Mohon tunggu...
Riduan
Riduan Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Selamat datang di akun saya, perkenalkan saya Ahmad Riduan, di dalam akun ini saya mencoba menyajikan berita-berita terkait Provinsi Lampung.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

2024 Target Rampung Pembangunan Bendungan Margatiga Lampung

2 November 2023   22:16 Diperbarui: 2 November 2023   22:33 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Bendungan Margatiga, Lampung Timur | Dokumentasi Kementerian PUPR 

Lampung Timur - Bendungan Margatiga yang diproyeksikan akan meningkatkan jumlah tampungan air dan mendukung lumbung pangan nasional di Provinsi Lampung ditarget rampung pada tahun 2024. 

Percepatan penyelesaian tersebut telah dibahas oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung, serta Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. 

Saat mengunjungi Provinsi Lampung, Presiden Jokowi menuturkan, percepatan pembangunan Bendungan Margatiga sehingga bisa segera dirasakan oleh masyarakat. 

"Semakin cepat selesai akan semakin baik, saya ingin tahun depan sudah rampung," ungkap Presiden Jokowi, Jumat (27/10/2023). 

Jokowi tak memungkiri, masih ada sedikit persoalan di lapangan. Maka dari itu, setelah diselesaikan masalah tersebut target pembangunan Bendungan Margatiga harus segera diselesaikan. 

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, tujuan dari dibangunnya Bendungan Margatiga adalah untuk peningkatan volume tampungan air. 

"Sehingga, suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga," jelasnya. 

Selain itu, dalam pelaksanaan pembangunan juga akan diikuti dengan pembangunan irigasi, yang diharapkan bisa menjadi alternatif untuk suplai air pertanian masyarakat," tuturnya. 

Kemudian, Menteri Basuki juga menambahkan, Bendungan Margatiga mempunyai daya tampung sebesar 42,31 juta m3 dengan luas genangan 2.217 Ha dan tinggi bendungan 22,5 m. 

"Pembangunan dilaksanakan oleh PT Waskita Karya-PT Adhi Karya (KSO) total anggaran sebesar Rp850 M," disampaikannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun