Mohon tunggu...
Rijal Pln
Rijal Pln Mohon Tunggu... -

kerja nyata untuk menerangi nusantara "bekerja bekerja bekerja "

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Dari Kegelapan Menuju Terang Benderang

22 Oktober 2016   13:00 Diperbarui: 28 Oktober 2016   14:15 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

assalamu'alaikum wr wb

salam sejahtera buat kita semua.......

tak terasa sudah dekat hari kebesaran pln yaitu HLN yang ke 71. dimana perusahaan PT.PLN persero sudah menerangi berbagai pelosok desa sampai kota besar sampai sekarang ini. di mana dalam mewujudkan itu semua terdapat sosok orang hebat di belakangnya, kadang ada pepatah mengatakan "di balik listrik yg menyala ada kami di sini tidak kumpul dengan keluarga" tpi menurutku itu pepatah lama karna justru di PTL.PLN persero ini kami bertemu keluarga baru, kerabat baru, mitra baru, kawan baru, dan lingkungan baru, yang senangtiasa mendukung satu sama lain.

namun sebelum melanjutkan artikel ini...

isinkan saya memperkenalkan diri saya terlebih dahulu, nama saya : RIJAL, tempat asal : KOTA SOPPENG , lahir : 30 oktober 1995, nip :9515043-FY, jabatan : OPT-DIST , kebetulan penempatan di kota makassar atau kota daeng yang terkenal dengan ciri khas PANTAI LOSARI, di kota padat inilah kami menghabiskan separuh hari hari kami yang penuh dengan suka duka melayani masyarakat demi melihat sebuah senyuman seorang pelanggan, karna senyum pelanggan adalah semangat kami, namun terkadang sering kali kita menjumpai sebuah halangan dalam mewujudkanya seperti pengalaman saya yang lalu.

pernah seketika waktu itu ada seorang pelanggan yang masuk ke tempat pengaduan padam 

dengan nada yang keras langsung berbicara dengan operator '' kenapa ini pln sering sekali padam ? pas telat bayar kami di denda ? 

kebetulan operator yang shift seorang cewek dengan nada perlahan menjawab, ''maaf pak kami tidak pernah bermaksud memadamkan listriknya secara sengaja kecuali ada perbaikan , dan juga masalah pembayaran pak sudah kewajiban harus di bayar tepat waktu.

namun karna emosinya dengan nada yang lebih keras '' aku tidak mau tau, pokoknya cepat di kasih menyala kembali, ada pesta di rumah ???

namun di tempat kami ada 3 mobil unit pelaksana dengan waktu yang bersamaan sedang melayani gangguan padam kebetulan waktu itu terjadi hujan.

dengan spontan saya mengambil alih pembicaraan operator dengan si pelanggan ''mohon maaf sebelumnya pak telah membuat ketidak nyaman ini pak ?'' dengan langsung mengalihkan topik pembicaraan ''pak di lokasi berapa rumah padam ?''

'' di lokasi banyak padam ada sekitar kurang lebih 20 rumah dan jurusan depan rumah tidak padam ''

''pilih-pilih namanya ini, ada padam ada tidak !'' jawab si pelanggan

dalam hati saya mulai menebak secara teknisi  kayaknya 2 kemungkinan NT.FUSE PUTUS sama LOSTKONTAK,

setelah data si pelanggan di catat semuanya , akhirnya di persilakan agar menunggu di lokasi, namun bersih keras meminta nomor hp saya,akhirnya saya kasih, setelah si bapak pergi saya mulai persiapkan peralatan kerja, APD sekaligus mantel hujan karna kebetulan malam itu hujan.

sayapun berangkat ke lokasi dengan kecuringaan yang pertama yaitu NT.FUSE PUTUS (biasa istilah masyarakat awam namanya SEKRING ). dan ternyata dugaanku benar sekringnya hangus terbakar dan putus akibat tikus yang menyelinap di busbar akhirnya di padamkan sementara dan mengganti HOLDER FUSE ( tempat pemutus NT FUSE ) sekaligus NT FUSE  yang terbakar berselang 20 menit perbaikan kemudian di nyalakan kembali dengan waktu yang sama si pelanggan menghampiri kami di lokasi dengan membawa payung dengan sebuah senyuman, akhirnya mengajak kami ke rumahnya yang kebetulan diadakan pesta, kami di suguhi segelas teh panas untuk menghilangkan kedinginan, dan berbincang bincang tentang sebab padamnya dan akhirnya si pelanggan tersebut menyadari bahwa apa yang kami lakukan punya resiko tinggi, setelah lama berbincang akhirnya kami minta pamit untuk bergegas pulang dengan nada pelan di sertai senyuman pelanggan tersebut mengucapkan banyak terimah kasih

sejak waktu itu kami mulai berinisiatif untuk melayani pelanggan demi melihat sebuah senyuman, 

dan masih banyak pengalaman lainya namun intinya dalam melayani sebuah pelanggan harus di sertai dengan integritas, sebagaimana yang di ajarkan di udiklat bahwa dalam berpedoman ada 4 yang harus di pegang yaitu: SALING PERCAYA , INTEGRITAS, PEDULI, DAN PEMBELAJARAAN,

kadang juga berfikir bahwa anak muda seusiaku mainya sama teman sudah ada di kafe kafe, tapi apa lah daya aku sudah bangga di PT.PLN persero dan sangat bersyukur bisa bergabung untuk melistriki nusantara, dan selalu mengingat pesan guruku sewaktu sekolah dulu  " kerjalah di mana pekerjaan tersebut membawa umat manusia dari kegelapan menuju terang benderang dan setia cahaya yang terpancar merupakan amalan yang tidak pernah terputus '' dan saya yakin tempatnya itu di PT.PLN persero.

BEKERJA, BEKERJA,BEKERJA 

DOKPRI
DOKPRI

RIJAL

9515043-FY

AREA MAKASSAR

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun