Mohon tunggu...
Rika Anggraini
Rika Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Manfaat Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran

5 Januari 2025   12:16 Diperbarui: 5 Januari 2025   12:15 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MANFAAT APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

 

Oleh:

Rika Anggraini

Mahasiswa PBA Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi memberikan tantangan sekaligus peluang besar bagi para pendidik dalam menjalankan tugas mereka. Guru tidak hanya dituntut untuk memahami teknologi secara pasif, tetapi juga harus mampu mengintegrasikannya secara bijak dan strategis ke dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan pendidikan modern yang tidak hanya berorientasi pada pengetahuan, tetapi juga pengembangan keterampilan abad ke-21 (Rahmawati et al., 2022). Salah satu inovasi teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah aplikasi Quizizz, sebuah platform pembelajaran interaktif yang mampu mendorong minat dan motivasi siswa dalam belajar. Melalui aplikasi ini, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, sekaligus mendukung pengembangan berbagai keterampilan seperti berpikir kritis, kreativitas, inovasi, serta kemampuan kolaborasi.

Quizizz memberikan solusi praktis bagi guru yang ingin menghadirkan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Sebagai aplikasi berbasis web, Quizizz memungkinkan pembelajaran berlangsung secara interaktif melalui kuis-kuis edukatif. Keunggulannya adalah fleksibilitas penggunaan, karena dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, atau komputer. Hal ini memberikan kemudahan bagi siswa dan guru untuk menggunakannya kapan saja dan di mana saja. Selain berfungsi sebagai media penyampaian materi, Quizizz juga dapat dimanfaatkan sebagai alat evaluasi pembelajaran yang efektif. Dengan fitur-fitur unggulan seperti mode multipemain dan feedback langsung, siswa tidak hanya merasa lebih antusias saat mengikuti pembelajaran, tetapi juga lebih cepat memahami kelemahan mereka dalam menguasai materi tertentu (Pangaribuan & Nugroho, 2024). Desain kuis yang menarik menciptakan suasana belajar yang kompetitif, tetapi tetap kolaboratif, sehingga siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif di kelas.

Aplikasi Quizizz tidak hanya terbatas pada aspek teknisnya saja, tetapi juga menawarkan nilai pedagogis yang kuat. Menurut Citra dan Rosy (2020), Quizizz membawa aktivitas multipemain ke ruang kelas, memungkinkan siswa bermain dan belajar bersama menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone, komputer, iPad, maupun tablet. Dalam pandangan Sodiq et al,(2021), aplikasi ini dirancang untuk membantu siswa belajar melalui kuis interaktif yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Sementara itu, Muliya (2022) menyebut bahwa Quizizz adalah aplikasi gratis yang memungkinkan pembelajaran online menjadi lebih menarik melalui kuis yang dirancang khusus untuk tujuan edukasi. Tidak hanya itu, Quizizz juga bersifat naratif dan fleksibel, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan pembelajaran. Guru tidak hanya dapat menggunakannya untuk menyampaikan materi, tetapi juga untuk melakukan evaluasi pembelajaran secara menarik dan menyenangkan. Dengan pendekatan ini, tujuan pendidikan yang diharapkan dapat lebih mudah tercapai.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, minat siswa meningkat hingga 81,6% dengan kategori sangat baik, sementara konsentrasi siswa juga mengalami peningkatan hingga 80%. Data ini mengindikasikan bahwa Quizizz tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga membantu siswa yang sebelumnya kurang aktif menjadi lebih terlibat dalam proses pembelajaran (Rahmawati et al., 2022). Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi solusi nyata untuk menggantikan metode pembelajaran konvensional yang sering dianggap kaku dan monoton. Namun, seperti media pembelajaran digital lainnya, penggunaan Quizizz tetap memiliki tantangan. Salah satu kendala utama adalah kebutuhan akan koneksi internet yang stabil. Nurholifah (2023) menjelaskan bahwa di beberapa sekolah atau daerah dengan akses internet terbatas, hal ini menjadi hambatan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, solusi seperti penyediaan fasilitas hotspot lokal atau pengembangan fitur offline pada aplikasi ini perlu dipertimbangkan agar penggunaannya lebih inklusif dan dapat menjangkau semua kalangan siswa.

Secara keseluruhan, Quizizz merupakan inovasi yang sangat efektif dalam dunia pendidikan. Aplikasi ini mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan berorientasi pada kebutuhan siswa masa kini. Selain itu, kemudahan dalam penggunaannya juga membantu guru untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran secara efisien. Ke depannya, aplikasi ini memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan, baik dalam mendukung pembelajaran lintas daerah maupun internasional. Dengan demikian, semakin banyak siswa yang dapat merasakan manfaatnya, serta terciptanya proses belajar yang lebih inklusif dan berkualitas.

Referensi

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261--272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 65--78. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7404

Nurholifah, L. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Implementasi Quizizz dalam Konteks Pendidikan Digital. An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 51--61.

Pangaribuan, M. T., & Nugroho, O. F. (2024). Pengaruh Media Quizizz terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Duri Kepa 03. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 41--47. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.438

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55--66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web "quizizz" sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5). https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.49324

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun