Mohon tunggu...
Muhammad Ridho
Muhammad Ridho Mohon Tunggu... Insinyur - Mahasiswa jurusan jurnalistik, kolumnis, jurnalis, trainer

Jurnalis, kolumnis, trainer

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Ngekos Bermanfaat

5 Desember 2019   11:30 Diperbarui: 5 Desember 2019   11:44 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Pagi ini, saya mau menulis apa ya," kata saya dihati, "Kira-kira, apa yang menarik untuk ditulis?," ucap saya lagi, "Mau menulis tentang politik, sudah banyak, menulis mengenai millennial? tambah banyak," pikir saya.

"Hemm tulis apa yaaa. Heemmm, heemm, oooohhhhh, mengulas tentang anak kos-kosan sepertinya menarik," idenya muncul.

Tepat jam 05:55 pagi waktu indonesia barat, saya terpikir untuk menulis tentang mahasiswa yang lagi ngekos, tapi sudut pandang tulisannya baiknya dari mana yaa.

Lalu saya teringat petuah hampir seluruh praktisi jurnalistik, "Carilah berita yang unik, lihat sisi lain dari sebuah peristiwa,".

Baik, kita mulai. Saya memang bukan anak kos dan belum pernah ngekos, tapi, kawan-kawan saya dikampus kebanyakan ngekos.

Saya sering mampir ke kosan mereka, tujuan ke kosan teman-teman ya bermacam-macam, misalnya, mengerjakan tugas, sekedar mampir, ketika makan siang ya datang, numpang istirahat dan curhat.

Saya datang ke kosan mereka bukan hanya silaturahim, melainkan mengamati kebiasaan kawan-kawan ketika di kosan.

Ternyata perilaku teman-teman di kosan beda-beda, kalau yang cowok nih ya, biasanya main game, tiduran, chattingan sama doi, telponan dengan kekasih, ke masjid ketika shalat fardhu (tapi jarang), ngopi sambil paaas puuus, ngobrol, ketawa-ketawa dan kosannya kudel.

Kalau tadi versi cowok biasa, sekarang kos-kosan cowok rajin. Saya punya teman, kawan kelas saya, namanya Reyykeel Aldov alias Rakel Aldovi dipanggil Reycceel.

Saat saya ke kosannya, kosannya rapi, adem, bersih, di pojokan ada Al-Quran, di sudut ruangan terlihat sajadah, di gantungan baju terlihat jubah putih serta peci haji dan ketika adzan, Reycceel selalu ngajak saya ke masjid.

Diluar jadwal kos, Reycceel ikut kajian sambil kerja paruh waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun