STRATEGI KOMUNIKASI WIN-WIN SOLUTION DALAM NEGOSIASI ORGANISASI HIMAKOM (Pengertian, Tujuan, Contoh kasus)
Muhammad Ridho Oktarian1 (Mahasiswa), Alifahtinayah2 (Mahasiswa), Annisa Aura Puspita3, Lilik Sumarni4 (Dosen)
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Abstrak
Komunikasi merupakan proses pengiriman pesan dari komunikator ke komunikan dengan tujuan mencapai pemahaman bersama. Di sisi lain, negosiasi adalah kegiatan yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan, yaitu bagaimana mencapainya dan apa yang harus dikorbankan. Negosiasi tidak dapat terjadi tanpa adanya komunikasi. Proses negosiasi juga melibatkan emosi, persepsi, dan permainan kata-kata, sehingga merupakan bentuk komunikasi.Â
Negosiasi antara perusahaan, kelompok, dan individu sering kali terjadi ketika satu pihak menginginkan sesuatu dari pihak lain, dan mereka bersedia untuk melakukan tawar-menawar guna mencapainya. strategi adalah penentuan misi perusahaan, penetapan sasaran organisasi dengan mempertimbangkan faktor eksternal dan internal, perumusan kebijakan dan strategi tertentu untuk mencapai tujuan, serta memastikan implementasinya dengan tepat guna mencapai tujuan dan sasaran utama organisasi Diharapkan penelitian ini menjawab pertanyaanÂ
1. Mengapa strategi Win-Win solution menjadi efektif dalam negosiasi organisasi?, 2.Bagaimana strategi komunkasi yang digunakan untuk mencapai negosiasi Win-win solution yang memuaskan bagi kedua belah pihak?. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Metedologi Kualitatif dengan riset penelitian kepustakaan (Library Research).
Kata Kunci: Komunikasi, Negosiasi, Strategi
Abstract
Communication is the process of sending messages from communicators to communicants with the aim of achieving mutual understanding. On the other hand, negotiation is an activity planned to achieve a goal, namely how to achieve it and what has to be sacrificed. Negotiation cannot happen without communication. The negotiation process also involves emotions, perceptions, and puns, so it is a form of communication. Negotiations between companies, groups, and individuals often occur when one side wants something from the other, and they are willing to bargain to get it.Â
strategy is winning the company's mission, winning organizational targets by considering external and internal factors, formulating certain policies and strategies to achieve goals, and ensuring their implementation is appropriate in order to achieve the main organizational goals and objectives that are expected this research answers the questions 1.Why is the Win-Solution strategy Win to be effective in the negotiation organization?, 2. What is the communication strategy used to achieve a Win-win negotiation solution that is satisfactory for both parties?. The method used in this study is a qualitative methodology with library research (Library Research).