Setiap pendidik, sebagai tenaga profesional yang mempunyai tanggung jawab besar terhadap pendidikan anak bangsa, perlu memiliki pemahaman yang kokoh tentang aspek psikologis yang membentuk prinsip-prinsip pembelajaran.Â
Persoalannya adalah apa arti prinsip-prinsip pembelajaran bagi guru dan siswa. Metode penelitian perpustakaan digunakan untuk menyelidiki masalah ini, dan kemudian kesimpulan induktif dan deduktif dicapai. Perhatian aktif dan motivasi, keterlibatan langsung, pengulangan,tantangan, dan perbedaan individu merupakan prinsip-prinsip pembelajaran umum yang dapat mempengaruhi bagaimana proses pembelajaran terlaksana. Berikut Prinsip-prinsip belajar yaitu :
1. Keterlibatan langsungÂ
adalah perilaku yang membiarkan siswa menyelesaikan tugas yang diberikan sendiri untuk mendapatkan pengalaman. Kegiatan pembelajaran individu dan kelompok kecil harus dirancang oleh pendidik.
2. PengulanganÂ
bagi pendidik antara lain terciptanya kegiatan pengulangan yang beragam. Hal ini merupakan realisasi bagi siswa bahwa mereka mempunyai kesadaran untuk melakukan latihan berulang-ulang untuk menyelesaikan masalah.
3. KeaktifanÂ
bagi pendidik adalah mengaktifkannya melalui pemberian tugas, sedangkan realisasi siswa atas perilakunya sendiri dalam mencari sumber informasi yang diperlukan adalah keaktifan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yaitu :
Faktor Internal :
1. Faktor KesehatanÂ