Mohon tunggu...
Rahmad ridwan
Rahmad ridwan Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama

Selanjutnya

Tutup

Money

Rencana Bisnis Usaha Thai Tea

20 Oktober 2020   09:09 Diperbarui: 20 Oktober 2020   09:25 5892
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PROPOSAL PERENCANAAN BISNIS USAHA THAI TEA

DISUSUN OLEH:
RAHMAD RIDWAN
1731000032

BAB I
RINGKASAN
1.1. RINGKASAN EKSEKUTIF
Siapa sih yang  masih belum mengenal thai tea yang rasa dan kenikmatan kopi dari thai tea ini sangan lezat. Pasti semua orang mengetahui dan juga pernah merasakannnya bukan,minuman ini banyak dikonsumsi dikalangan remaja maupun  tua.bahkan para remaja perempuan banyak yang menjadi pecandu kopi thai tea ini. Karena thai tea ini memiliki banyak manfaat yaitu:

1. Mengurangi Alergi
 Thai tea ini dapat mengurangi alergi yaitu cukup minum dua atau tuiga cangkir thai tea dengan susu lebih banyak tanpa tambahan gula. Senyawa flavonoid yang terkandung pada thai tea dapat melindungi tubuh dari peradangan dan keracunan.

2. Mencegah Asma  
 Thai tea ini juga dapat mencegah asma loh dengan meminum dua cangkir. Hal ini dikarenakan adanya senyawa star anise yang melindungi tubuh agar peminum thai tea ini tidak mengalami asma.

3. Andalan Diet
Nah manfaat ketiga ini yang menjadi favorit kaum hawa meminum thai tea ini. Bagi yang sedang diet teh diantara makan dan mengemil angat dianjurkan, karena  dapat membantyu pencernaan dan menormalkan metabolism. Didukung pencernaan  yang l;ebih baik dapat membantu mengurangi berat badan. Sebaiknya  minum satui atau dua cangkir thai tea di pagi hari sebelum serapan dan di malam hari sebelum tidur.  

1.2.RENCANA BISNIS
Diharapkan bisnis thai tea berjalan dengan lancar sehingga dapat memperluas usaha dan memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitar sehingga jumlah pengangguran berkurang.

BAB II
PENDAHULUAN

2.1. LATAR BELAKANG
 Thai tea merupakan  salah satu the dari Thailand yang saat ini sedang tren dikalangan masyarakat. Dengan rasanya yang khas dan nikmat sangat cocok di tenggorokan apabila cuaca sedang panas maupun sebagai pelengkap saat bersantai dengan orang terdekat.maka dari itu bisnis ini dinilai cukup menarik untuk dipilih  karena masyarakat sudah tak asing lagi dengan cita rasanya.

Usaha ini dipilih karena untuk memulai bisnis sebagai pemula dinilai tidak terlalu sulit dan modal yang disipakan tidak terlalu besar. Dengan begitu pendiri bisa menyajikan thai tea  dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau dan bersaing dan diharapkan thai tea ini dapat diterima di masyrakat dan sebagai candu di lidajh penikmat kuliner.

2.2. VISI DAN MISI
Visi : Menjadi local brand untuk produk thai tea dan menjadi salah satu komoditi ekspor           dari Indonesia.
Misi : Menciptakan thai tea yang berkualitas dan nikmat dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang ramah dan memuaskan.

BAB III
ANALISIS BISNIS

3.1. ANALISIS SWOT
STRENGTHWEAKNESSOPPORTUNTIESTHREATS
- Harga jual
- Mutu produk
- Desain Kemasan
- Kecepatan pelayanan  - Promosi dan Iklan
- Saluran Distribusi - persaingan usaha yang sama
- peraingan produk subtitusi
- akses dan informasi pasar- Buah import

   3.2. ANALISIS PASAR
3.2.1. Segmentasi Pasar
Thai tea yang beraneka rasa merupakan minuman yang dapat di konsumsi oleh semua kalangan umur, dimulai dari kalangan anak-anak, remaja , dewasa, dan kalangan orang  tua. Sehingga teh yang beraneka rasa ini nikmat dan aman saat di minum.
3.2.2. Target Pasar
RR thai tea ditargetkan untuk semua kalangan baik anak-anak , remaja, maupun orang dewasa.
3.3. STRATEGI BISNIS
Dengan adanya strategi bisnis ini dapat dijadikan fokus utama dalam mengembangkan serta memperluas cakupan usaha yang akan dijalani, diantara lain :
1.Pengembangan melalui varian rasa yang di tambah dalam bahan dasar kopi
2.Tempat atau lokasi yang strategis seperti: sekolah. Perkantoran, dan mall
3.Kegiatan promosi

3.4. ANALISIS PRODUKSI
3.4.1. PROSES PRODUKSI
1.Masak sampai mendidih  teh originalnya
2.Siapkan bahan pada cangkir gelas aduk
3.Tuangkan teh pada cangkir gelas aduk tambahkan susu cair lalu aduk
4.Tuangkan adukan tadi ke dalam cup plastic lalu lumuri dengan coklat dan tambahkan es
5.Tutup kemasan dengan rapi
3.4.2. BAHAN BAKU
1.Teh original
2.Susu cair
3.Kopi
4.Coklat dan berbagai essence varian rasa
5.Air mineral
6.Es batu

3.5. PERENCANAAN KEUANGAN
3.5.1. BIAYA AWAL
Biaya awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha di perkirakan sebesar Rp.8.500.000 .Penggunaan modal untuk tahap awal akan memproduksi dengan 6 varian rasa yang berbeda untuk diperkenalkan kepada konsumen. Adapun peralatan atau bahan yang dibutuhkan antara lain:
1. pembelian paket franchise dari franchisor sebesar 4.500.000 sudah termasuk
No Nama BarangJumlah barang
1Toples 2
2Dandang 1
3Saringan 1
4Teko 2
5Tremos1
6Kompor + regulatora
7Botol sirup 1
8Gelas aduk 6
9Cangkir Kopi 1
10Nampan
11Bukaan Kaleng
12Tempat Cup
13Sendok Aduk
14Sendok Takar
15Gelas Takar
16Tempat Sedotan
17Booth Besi
18X-Banner
19Menu list
20Gelas Takar Susu

Adapun bahan bahan baku dan peralatan penunjang jualan sebesar Rp. 3.500.000
1.Gelas cup 300 buah
2.The 300 porsi
3.Sedotan 500 cs
4.Susu kental manis 15 kaleng
5.Susu cair 15 kaleng
6.Tenda X 1 buah
7.Kursi plastic 2 buah
8.Biaya perizinan perbulan

3.6. ANALISIS RESIKO BISNIS
Adapun resiko yang akan terjadi pada saat usaha dijalankan antara lain :
1.Kenaikan Harga Bahan Baku diatas 25%
2.Kenaikan Upah  Tenaga Kerja Sebesar 30%
3.Penurunan Daya Beli Masyarakat
4.Kerusakan Mesin Pengolahan
Adapun antisipasi yang dilakukan antara lain :
1.Pembelian Stok Bahan Baku dan Penolong
2.Membuat Kontrak dengan tenaga kerja
3.Melakukan maintance secara berkala

3.6. STRUKTUR ORGANISASI
Adapun susunan struktur organisasi dalam usaha thai tea ini dilakuka secara berkelompok dengan melakukan kerjasama dengan susunan kepemilikan :
1.Rahmad Ridwan
2.Agustina
3.Delia sari
4.Syarifuddin

3.7. RENCANA AKTIVITAS DAN PENJADWALAN
 Adapun waktu operasional usaha ini adalah hari senin sampai sabtu dari pukul 11.00 s/d 22.00 WIB. Serta rencana aktivias yang akan dilakukan yaitu memberikan sampe atau contoh varian yang diberikan secara grtais sebagai pengenalan rasa yang akan dijual serta memberikan promosi membeli 5 gratis 1 sebagai alat promosi usaha thai tea.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun