Assalamualaikum Wr.wb
Nama  : Rifatul Aini
Nim    : 191410066
Kelas  : ES5B
MK Â Â Â : Manajemen Pemasaran Syariah
Dosen pengampu : Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM
Produk dan pasae mempunyai siklus hidup yang mengharuskan mengalami perubahan dalam strategi pemasaran dengan sejalan nya waktu. Setiap kebutuhan baru harus mengikuti siklus permintaan hidup yang menjalani tahap-tahap kebangkitan, pertumbuhan cepat dan lambat, kedewasaan dan penurunan.
Ada beberapa pendapat tentang tahap-tahap yang ada dalam siklis hidup suatu produk yaitu Introduction, Growth, Maturity, Decline, dan Termination.
Ada 4 strategi yang harus dipilih oleh perusahaan yaitu :
1. Tahap awal, dalam tahap ini menunjukkan pembangunan kesadaran akan produk secara meluas dan mendorong konsumen untuk mencoba.
2. Tahap pertumbuhan, dalam tahap ini hila suatu produk telah melewati tahap awal yang haik, maka selanjutnya akan memasuki tahap pertumbuhan
3. Tahap kedewasaan, dalam tahap ini ditansai dengan tercapainya titik tertinggi dalam penjualan perusahaan
4. Tahap penurunan, dalam tahap ini jika penjualan perusahaan semakin bergerak ke arah penurunan itu merupakab segala tahap Deacline dalam PLC.Â
___________________
Artikel ini dibuat sebagai salah satu tugas UAS mata kuliah Manajemen Pemasaran Syariah dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H