Mohon tunggu...
Rimala Maulina
Rimala Maulina Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Hobi menonton film

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Poster New Normal sebagai Bentuk Peduli Kesehatan di Ichiban Sushi

22 Maret 2023   21:00 Diperbarui: 22 Maret 2023   21:40 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah kalian sudah menerapkan hidup sehat? Menurut WHO (1948) sehat adalah keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat. 

Sehat dapat disosialisasikan melalui sebuah media promosi kesehatan. Apa sih Promosi Kesehatan itu? Proses pemberdayaan rakyat (individu dan masyarakat) yang memungkinkan mereka mampu mengendalikan determinan-determinan kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya (Susilowati, 2016). Tujuan promosi kesehatan salah satunya  adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Promosi kesehatan dapat dilakukan salah satunya dengan melalui media promosi kesehatan seperti media cetak dalam bentuk poster atau pamflet. Di era new normal ini media promosi kesehatan sering dijumpai di berbagai tempat, hal ini sebagai bentuk upaya mencegah penyebaran virus Covid-19,  salah satu contoh yang kita temui adalah di tempat makan tepatnya di Ichiban Sushi MOG Malang. 

Kenapa sih di tempat makan perlu adanya media promosi kesehatan? Tempat makan merupakan tempat umum yang akan sering dikunjungi oleh berbagai orang dari berbagai tempat/asal, media promosi kesehatan tersebut digunakan agar para pelanggan dan pengunjung sekitar tempat makan tetap peduli tentang kesehatan mereka. 

Apalagi di masa-masa new normal ini setelah adanya pandemi Covid-19. Walaupun Covid-19 tidak separah awal pandemi, namun himbauan-himbauan tentang protokol kesehatan masih perlu dilakukan.

Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan, di Ichiban Sushi kami menemukan media promosi kesehatan berupa poster. Melansir dari laman ayovaksindinkeskdi,  poster adalah semacam plakat atau gambar yang berisi kata-kata dengan tujuan persuasi. 

Persuasi berarti  mengajak, menghimbau, bujukan, dan tindakan sejenisnya yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain melakukan sesuatu. Poster yang terdapat di Ichiban Sushi terletak di dekat pintu masuk tempat makan tersebut. 

Poster tersebut berukuran sekitar 30 cm x 20 cm dengan posisi portrait. Poster itu memiliki ukuran huruf, warna huruf serta spasi yang sesuai dengan ukuran poster. Media promosi ini  tidak hanya berisi tulisan saja tetapi juga terdapat gambar-gambar berwarna yang mencontohkan tulisan. Poster tersebut berisi himbauan untuk menerapkan protokol kesehatan seperti, jaga jarak, gunakan masker dan lain-lain sebagai bentuk upaya menghindari virus Covid-19. 

Berikut adalah foto poster yang berada di Ichiban Sushi :

dok.pribadi
dok.pribadi

Kelebihan poster yaitu, poster diletakkan di tempat yang strategis, mudah di lihat oleh pelanggan yang akan masuk ke Ichiban Sushi karena letaknya yang terpasang di samping pintu masuk dengan posisi pemasangan tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. 

Desain poster juga menarik, disertai gambar-gambar dengan komposisi seimbang dan proporsional serta sesuai dengan tulisan yang membuat tidak bosan saat membacanya tapi malah menarik perhatian pelanggan untuk membacanya serta menjadikan pembaca lebih paham maksud yang ingin disampaikan poster. Selain itu, poster ini di desain dengan bahasa sederhana, tidak bertele-tele, singkat, padat, jelas, mudah dipahami dan persuasif. 

Poster tersebut juga memiliki nilai estetika karena didesain dengan perpaduan warna yang kuat, kontras dan sesuai dengan suasana di Ichiban Sushi sehingga tidak merusak keestetikaan dari tempat itu. Ukuran huruf yang digunakan juga  seimbang yaitu, ukuran huruf  judul lebih besar daripada isi serta ketebalannya juga berbeda.  

Namun, terlepas dari kelebihan pasti ada kekurangannya. Poster tersebut memiliki ukuran yang kecil sekitar 30 cm x  20 cm / A4 sehingga ukuran huruf yang digunakan juga tidak begitu besar akibatnya isi poster tersebut tidak dapat terbaca dengan jelas dari kejauhan. Poster tersebut juga hanya berada disalah satu sisi pintu saja,  jika pelanggan masuk di satu sisi pintu lainnya maka mereka tidak akan melihatnya. 

Dengan demikian, poster yang terdapat di Ichiban Sushi tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan. Namun, walaupun begitu Ichiban Sushi sudah berusaha meningkatkan kualitas kesehatan di area tempat makannya dan peduli dengan kesehatan pelanggannya di era new normal ini. Kelebihan media promosi yang ada sudah seharusnya untuk dikembangkan lebih baik lagi dan kekurangan yang ada dikurangi atau bahkan dihilangkan. Sehingga akan terbentuk media promosi yang efektif untuk digunakan dan pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan.

Daftar Pustaka:

Susilowati, D. (2016). Promosi Kesehatan. Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun