materi tentang hadis ditulis secara teperinci pembahasannya yaitu bentuk-bentuk hadis, unsur-unsur hadis, macam-mcam hadis, fungsi hadis. ijtihad adalah sumber hukum Islam yang ketiga setelah Al-Quran dan Al-hadis. Kemudian hukum taklify adalah hukum yang harus ditaati bagi orang yang sudah mukallaf (pribadi muslim yang sudah dapat dikenai hukum).

Bab VI Akhlak karimah

Pada bab ini membahas tetang macam-macam akhlak karimah, yaitu husnudzon (prasangka baik), Mujahadah (kontrol Diri), Ukhuwah (Persaudaraan). Diantara isi kandungan Al-Quran adalah Akhlak,didalam terdapat aturan-aturan yang jelas yang mengajarkan tentang Akhlak, baik akhlak terhadap Allah, sesama maupun diri sendiri. Contoh tokoh yang paling patut dijadikan suri tauladan dalam kehidupan adalah rasulullah, Nabi besar Muhammad Saw.

"sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Bab VII Strategi Dakwah Nabi Priode Mekkah

Pada bab ini membahas mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad periode Mekkah, Ajaran Islam pada periode Mekkah, tantangan dakwah Nabi dikota mekkah, hijrah, dan tahun kesedihan/Amul Huzni. 

Materi pada bab 7 ini ditulis dengan sangat ringkas sehingga memudahkan peserta didik untuk memahami Sejarah dakwah Nabi muhammad Saw pada periode mekkah, strategi dakwah yang dilakukan Nabi pada periode mekkah yaitu berdakwah secara rahasia dan sembunyi-sembunyi, lalu berdakwah secara terang-terangan dan terbuka.

Ajaran Islam pada periode Mekkah yaitu : ketauhidan/ keesaan Allah, hari pembalasan,kesucian jiwa, persaudaraan dan persatuan. Tantangan dakwah Nabi dikota mekkah adalah banyaknya kaum qurais yang menentang dakwah Nabi, mereka melakukan segala cara untuk menghentikan dakwah nabi salah satunya dengan cara mengirimkan Ut'bah bin Rabah, Utbah datang kepada Nabi untuk menawarkan harta, tahta dan wanita agar Nabi mau menghentikan Dakwahnya, tetapi semua tawaran Utbah bin Rabah tersebut ditolak oleh Nabi.

Bab VIII : Iman Kepada Malaikat

Pada bab ini membahas tentang Iman kepada Malaikat sub bab nya, pengertian Iman kepada Malaikat, Kendudukan Iman kepada Malaikat, penciptaan malaikat, perbedaann malaikat dan manusia, nama-nama Malaikat dan tugas-tugasnya, Amalan yang didoakan dan dilaknat oleh Malaikat, Fungsi Iman kepada Malaikat. Pembahasan materi pada bab Iman kepada Malaikat ini sangat lengkap dan terperinci sehingga peserta didik dapat sangat memahami materi mengenai iman kepada malaikat. 

Materi yang dituliskan dibuku ini bukan hanya nama-nama Malaikat dan Tugasnya saja melainkan dituliskan juga materi Amalan yang didoakan dan dilaknat oleh Malaikat, sehingga peserta didik dapat mengamalkan amalan yang didoakan oleh malaikat dan menjauhi/meninggalkan amalan yang dilaknat oleh malaikat dengan niat hanya karena Allah.

Bab IX : Zakat

Pada bab ini membahas mengenai zakat, sub bab nya yaitu pengertian zakat, zakat Fitrah/ zakat nafs, syarat-syarat wajib zakat fitrah, waktu pembayaran zakat fitrah dan hukumnya, zakat mal, daftar nisab dan besar zakatnya, zakat hasil pertanian/perkebunan, zakat harta hasil tambang, zakat harta rikaz, manfaat zakat, orang-orang yang berhak mendapat zakat, infak dan sedekah, dan pelaksanaan zakat diindonesia.

Bab X : Wakaf

Pada bab ini membahas tentang wakaf, sub bab dalam bab ini yaitu pengertian wakaf, dasar perintah wakaf, rukun dan syarat wakaf, keutamaan atau hikmah wakaf, pelaksanaan wakaf di indonesia.

Bab XI : Akhlak Mazmumah

Pada bab ini membahas tentang akhlak Madzumah (perbuatan tercela) yaitu : Hasud/hasad : dengki, riya, aniaya/zholim, diskriminasi, takabur, munafik, fasik

Bab XII Akhlak Karimah

Pada bab ini membahas tentang, Adab berpakaian atau berhias diri, hal-hal yang dianjurkan dalam berpakaian dan berhias diri, hal yang terlarang dalam berpakaian dan berhias diri. Adab berpegian, Adab atau tatakrama sebelum berpegian, adab slama dalam perjalanan, adab sesudah perjalanan, dan adab bertamu dan menerima tamu, pembahasan pada bab ini sangat terperinci, penulis melengkapi setiap pembahasan dengan ayat Al-Qur'an yang sesuai, terdapat juga beberapa hadist yang berkaitan dengan pembahasan.

Bab XIII Pergaulan Bebas

Pada bab ini membahas tentang perkataan keji, perbuatan zina dan pertanggung jawabannya, pada bab ini bukan hanya memaparkan pengertian dari perkataan keji dan perbuatan zina saja, tapi juga memaparkan solusi cara mempertanggung jawabkan perbuatan tersebut dan cara mencegah perbuatan tersebut, jadi materi yang dituliskan pada bab ini sangat menambah khazanah pengetahuan peserta didik di jenjang SMA, agar lebih berhati-hati dalam berucap/berbicara dan lebih menjaga diri dan memohon agar dijauhi oleh Allah dari perbuatan zina.

Bab XIV Semangat Menuntut Ilmu

Pada bab ini membahas seputar Ayat Al-quran tentang orang yang menuntut ilmu, dilengkapi dengan Asbabun nuzul ayat, kandungan ayat dan intisari Ayat kemudian juga ada pembahasan tentang derajat orang berilmu, keutamaan ilmu dari pada harta dan yang terakhir prilaku orang yang cinta pengetahun.

Bab XV Dakwah Rasulullah Di Madinah

Bab ini membahas tentang keadaan kota madinah sebelum kedatangan islam, keadaan kota madinah setelah nabi hijrah, dan sikap-sikap terpuji yang dimiliki oleh penduduk madinah, yaitu sikap rela berkorban, strategi dakwah nabi dikota madinan, rintangan terhadap dakwah nabi dikota madinah. Dan juga dilengkapi dengan sejarah perang uhud, perang khadad yang dilakukan Nabi di madinah.

Bab pilihan : Bab XI Akhlak Mazmumah.

Allah SWT menghimbah hamba-hambanya yang beriman agar menjauhi Akhlak Mazmumah atau tabiat tercela. Prilaku buruk ini menunjukkan lemah nya keislaman seseorang dan menjadi tolok ukur imannya kepada Allah Swt. Hal ini tergambar dalam sabda Nabi muhammad SAW:''

Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah yang paling baik akhlaknya ,"H.R TIMIDZI.

Adapun perbuatan tercela tersebut adalah sebagai berikut :

A. Hasud/hasad : dengki

Pengertian dengki adalah perasaan ingin memiliki dan menguasai sesuatu yang dimiliki orang lain dengan diikuti perbuatan yang merugikan dan mencelakakan orang lain tersebut.

Akibat / kerugian dari sikap hasad ini adalah :

1. dapat merusak iman. Rosulullah bersabda ;

Artinya : hasad itu dapat merusak iman sebagaimana jadam merusak madu. HR AD DAILAMI.

2. dapat merusak persaudaraan dan menghilangkan segala kebaikan yang pernah dilakukan. Nabi Muhammad SAW bersabda :

Artinya : jauhilah dirimu dari hasad karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api yang membakar kayu bakar. HR. Abu daud

3. pelaku hasad tidak disenangi dalam pergaulan karena akibat perbuatan hasadnya dapat menimbulkan keresahan di masyarakat

4. pelaku hasad tidak akan pernah tenang dan tenteram dalam hidupnya.

B. Riya

Pengertian riya adalah pamer atau memperlihatkan amal baik dan ibadahnya atau berbuat kebaikan tidak dengan niat ikhlas kepada Allah tetapi hanya untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

Hampir sama dengan riya adalah Sum'ah artinya memperdengarkan atau menceritakan amal ibadah kepada orang lain agar terlihat seperti orang alim dan bermaksud mendapatkan pujian

Bahaya akibat riya antara lain dapat :

1. dapat menghilangkan pahala kebaikan, karena ibadah yang dilakukan tidak diniatkan karena Allah. Sabd Nabi Muhammad saw.

Artinya : sesungguhnya amal-amal itu harus dengan niat dan sesungguhnya setiap amal itu tergantung pada niatnya HR Bukhori Dan Muslim

2. pelaku riya tidak disenangi dalam pergaulan di masyarakat

3. pelaku riya akan dicampakkan kedalam api neraka.

C. Aniaya/ Zholim

Secara bahasa aniaya adalah perbuatan yang bengis, kejam dan tidak sepantasnya dilakukan. Perbuatan aniaya dapat dilakukan terhadap Allah, orang lain, diri sendiri maupun pada alam lingkungan sekitarnya seperti tumbuhan dan binatang.

Perbuatan aniaya terhadap Allah seperti orang yang tidak mau melaksanakann perintah Allah, tidak mau meninggalkan yang haram dan lain-lain. Bentuk aniaya terhadap diri sendiri antara lain membiarkan dirinya dalam kekafiran, malas mencari ilmu, putus as dan butuh diri.

Perbuatan aniaya sangat dibenci oleh Allah sesuai firmannya dalam al-quran

Artinya : Barang siapa yang melanggar hukum Allah maka mereka itulah orang-orang yang zholim. QS al-baqoroh 2;229

Kerugian sifat Zholim antara lain :

1. tidak disenangi dalam pergaulan di masyarakat

2. mencemarkan nama baik/martabat dirinya dan seluruh keluarganya

3. pelku zholim kalo tidak segera bertobat maka akan dicampakkan kedalam api neraka

4. tidak mendapatkan ketenangan hidup karna dibayang-bayangi oleh ketakutan

5. jika di masyarakat pelaku zholim sudah banyak serta merajalela dan mereka tidak mau bertobat maka tidak mustahil Allah akan mendatangkan azab.

D. diskriminasi

Pengertian diskriminasi adalah sikap membedakan perlakuan kepada orang lain berdasarkan status sosial dan ekonomi, ras, agama, suku bangsa dan lain-lain

Islam sangat melarang sifat diskriminasi karena islam sebagai agama yang universal dan menjadi rahmat bagi semua umat

E. takabur

pengertian takabur/sombong adalah memandang diri sendiri lebih baik dan diikuti tindakan yang merendahkan harkat dan martabat orang lain.

Sikap takabur dilarang oleh islam dan merupakan sifat yang dibenci oleh Allah sesuai firmannya :

Artinya : sesungguhnya dia Allah tidak menyukai orang yang sombong Q.S an-nahl:23

Bahaya sikap takabur antara lain :

1. tidak disukai dalam pergaulan dimasyarakat

2. menimbulkan sikap iri dan dengki

3. diancam dengan siksa neraka sesuai firman Allah dalam Al-quran

Artinya : sesungguhnya orang yang sombong tidak mau menyembah kepadaku akan masuk kedalm neraka jahanam dalam keadaan hin dina Q.S. al-muk'min :60

F. munafik

Munafik berasal dari kata nifak yang berarti pura-pura,dengan kata lain munafik adalah orang yang berbeda antara perbuatan yang dia lakukan dengan hatinya/niatnya

g. fasik

pengertian fasik, menurut kamus bahasa indonesia S.Wojo wasito fasik berarti tidak sungguh-sungguh menjalankan agamanya, jika ia orng islam maka keislamannya hanya symbol belakang.

Kelebihan dan Kekurangan

* Kelebihan dari buku ini, dari segi materi penulisannya pada setiap bab itu sudah sangat lengkap dan terperinci, dituliskan juga dengan bahasa yang mudah dipahami peserta didik, sehingga setiap penjelasan dari buku ini dapat diambil ilmunya dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, kemudian dari segi bab, bab pada buku ini lengkap, ada 15 bab yang secara keseluruhan sangat menunjang proses pembelajaran di SMA N Islam. Al-Azhar untuk jenjang kelas X ini, kelebihan berikutnya yaitu pada buku ini disetiap bab pembahasan slalu dicantumkan ayat Al-Quran dan hadist Nabi sehingga para peserta didik bisa lebih memahami materi pada setiap bab.

* Kekurangan dari buku ini yaitu terdapat kesalahan pada penamaan judul bab, dan terdapat beberapa kesalaham dalam pengetikan, baik kesalahan huruf atau tidak sesuai dengan EYD penulisan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Kritik/Masukan

Menurut saya setelah membaca dan memahami, menelaah buku ini, secara keseluruhan buku ini sudah sangat bagus dan layak digunakan untuk penunjang proses pembelajaran di SMA Islam Al-Azhar. Hanya saja ada sedikit kesalahan dalam pengetikan dan penggunaan kata yang sesuai dengan kaidah penulisan EYD bahasa indonesia yang baik dan benar, dan juga ada kesalahan dalam penulisan judul bab materi, semoga kedepannya penulis bisa lebih memperhatikan agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang menimbulkan salah pemahaman dalam memahami materi yang dipaparkan.

            Kesimpulan

Pendidikan agama islam di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslimyang terus berkembang dalam hal keimanan, ketakwaannya, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

. Referensi

- Buku Paket Pendidikan Agama Islam Kurikulum Al-Azhar Mengacu Kurikulum 2013.

 

 

 

 

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun