Mohon tunggu...
Rike Afinda Julia P.
Rike Afinda Julia P. Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri Jenggawah

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Menyusun Best Practices

9 Desember 2022   18:45 Diperbarui: 9 Desember 2022   18:55 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi: 

Kelas XI di SMA Negeri Jenggawah Kabupaten Jember

Lingkup Pendidikan: 

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Tujuan yang ingin dicapai: 

Peserta didik mampu mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan (sesuai dengan permasalahan yang ada di sekitar peserta didik/ aktual)

Penulis:

Rike Afinda Julia Puspitasari Pramudiyaningtyas, S.Pd.

Tanggal: 

9 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. 

  • Kondisi yang menjadi latar belakang penulis mengambil masalah ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri Jenggawah Kabupaten Jember belum bisa memenuhi penilaian pengetahuan terkait hasil pengembangan teks prosedur yang memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan (sesuai dengan permasalahan yang ada di sekitar peserta didik/ aktual);
  • Masalah ini juga penting untuk dibagikan karena hasil peserta didik dalam kegiatan mengembangkan teks prosedur ini dilakukan lebih terbimbing dan terarah karena topik yang akan dikembangkan oleh peserta didik akan disesuaikan dengan permasalahan yang ada di sekitar peserta didik/ aktual;
  • Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai mitra bertukar pendapat, motivator, narasumber dalam proses menulis yang bertanggung jawab membimbing dan mengarahkan proses mengembangkan teks prosedur dari tahap pramenulis, pendrafan, penyuntingan dan perbaikan, serta tahap terakhir yaitu publikasi. Selain itu, guru juga mengarahkan peserta didik untuk lebih kreatif dan memanfaatkan tenologi dalam menyajikan hasil teks prosedur yang telah disusun dengan menggunakan aplikasi Canva, Capcut, TikTok, dan lain sebagainya.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Tantangan yang saya hadapi dalam mencapai tujuan yang telah saya jelaskan di atas adalah peserta didik kesulitan dalam hal menentukan topik yang akan dikembangkan menjadi sebuah teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

  • Aksi yang saya pilih adalah penggunaan model pembelajaran Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT), penyajian LKPD yang lebih menarik dan terarah, pengaplikasian TPACK dalam pembelajaran (penggunaan aplikasi Worldwall, Canva, Capcut, dan TikTok media sosial yang sering digunakan oleh peserta didik), dan sedikit penggunaan ice breaking dalam pembelajaran agar peserta didik lebih fokus dan membuat suasana menjadi lebih enjoy dalam mengikuti pembelajaran.
  • Langkah- langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan menggunakan:
  • Model pembelajaran Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) yang di dalamnya terdpat beberapa langkah- langkah yang dilakukan dalam pembelajaran sehingga menghasilkan sebuah teks prosedur yang memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan adalah sebagai berikut: (1) Pra menulis, siswa mengidentifikasi, memilih dan menentukan topik berdasarkan tema yang sesuai dengan permasalahan yang ada di sekitar peserta didik (aktual); (2) Pendrafan, merancang kerangka teks prosedur dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan melanjutkan hasil rancangan kerangka menjadi teks prosedur yang utuh dengan memperhatikan isi, struktur, kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat; (3) Perbaikan dan Penyuntingan, membaca hasil karangan dilanjutkan dengan kegiatan memeriksa hasil karangan teks prosedur; (4) Publikasi, mengkreasikan hasil karangan teks prosedur  dengan desain yang menarik menggunakan canva atau aplikasi editing yang lainnya kemudian membagikannya ke media sosial TikTok.
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang menarik dengan desain yang indah dan penuh warna, dilengkapi dengan materi pembelajaran yang lengkap serta dapat membantu kegiatan peserta didik, tersedia kode QR untuk menampilkan beberapa situs internet yang akan diakses oleh peserta didik (mutimoda), dan petunjuk penggunaanya lebih terarah sehingga peserta didik lebih mudah dalam proses pengerjaannya.
  • Materi pembelajaran selain disediakan dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) juga dipaparkan oleh guru dalam bentuk Canva Presentation karena tampilannya akan lebih menarik, penuh warna, dilengkapi dengan gambar yang bagus- bagus. Sehingga dapat menambah ketertarikan siswa dalam hal membaca, memperhatikan materi pembelajaran, atau berliterasi.
  • Kegiatan penguatan mandiri dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan aplikasi Worldwall karena akan membantu guru melihat pemahaman peserta didik dalam menguasai materi yang telah disampaikan. Peserta didik tidak akan jenuh dalam mengerjakan soal penguatan mandiri karena akan disajikan dalam bentuk yang unik, menyenangkan, dan tidak seperti biasanya dikarenakan bentuknya berupa permainan/ games.
  • Kegiatan permainan/ ice breaking dalam pembelajaran dilaksanakan oleh guru agar peserta didik lebih fokus dan membuat suasana menjadi lebih enjoy dalam mengikuti pembelajaran.
  • Mengkreasikan hasil karangan teks prosedur  dengan desain yang menarik menggunakan canva atau aplikasi editing yang lainnya merupakan instruksi guru kepada peserta didik dalam kegiatan publikasi hasil karangan teks prosedur yang telah disusun karena akan membuat peserta didik menjadi lebih kreatif dan memanfaatkan kecanduan penggunaan gawai pada anak remaja dalam ranah yang lebih positif dan membagikannya ke media sosial yang sering digunakan dalam kegiatan sehari- hari yaitu salah satunya adalah TikTok.
  • Strategi yang digunakan dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan (sesuai dengan permasalahan yang ada di sekitar peserta didik/ aktual) adalah dengan menyediakan beberapa gambar kegiatan sehari- hari/ benda di sekitar sekolah yang dapat memancing peserta didik dalam menentukan topik yang akan dikembangkan menjadi teks prosedur.
  • Proses pembelajaran pada praktik ini berbeda dengan pembelajaran yang dilakukan sebelumnya, karena pada praktik pembelajaran ini peserta didik dibimbin dan diarahkan menentukan topik yang akan dikembangkan menjadi teks prosedur sehingga hasil teks prosedur yang disusun dapat sesuai dengan permasalahan yang ada di sekitar peserta didik/ aktual. Dengan strategi yang digunakan ini maka presentase peserta didik membuat teks prosedur dengan standart penilaian yang telah ditentukan akan sangat baik hasilnya.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

  • Dampak dari aksi atau langkah- langkah yang telah saya dilakukan adalah peserta didik lebih antusias dan fokus mengikuti pembelajaran yang menyenangkan, kegaiatan pembelajaran lebih terarah dan terbimbing terutama dalam kegiatan mengembangkan teks prosedur, materi yang disampaikan menjadi lebih mudah dipamahi oleh peserta didik, peserta didik lebih mudah mengembangkan topik menjadi sebuah teks prosedur yang memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan (sesuai dengan permasalahan yang ada di sekitar peserta didik/ aktual).
  • Hasil yang didapat dari aksi yang telah saya lakukan sangatlah efektif karena berpengaruh signifikan dalam hasil karangan teks prosedur siswa yang sangat baik, kreatif, dan mudah dipahami (memenuhi standart penilaian yang telah ditentukan).
  • Tanggapan/ respon orang lain terkait dengan strategi yang telah saya dilakukan sangat mendukung, membantu, dan mengapresiasi terhadap perkembangan hasil teks prosedur yang telah dibuat oleh siswa karena sudah memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan (sesuai dengan permasalahan yang ada di sekitar peserta didik/ aktual), memenuhi standart penilaian yang telah ditentukan, mampu memanfaatkan Iptek dalam pembelajaran, dan yang paling penting dapat dilaksanakan pada kondisi peserta didik dan lingkungan sekolah kami.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun