. . : " ". : " ( ) ". .
. . . . ( :.:75)
: . . . . .
: . ( : 2018)
    : . . . . . ( :2014 : 25).
: . ( :2022 :66).
terjemahan
Tata bahasa dan kaidahnya
Aturan adalah bahasa jamak dari aturan, yang merupakan sistem, aturan, keputusan dan fondasi, dan itu adalah asal dan fondasi sesuatu, seperti aturan rumah, fondasi dan fondasinya di mana seseorang berada. dibuat. Dan aturan secara idiomatis adalah sesuatu dari sistem yang menjadi acuannya. Ulama mengatakan tentang tata bahasa.
Muhammad Ali al-Khouli mengatakan: "Ilmu yang mempelajari struktur kalimat, yaitu susunan kata-kata di dalam kalimat." Kamal Bishr berkata: "Tata bahasa (ilmu tata bahasa) bukanlah bahasa, tetapi sistem aturan dan hukum yang mengatur aturannya, dan yang sesuai dengan itu orang-orang bahasa melanjutkan."Â
Kesimpulannya, konsep tata bahasa adalah ilmu yang mempelajari cara membaca kalimat dalam bahasa Arab dan mengetahui maknanya.Ini adalah sarana menghafal ucapan, pengucapan dan penulisan yang benar yang membantu pembelajar berbicara dan menulis dalam bahasa yang tepat. bahasa yang benar, artinya tata bahasa adalah sarana untuk mengevaluasi bahasa siswa dan melindungi mereka dari melodi dan kesalahan, membantu mereka dalam akurasi ekspresi dan integritas kinerja untuk menggunakan bahasa dengan benar.
Ada banyak cara untuk mengajarkan tata bahasa, pertama metode induktif. Metode ini tergantung pada pengetahuan siswa tentang penggunaan metode investigasi.Â
Metode ini guru berinvestasi dalam informasi lama, dan menghubungkannya dengan informasi baru, menggunakan metode generalisasi, atau aturan, dan siswa harus menemukan informasi itu sendiri. Kedua, metode standar Metode ini bergantung pada transfer penilaian dari keseluruhan ke bagian, dan dari prinsip ke hasil, dan dengan demikian pikiran menjangkau dari yang tidak diketahui ke yang diketahui.Â
Oleh karena itu merupakan metode yang mudah, cepat dan membantu dalam menghafal.Ketiga, metode dialog pada hakikatnya didasarkan pada diskusi dan menginvestasikan pengalaman siswa sebelumnya untuk mengarahkan aktivitas mereka menuju pencapaian tujuan tertentu.
Pertanyaan harus dipersiapkan dengan baik, dengan mempertimbangkan kejelasan akun, urutan, ketertiban dan distribusi yang adil kepada siswa. Keempat, metode modifikasi, yang disebut metode teks integratif, dan disebut juga metode metode terhubung, dan merupakan metode yang hampir menggabungkan keunggulan metode sebelumnya. (Izzatullailah:75)
Pendidikan tata bahasa memiliki masalah dan kesulitan sebagai berikut: Pertama, banyaknya aturan gramatikal dan morfologis, kompleksitasnya dan banyak detailnya sedemikian rupa sehingga tidak membantu untuk menginstal konsep-konsep ini di benak siswa, tetapi malah mempersempitnya. , banyak aturan tata bahasa yang diajarkan kepada siswa di sekolah tidak mencapai tujuan fungsional dalam kehidupan siswa.Â
Ketiga, pengajaran kaidah tata bahasa terbatas pada aspek formal membangun struktur kata atau menyesuaikan akhir kata, dan tidak memperlakukannya dengan apa yang menghubungkannya dengan makna. penggunaan bahasa daerah dalam pengajaran mata pelajaran tersebut Kelima, mata kuliah tidak memperhatikan urutan bab tata bahasa aturannya dan pendalaman konsep secara bertahap, tetapi banyak dari mereka tidak peduli dengan detail penting yang memperjelas aturan dan membantu untuk memahaminya.
Untuk memudahkan aturan mengajar, guru dapat menggunakan alat peraga, dan pentingnya adalah: menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik, mengidentifikasi informasi bagi individu untuk berkomunikasi, memurnikan keterampilan, memperjelas aspek ambigu, mengembangkan kekuatan pengamatan guru dan peserta didik. (Wissam Talal: 2018)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H