Mungkin dulu ketika kecil, kita sering membeli mainan, karena mengikuti teman-teman kita membeli mainan. Apakah trend membeli mainan  terjadi begitu saja? Tentu tidak, ada pihak yang menciptakan trend tersebut, yaitu penjual mainan.
Ketika mainan tersebut sudah menjadi trend dikalangan Anak-anak, maka banya uang jajan Anak-anak yang habis karena dibelikan maenan. Anak-Anak yang tadinya tidak membeli mainan pun terpaksa membeli membeli, karena takut di kesampingkan oleh teman-temannya yang lain. Pelajaran yang bisa diambil dari fenomena tersebut adalah kita harus menentukan pasar terlebih dahulu, untuk memdasari kenapa orang lain harus membeli barang tersebut, dibanding berjualan begitu saja tanpa ada trend yang mendasari produk tersebut.
Ketika sudah menjadi trend, hal itu yang jadi alasan, kenapa anak-anak harus nembeli mainan itu. Sehingga, uang dengan uang dengan sendirinya datang kepada tukang mainan itu. Itu bila kita lihat dari fenoma sehari-hari. Bila ditarik secara Global, kita sebenernya sedang berada di fase mainan tersebut. Fakta paitnya, hal ini yang menjadi teknik perbudakan Modern.
1. Perbudakan Trend
Cara memperbudak manusia dari zaman kezaman pasti berbeda. Untuk memperbudak manusia dizaman sekarang  yaitu dengan cara mempermainkan psikologinya. Karena manusia cenderung mengambil keputusan dengan psikologinya  psikologi manusia diserang dengan 2 arah, pertama dengan rasa takut. Kedua, dengan Rasa aman.
Kita ambil contoh di dunia Fashion. Seseorang akan merasa takut ketika  ketinggalan suatu trend, dan merasa aman karena diterima ketika mengikuti trend tersebut. Sebenarnya tidak masalah jika trend tersebut menjadi bermanfaat bagi hidup kita. Yang menjadi masalah adalah kalangan bawah yang meributkan trend itu, yang kemudian adanya diskriminasi terhadap sesama. Jika tidak mengunakan ini dibilang norak dsb. Keributan mereka yang menjadi keuntungan bagi para kapitalis.
Bila kita sadari, hidup kita ini dikontrol oleh trend yang ada di sosial media. Mulai dari gaya hidup, tontonan, hiburan, makanan dll. kapitalisme menjadikan trend sebagai alat umtuk memperbudak manusia, dengan cara mengikuti keinginan manusia, untuk menjadi bagian dari suatu kelompok. Misalnya dalam satu tongkrongan semua orang membahas tentang games, tapi ada satu orang yang tidak mengerti apa yang teman-temannya bahas, alhasil orang ini harus mempelajari bahkan bermain game agar bisa menyamakan pembahasan dengan teman-temannya
2. Bandwagon effect
Trend yang bertebaran itu sifatnya sementara, dan enggak akan habis. Ketika trend itu habis, maka akan ada trend terbaru selanjutnya. Begitu seterusnya.
Bagi orang yang suka trend mungkin tidak masalah, yang menjadi masalah adalah mereka yang tidak mau ketinggalan trennd, sehingga bisa menjadi beban fikiran akan trend yang tidak ada habisnya. Fenomena ini dinamakan "retres". Retres yaitu  Seseorang yang mengejar sesuatu tanpa ada ujungnya.