Nama : Rifdah Adriani
Jurusan : Ilmu Komunikasi
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR. HAMKA
Setiap harinya  manusia membutuhkan yang namanya komunikasi untuk saling bertukar informasi. Dari komunikasi itulah manusia mampu bersosialisasi dengan orang lain.
Komunikasi itu sendiri pasti terjadi antara dua orang atau lebih, komunikasi manusia dengan organisasi atau bahkan komunikasi yang ditujukan langsung untuk masyarakat luas.
Untuk jenis komunikasi itu sendiri ada banyak ragam bentuknya, seperti komunikasi itu tidak harus tatap muka loh, komunikasi juga bisa dilakukan secara online, bahkan komunikasi tidak hanya melalui kata-kata bisa juga dengan gambar, angka maupun video. Komunikasi bisa juga dari tingkah lakunya.
Nah kali ini kita akan membahas komunikasi dari media massa. Media massa sendiri itu apa sihh??? Media massa ialah tempat sarana untuk proses komunikasi massa. Dan untuk media massa sendiri terbagi menjadi 3 apa saja? Yang pertama, ada Media Massa Cetak (Printed Media) contohnya seperti surat kabar, koran, majalah, dan masih banyak lainnya. Yang kedua, Media Massa Elektronik (Electronic Media) contohnya seperti radio, televisi, dan juga film. Dan yang terakhir, Media Massa Online (Digital Media) contohnya seperti blog, website, dan jejaring sosial media lainnya.
Apa sih keuntungan penyebaran informasi atau komunikasi dalam media massa? Keuntungannya  itu dalam hal penyampain informasi ke khalayak banyak bisa dalam satu waktu.
Oke, diatas kita sudah membahas apa itu komunikasi dan apa itu media massa. Sekarang apa itu Komunikasi Massa?? Untuk Komunikasi Massa itu sendiri adalah (Mass Communication) sebuah komunikasi yang dimana komunikatornya menggunakan media massa untuk menyebarluaskan informasi kepada publik.
1. Efek Kognitif
Yaitu pesan yang disampaikan memberikan manfaat yang diinginkan untuk masyarakat, dan membuat si pembacanya mempelajari hal baru dan mendapatan pengetahuan baru yang sebelumnya pembaca ini tidak mengetahuinya. Â Contohnya menonton televisi dan mendapatkan informasi kabar hari ini.
2. Efek Afektif
Yaitu efek ini lebih melibatkan ke perasaan atau emosi ataupun faktor psikologis manusia. Contohnya bisa jadi setelah mendapatkan informasi tersebut orang itu  bisa berubah menjadi senang, bahagia, ataupun sedih.
3. Efek Konatif
Yaitu efek ini bisa berupa tindakan atau perilaku. Seperti manusia bisa saja terinspirasi untuk melakukan sesuatu yang baru saja dia lihat melalui media massa.
4. Efek Behavioral
Yaitu efek ini sama seperti efek konatif.
5. Efek Terhadap Individu
Yaitu efek ekonomis setiap individu itu sendiri. Seperti kebiasaan sehari-hari.
6. Efek Terhadap Masyarakat
Yaitu efek yang berkaitan dengan karakter yang dimiliki manusia. Seperti hal nya manusia memberi penilaian terhadap lingkungan di sekitarnya.
7. Efek Terhadap kebudayaanÂ
Yaitu efek yang ditimbulkan komunikasi massa untuk menampilkan kebudayaan lain yang berbeda dengan kebudayaan lokal itu sendiri. Contohnya cara berbusana setiap daerah berbeda, cara makan atau semacamnya. Walaupun setiap daerahnya berbeda tidak akan menimbulkan perbedaan hingga terjadinya perpecahan setiap daerahnya.
8. Efek EkonomiÂ
Yaitu efek ini muncul karena sangat amat di perlukan oleh manusia untuk kesehariannya. Seperti menampilkan Iklan, Lowongan Pekerjaan dan lain sebagainya.
9. Efek Sosial
Yaitu efek ini sangat berkaitan dengan perubahan struktur atau status sosial manusia. Contohnya pegawai Cleaning service yang hanya lulusan SMA tapi dia rajin mencari dan mempelajari pengetahuan di  dunia usaha, lalu perlahan pegawai itu merintid usaha sendiri. Dengan bantuan media massa dia bisa merubah status sosialnya dari sebelumnya hanya pegaawai cleaning service menjadi seorang pemilik usaha.
10. Efek Hilangnya Perasaan Tertentu
Yaitu efek ini timbul rasa yang berubah terhadap targetnya. Contohnya ketika seseorang merasa kesepian atau sedang merasa sedih  lalu orang itu menonton televisi yang dapat menghibur dirinya, orang tersebut akan berubah menjadi tertawa.
Sekian penjelasan tentang Efek-Efek Komunikasi Massa yang saya berikan
Sumber Media :
https://www.butonmagz.id/2019/02/komunikasi-massa-dan-efek-komunikasi.html
https://www.e-jurnal.com/2014/02/efek-komunikasi-massa.html
https://pakarkomunikasi.com/efek-komunikasi-massa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H