Mohon tunggu...
Rika WidiastutiAltair
Rika WidiastutiAltair Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger

Blogger,, content creator, translator

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apa Itu Google Analytics dan Google Search Console? Ini Pentingnya Pasang GA dan GSC Buat Blog atau Website Kamu

13 September 2023   02:44 Diperbarui: 13 September 2023   02:53 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa sih yang dimaksud Google Analytics dan Google Search Console? Simak pentingnya memasang GA dan GSC di platform blog berikut ini.

Google Analytics atau sering disebut dengan nama GA merupakan fasilitas milik Google. Fasilitas ini bisa membantu menganalisa bagaimana kinerja dari sebuah blog atau pun website sebuah website.

Adapun yang dianalisa oleh Google Analytics adalah seperti berapa jumlah  trafik web, jumlah pengunjung yang masuk ke dalam sebuah web atau blog, usia pengunjung, jangkauan, dan masih banyak lagi.

Intinya, dengan bantuan GA, maka pemilik blog atau website dapat memakasimalkan performa situs miliknya. Terutama dalam hal menjangkau lebih banyak pengunjung ke web miliknya dan juga bagaimana meraih trafik besar.

Bagaimana bisa sebuah data di GA dapat menarik pengunjung hingga mendatangka trafik yang besar?

Apabila pemilik web sudah bisa membaca GA dengan baik, maka akan sangat mudah menentukan jenis konten apa yang harus diperkaya di web miliknya.

Dengan membuat konten sesuai kebutuhan pembaca, yang telah terbaca di data GA, maka besar kemungkinan web atau pun blog akan lebih ramai pengunjungnya, sehingga trafik pun akan meningkat.

Untuk mengetahui semua itu, kita bisa langsung melihatnya di fitur-fitur data yang ada pada Google Analytics, seperti realtime, demografi, audiens, akuisisi, perilaku, dll.

Fitur-Fitur Penting di dalam Google Analytics

Realtime

Pada menu realtime, kita bisa tahu berapa jumlah pengunjung yang membuka web atau blog kita.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan masuk ke menu Overview yang ada di dalam Realtime. Di halaman Overview inilah kita bisa melihat beberapa hasil data yang menunjukkan data pageview per menit, top location, top keywords, jumlah pengunjung yang membuka blog kita secara realtime, hingga device (perangkat) yang digunakan pengunjung ketika mengakses blog.

Demografi Audiens

Melalui fitur data ini, maka kita bisa mengetahui siapa saja pengunjung blog atau web, dari mana asal pengunjung, dan tema apa yang paling banyak diminati dari blog kita.

Lantas, bagaimana cara melihatnya? Kita bisa langsung klik Audience yang ada di menu, kemudian masuk ke Overview. Di sini akan terlihat data berupa jumlah pengguna baru, jumlah tayang halaman, demografi, jumlah sesi, jumlah pengguna, hingga jenis perangkat yang digunakan pengunjung.

Behaviour (Perilaku)

Nah, fitur ini termasuk salah satu yang paling keren di GA, karena lewat data yang ada di sini, kita bisa tahu bagaimana audiens dalam merespon halaman yang mereka kunjungi, bahkan kita bisa tahu siapa saja para pengunjung setia di blog kita.

Di menu ini kita juga bisa masuk ke site content, yaitu data yang menunjukkan halaman populer di sebuah blog. Sehingga kita jadi tahu mana artikel yang banyak diminati oleh pengunjung blog kita.

Untuk melihatnya, cukup pilih menu Behaviour-Site Content-All Pages. Selain itu ada juga Site Speed, yang akan menunjukkan kecepatan website yang kita miliki.

Akuisisi

Dari data Akuisis ini kita bisa mengetahui dari mana sumber trafik ke blog kita. apakah melakukan pencarian langsung atau organic search, apakah melalui media sosial, atau kunjungan secara langsung. Semua data ini bisa kita dapatkan dengan masuk ke menu Acquisition-All Traffic.

Selanjutnya, bagaimana dengan Google Search Console?

Google Search Console merupakan fasilitas gratis dari Google, yang dapat membantu pemilik sebuah website untuk memantau, memecahkan permasalahan pada web, dan mengetahui sejauh mana kira-kira performa dari sebuah web atau blog di mesin pencari Google.

Pada dashboard Google Search Console (GSC) akan tampil beberapa menu yang bisa dipakai sebagai acuan data pemilik web untuk bisa lebih meningkatkan performa blognya.

Di dalam menu pada dashboard Google Search Console ini kita bisa mengetahui berapa kata kunci yang paling banyak dicari pengguna internet. Nanti google lah yang akan mengarahkan pengguna masuk ke dalam blog kita melalui hasil temuan dari kata kunci tadi. Kalau dari penjelasan mas Priyo, hal ini adalah hasil dari artikel yang terindeks oleh mesin pencari Google.

Jadi makin paham kalau penggunaan kata kunci itu memang sangat penting sekali dalam sebuah artikel yang akan diterbitkan pada sebuah web.

Nah, untuk mencari keyword, bisa dengan menggunakan ubersuggest atau keyword surfer.

Dari tools pencari kata kunci itu kita bisa menemukan kata kunci apa yang banyak dicari oleh para pengguna internet. Sehingga kita pun akan lebih mudah untuk menulis jenis artikel apa yang akan diterbitkan di blog. Dengan begitu, Tulsan kita pun akan berpotensi lebih banyak dibaca.

Nah, itulah arti Google Analytics Google Search Console lengkap dengan penjelasan berbagai fitur yang ada di dalamnya dan manfaatnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun