Mohon tunggu...
Rina Adityana
Rina Adityana Mohon Tunggu... Guru - Guru Sejarah SMA Tarakanita 2 Jakarta/ Wakil Kurikulum SMA Tarakanita 2/ Kepala Sekolah SMA Tarakanita 2/ Staf Devisi Pendidikan Yayasan Tarakanita Wilayah Jawa Tengah

Pendidikan menjadi sangat penting bagi perkembangan suatu bangsa. Sebagai pendidik bertanggungjawab atas transfer pengetahuan dan proses pemahaman akan kehidupan. Setiap hari menjadi peristiwa penting dalam kehidupan mejadi goresan sejarah. traveling dan eksplore tempat-tempat baru terutama tempat bersejarah menjadi hal yang sangat menyenangkan guna mendokumentasikan setiap moment setiap saatnya. Meniti karir dari guru Sejarah di SMA, menjadi pendamping ektrakurikuler paduan suara dan teater, pendamping lomba karya tulis ilmiah maupun essay, menjadi guru tata tertib, guru piket, wali kelas, pembina OSIS, wakil kurikulum, hingga menjadi kepala sekolah. Ketika kurikulum berganti dari 2006 menjadi 2013 saya terlibat sebagai tim kurikulum dan ketika kurikulum 2013 harus diterapkan secara full di semua sekolah, saya terlibat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Ketika kurikulum 2013 harus mengalami perubahan menjadi kurikulum merdeka saya kembali mengikuti perubahan itu dan ikut program kepala sekolah pengerak serta berhasil membawa SMA Tarakanita 2 Jakarta sebagai sekolah pengerak angkatan 2.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Infomo: Solusi Periklanan Pemasaran Produk UMKM "SPIXMA"

3 Desember 2022   22:05 Diperbarui: 3 Desember 2022   23:06 773
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
"SPIXMA" unit produksi SMK Pius X (Doc. Pribadi)

SMK Pius X Magelang, merupakan sekolah menengah kejuruan dengan 2 jurusan bidang keahlian yaitu tata boga (kuliner) dan tata busana (fashion). Sebagai sekolah kejuruan diharapkan pada akhirnya mampu menghasilkan lulusan yang siap untuk membuka lapangan usaha baru. 

Salah satu mata pelajaran yang berhubungan dengan kesiapan siswa dalam dunia usaha adalah kewirausahaan, selain itu para siswa di tutut untuk praktek kerja lapangan di unit-unit usaha yang sesuai bidang mereka.

Seiring dengan kebutuhan tersebut SMK Pius X melengkapi kebutuhan siswa dengan bengel anak-anak praktek. Mengawali membuat usaha kecil-kecilan yaitu membuat makanan hasil belajar praktek, kemudian berkembang dengan membuat berbagai macam snack untuk kebutuhan berbagai acara dan kegiatan intern.

Semakin lama usaha tersebut semakin berkembang hingga akhirnya memiliki unit produksi yang setiap hari membuat menu makan berat, snack basah, roti, bahkan hingga kue kering. Unit produksi ini merintis menjadi UMKM dengan nama "SPIXMA".

Proses Finishing Kue Basah dan Kue Kering (Doc. Pribadi)
Proses Finishing Kue Basah dan Kue Kering (Doc. Pribadi)

UMKM "SPIXMA" yang berada di Magelang selama ini hanya memasarkan produksi dan mengenalkan pada masayarakat luas sekedar menggunakan cara tradisional yaitu dari info satu orang ke orang lain, share lewat WhatsApp, posting di social media seperti Instagram dan facebook. Dengan media promosi yang sangat sederhana dan tampak kurang profesional karena kurangnya pengelolaan, tentu saja hasilnya tidak terlalu maksimal baik mengenai bagaimana produk-produk makanan dapat dikenal secara luas serta permintaan dari pelanggan. 

Keterbatasan finansial pasti menjadi salah satu kendalanya, ditambah kurangnya sumber daya yang mampu mengelola marketing, pembelajan, penjualan/ pemasaran, hingga pengelolaan keuangan, dan yang paling penting adalah untuk mendapatkan suntikan modal usaha guna memperluas jangkauan pemasaran. 

"SPIXMA" yang awalnya hanya memenuhi kebutuhan intern sekolah, perlahan karena pandemi justru memberi peluang untuk membuka usaha catering memenuhi kebutuhan seluruh karyawan Yayasan Tarakanita di Kota Magelang sekitar 150 porsi setiap harinya selain untuk kebutuhan makan juga termasuk snack.

Salah satu rumah sakit di kota Magelang yaitu RS Harapan juga menjadi salah satu custumer tetap, dimana setiap hari "SPIXMA" harus memenuhi kebutuhan snack. "SPIXMA" juga membuka pelayanan kantin untuk SD Tarakanita Magelang, SMP Tarakanita Magelang, SMA Tarakanita Magelang, dan pastinya untuk SMK Pius X Magelang sendiri. Belum lagi permintaan-permintaan tertentu untuk acara khusus di Gereja ataupun kegiatan-kegiatan besar lainnya.

Salah Satu promosi
Salah Satu promosi "SPIXMA" (Doc. SMK Pius X)

Untuk saat ini selain kue basah, makan berat seperti nasi box dan prasmanan, "SPIXMA" juga melayani pesanan kue-kue kering ataupun hampers untuk acara-acara tertentu. Moment seperti hari besar Natal, Tahun Baru Imlek, Idul Fitri menjadi kesempatan bagi SMK Pius X Megalang mendapatkan order yang cukup banyak. 

Untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan tersebut maka yang akan mengerjakan pesanan tersebut adalah siswa-siswi kelas XII sekaligus sebagai praktek mereka bagaimana mulai membuat, mengemas, membuat promosi, hingga pemasarannya. Tentu saja proses ini melibatkan guru-guru yang mendampingi. Sebagai pegawai tetap untuk produksi setiap harinya tentu saja ada. Hanya pada moment khusus melibatkan siswa untuk magang.

Pendampingan Guru ketika proses produksi (Doc. Pribadi)
Pendampingan Guru ketika proses produksi (Doc. Pribadi)

Ditengah tuntutan digitalisasi yang berkembang semakin pesat terutama efek pandemi, kehadiran INFOMO menjadi salah satu solusi periklanan layanan lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan customer/ mitra INFOMO. INFOMO sebagai platform pemasaran & periklanan inovatif yang memberikan peluang bagi operator telekomunikasi, penerbit, dan pemilik media untuk membuka peluang pertumbuhan yang menguntungkan.

SMK Pius X yang berada di kota Magelang merasa bahwa Infomo hadir menjadi salah satu kegelisahan yang muncul saat ini. Bukan sekedar tuntutan agar unit produksi atau usaha kuliner "SPIXMA" yang dikenal tapi juga bagaimana mengajarkan pada siswa-siswi SMK Pius Magelang mengenai periklanan yang baik, sehingga ketika mereka lulus dan membuat usaha, mereka juga mampu memanfaatkan apa yang ditawarkan oleh INFOMO.

INFOMO menawarkan bantuan pengiklanan dengan memperhatikan sekali kekuatan dan keunikan dari data yang dimiliki customer sehingga akan menghasilkan gambaran yang relevan tentang usaha customer. Dengan asset jaringan dan data yang dimiliki maka INFOMO mampu menciptakan layanan pelanggan yang lebih inovatif dan aliran pendapatan yang baru.

Keberadaan INFOMO tidak perlu diragukan lagi, sebagai perusahaan yang berdiri sejak 2017, INFOMO telah memiliki banyak cabang dengan 5 kantor utama yaitu di Australia, Singapura, India, Vietnam, dan Indonesia. Sebagai perusahaan layanan Advertising Technology (AdTech) yang memberikan rangkaian lengkap layanan pemasaran langsung kepada pengiklan, penerbit digital, pemilik media tradisional, dan perusahaan telekomunikasi. 

INFOMO mampu menghubungkan langsung pelaku UMKM dengan pelanggan. INFOMO telah bekerjasama dengan SMESCO yang merupakan lembaga resmi di bawah Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang bertugas untuk membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah.

Live Podcast (Doc. Kompasianival)
Live Podcast (Doc. Kompasianival)

Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama SMESCO Indonesia hadir sebagai salah satu narasumber dalam Sesi Live Podcast dengan tema "Menghubungkan UMKM Langsung Kepada Lebih dari 100 Juta Data Pelanggan Nasional" menyampaikan bahwa SMESCO mendorong untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pelaku UKM agar dapat naik kelas sehingga mampu menembus pasar internasional.

Kita bisa bekerjasama dengan SMESCO dengan mendaftarkan usaha kita sebagai mitra mereka. SMESCO juga dapat membantu untuk pembuatan legalitas badan usaha kita. Berbagai program dan penawaran platform yang mendukung penjual aktif mencari pembeli melalui berbagai daftar permintaan. Dengan demikian pengelolaan keuangan UMKM juga dapat lebih terkondisikan.

Perpaduan antara INFOMO dan SMESCO ini sungguh mampu membangun masa depan UMKM menjadi lebih baik. Digitalisasi akan menjadi percepatan bagi UMKM untuk semakin mengudara bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negri. Mulai dengan mengenal kemudahan-kemudahan yang ditawarkan INFOMO serta SMESCO, harapannya dengan berbagai tawaran transparansi serta efisiensi membawa perubahan bagi usaha-usaha kecil. 

Demikian pula untuk unit produksi SMK Pius X Magelang "SPIXMA" semoga lebih berkembang lagi. Pandemi akan memulihkan perekonomian Indonesia dengan bantuan INFOMO dan SMESCO. SMK Pius X Magelang siap menjadi agen perubahan dalam mendukung majunya UMKM di Indonesia melalui setiap lulusannya.

SMK Pius X Siap mendukung kemajuan UMKM Indonesia bersama INFOMO (Doc. Pribadi)
SMK Pius X Siap mendukung kemajuan UMKM Indonesia bersama INFOMO (Doc. Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun