KAMPUS MENGAJAR 1: OPTIMALISASI ADAPTASI TEKNOLOGI SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SDN SAYUTAN 2 KABUPATEN MAGETAN MASA PANDEMI
Pandemi Covid- 19 membawa banyak perubahan dalam segala bidang di dunia khususnya di Indonesia. Bidang yang mengalami perubahan cukup signifikan di Indonesia adalah bidang pendidikan.Â
Proses pembelajaran yang secara rutin biasa dilakukan melalui tatap muka secara langsung beralih menjadi proses pembelajaran daring atau berbasis online yang lebih dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).Â
Adanya perubahan ini menimbulkan banyak permasalahan di masyarakat kita yang belum menguasai secara mendalam tentang teknologi. Teknologi yang biasanya hanya digunakan sebagai kebutuhan media komunikasi dan hiburan sudah harus bertambah fungsi menjadi media pembelajaran.
Sekolah dengan fasilitas yang sederhana dan sumber daya pengajar yang memiliki kemampuan teknologi sederhana mengalami banyak kesulitan saat penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).Â
Hal ini juga dialami oleh salah satu sekolah jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan yaitu SD Negeri Sayutan 2. Sekolah dasar ini terletak di Dusun Dukuh Desa Sayutan Kec. Parang Kab. Magetan Jawa Timur yang menyandang Akreditasi C dan berstatus Negeri yang didirikan pada tanggal 08 Januari 1963. Kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari yaitu Kurikulum 2013 dengan jumlah peserta didik sebanyak 12 siswa yang terdiri dari kelas 5 dan 6.
Permasalahan yang terjadi di SDN Sayutan 2 yaitu kesulitan mencari media pembelajaran yang tepat dan mudah untuk dibuat serta diaplikasikan pada siswa mereka selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berlangsung.Â
Kepala Sekolah menginginkan alternatif pembelajaran yang menarik dan tidak monoton serta sebagai penerapan sistem pembelajaran 4.0 yang berbasis teknologi.
Berdasarkan permasalahan tersebut kami memberikan solusi pelatihan penggunaan dan pendampingan di SDN Sayutan 2 untuk membuat media pembelajaran.Â
Media pembelajaran yang dipilih yaitu Google Form, Kahoot dan Quizizz. Media pembelajaran ini dianggap yang efektif sebagai pembelajaran siswa karena mudah diakses, gratis dan menarik.Â
Kahoot dan Quizizz adalah permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan. Aplikasi Kahoot dan Quizizz dalam proses pembelajaran dapat menjaga motivasi berkelanjutan belajar, sehingga tercipta suasana belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan. Selain itu juga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar, memudahkan mereka dalam memahami materi yang diberikan oleh guru.
Selain untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran, program unggulan ini kami adakan bertujuan untuk mengenalkan pentingnya penerapan sistem pembelajaran 4.0 yang berbasis teknologi informasi pada dunia pendidikan. Dengan program tersebut, diharapkan mampu meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dalam kondisi darurat pandemi Covid-19.
Program Unggulan Kampus Mengajar Optimalisasi Adaptasi Teknologi Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Siswa di SD Negeri Sayutan 2 Masa Pandemi
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI