Mohon tunggu...
Ridho MaulanaSimatupang
Ridho MaulanaSimatupang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Pembelajaran Komputasi dan Peran Komputasi dalam Matematika

30 Juni 2022   21:26 Diperbarui: 30 Juni 2022   21:28 2779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

METODE PEMBELAJARAN KOMPUTASI DAN PERAN KOMPUTASI DALAM MATEMATIKA: STUDI LITERATUR

Ridho Maulana Simatupang

Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

ridhosimatupangmaulana@gmail.com

ABSTRAK

Artikel ini ditulis untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Komputasi. Artikel ini menjelaskan tentang metode pembelajaran komputasi serta peran komputasi dalam matematika. Strategi yang digunakan dalam artikel ini adalah teknik library (kepustakaan). Dalam artikel ini, kita dapat mengetahui metode pembelajaran komputasi serta juga dapat mengetahui apa saja peran komputasi dalam matematika. Matematika Komputasi adalah kursus yang mengajarkan Anda bagaimana menggunakan perhitungan matematika Matlab untuk berbagai tujuan. Dan berhitung juga merupakan tindakan memperoleh solusi atau solusi dari suatu masalah yang ditentukan dalam model matematika.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Komputasi, Studi Literatur, Peran Komputasi

ABSTRACT

This article is written to solve the task of the computing course. This article describes computational learning methods as well as the role of computation in mathematics. The strategy used in this article is the library technique. In this article, we can know the methods of learning computing and also can know what is the role of computing in mathematics. Computational Mathematics is a course that teaches you how to use Matlab mathematical calculations for various purposes. And counting is also the act of obtaining the solution or solution of a problem defined in a mathematical model.

Keywords: A method of learning, computing, literature review, the role of computing

PENDAHULUAN

            Pendidikan menjadi perhatian utama sebuah negara. Pendidikan itu sendiri berarti pendidikan atau bimbingan, pengajaran, peningkatan moral dan intelektualitas anak oleh pendidik. Sementara itu, perhatikan proses pembentukan kegiatan kompleks yang mengandung komponen yang berbeda dan saling terkait satu sama lain. Oleh karena itu, jika ingin mencapai tujuan pendidikan, diperlukan sistem pendidikan yang terstruktur dengan baik. Kelembagaan Pendidikan Nasional Indonesia diatur dengan Undang-Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Republik Indonesia Tahun 2003. Seluruh negara. Komponen pendidikan umum adalah lingkungan, infrastruktur, sumber daya dan masyarakat. Dari keterkaitan dan interaksi komponen-komponen tersebut membentuk suatu sistem pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan.

            Pendidikan adalah alat yang dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat yang berkelanjutan. Salah satu tujuan pendidikan adalah melatih manusia yang mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan yang baik membentuk manusia untuk masa depan. Untuk alasan ini, pendidikan diharapkan untuk mengembangkan siswa dengan pemikiran kreatif, fleksibilitas, pemecahan masalah, kolaborasi dan keterampilan inovatif yang dibutuhkan untuk berhasil dalam pekerjaan dan kehidupan.

            Pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan global, lokal dan bermotivasi tinggi. Ada beberapa hal yang memungkinkan dilakukannya penelitian ini, salah satunya adalah kualitas. Belajar adalah proses dimana siswa berinteraksi dengan guru dan peserta didik dalam lingkungan belajar. Dengan demikian, keunggulan akademik adalah studi di mana siswa mengembangkan hubungan dengan guru dan sumber belajar. Kursus untuk siswa dapat dilakukan di buku, materi, model dan internet. Baik modul maupun kursus bisa sangat berguna untuk pembelajaran jika memenuhi kebutuhan dan karakteristik siswa.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mengubah banyak hal, termasuk pendidikan global. Ajaran tradisional secara bertahap digantikan dan digantikan oleh ajaran yang lebih modern. Penggunaan teknologi dalam kegiatan pendidikan tidak terkecuali. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mulai mendapat manfaat dari kemajuan teknologi.

Dalam kehidupan sehari-hari, matematika sering dihubungkan dengan komputer. Matematika sangat dekat karena dengan bantuan komputer kita dapat memecahkan banyak masalah matematika yang kompleks dan karena pemrogram membutuhkan matematika untuk melakukan pekerjaan itu. Hubungan antara matematika dan ilmu komputer mulai berkembang dalam dunia pendidikan. Berbagai materi pendidikan dan teknologi komunikasi telah digunakan dalam pendidikan untuk memungkinkan siswa menggunakan teknologi ini dalam karir mereka. Pendekatan ini membantu siswa lebih memahami hubungan mereka dengan sains dan teknologi.

Kesulitan belajar matematika dipisahkan oleh adanya berbagai cabang penelitian ilmiah dalam matematika yang selalu dikecualikan. Karena kesulitan ini, semua cabang matematika harus digambar untuk memvisualisasikan hubungan dan fungsi masing-masing disiplin ilmu. Kami tidak hanya memeriksa hubungan berdasarkan pola penelitian, tetapi juga menggambarkannya berdasarkan pengalaman. Pembagian dan tugas ini diperlukan untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran. Dengan demikian, arah pembelajaran menjadi jelas, disiplin, sistematis dan inklusif. Bahkan dalam matematika komputasi, penting untuk menunjukkan dengan jelas hubungan antara diagram dan konsep dalam mata pelajaran matematika lain dan pembelajaran siswa.

Mengembangkan proses pembelajaran saat ini tidak lebih dari mengembangkan pengetahuan konseptual seperti materi yang ada. Langkah pembelajaran mengembangkan konteks pembelajaran yang dapat merangsang refleksi. Rangkaian proses berpikir ini umumnya baru dalam bidang pengembangan pembelajaran di Indonesia. Salah satunya adalah hasil dari semangat pendidik, yang bagaimanapun juga bermuara pada pengembangan bahan ajar yang harus dikuasai siswa. Oleh karena itu, pengajaran biasanya bergantung pada penguasaan isi mata pelajaran tertentu, dan oleh karena itu tujuan pencapaian ini terbatas pada pencapaian pencapaian materi, terlepas dari keterampilan yang diperoleh siswa.

            Upaya mengembangkan pembelajaran yang efektif dan efisien telah dikembangkan melalui afiliasi siswa. Siswa mengidentifikasi prioritas utama yang terkait dengan pengembangan proses pembelajaran yang akan dilakukan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk melihat aspek perkembangan siswa dari sudut pandang psikologis. Selain itu, pengembangan perangkat media dan alur pengembangan materi juga memperhatikan aspek persiapan dan karakteristik perkembangan siswa. Oleh karena itu, apa yang dilakukan di dalam kelas memerlukan persetujuan penuh dari siswa. Halaman ini menunjukkan bagaimana pengembangan pembelajaran dioptimalkan.

            Kemampuan berpikir komputasi merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap siswa, serta keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Dengan belajar dengan kemampuan berpikir komputasional, siswa dipersiapkan untuk belajar berpikir abstrak dan logis serta memecahkan masalah yang kompleks dan tidak terbatas. Adler dan Kim mengatakan bahwa meningkatkan pemikiran komputasi bermanfaat bagi siswa baik dalam pendidikan maupun di masa depan. Keterampilan berpikir kompetitif yang terkait dengan kompetensi dasar suatu standar kompetensi lulusan memerlukan penilaian dan model pembelajaran yang baik untuk lebih meningkatkan keterampilan siswa.

            Berpikir kritis dalam bidang matematika adalah menemukan pola antar kasus, menggeneralisasi pola tersebut, merumuskannya, dan mencapai serta mengecualikan solusi yang berlaku umum yang berlaku untuk semua kasus.Ini adalah fungsi untuk mengidentifikasi kasus. Kemajuan dalam ilmu komputer membutuhkan kemampuan untuk menemukan keterampilan ini, dan dalam kasus algoritma komputasi komputer, kemampuan untuk menemukan pola umum dan khusus. Keterampilan ini disebut keterampilan berpikir komputasi.

            Berpikir komputasional membantu siswa memecahkan masalah matematika. Hal ini dijelaskan oleh Mahalani (2016), yang menyatakan bahwa hubungan antara pemecahan masalah dan CT dalam pemecahan masalah adalah siswa dapat melakukan proses dekomposisi abstrak jika mereka dapat mendefinisikan masalah dalam konteks pemecahan masalah. Selain itu, selama proses penyelesaian, siswa berusaha menemukan keteraturan soal untuk menemukan polanya. Langkah pencarian pola ini sangat berguna untuk menggeneralisasi dari solusi yang dihasilkan. Saat melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa menerapkan langkah-langkah terstruktur, iteratif (algoritmik). Setelah menemukan solusi untuk meninjau dan mengevaluasi solusi, siswa mengikuti langkah-langkah untuk menyelesaikan (debugging). Proses dekomposisi, abstraksi, pencarian pola, generalisasi, algoritma, dan pemecahan masalah adalah komponen kunci dari pemikiran komputasi.

Menurut Ioannidu, pemikiran komputasional yang diterapkan dalam bidang matematika memiliki beberapa karakteristik. Matematika memiliki langkah-langkah pemecahan masalah dengan proses abstraksi dan algoritma. Abstraksi matematis adalah proses mengubah proposisi sehari-hari menjadi proposisi matematis sehingga terdefinisi dengan jelas. Matematika sebagai bahasa memiliki keunggulan dalam mengkomunikasikan ide secara efektif dan efisien untuk menghindari multitafsir.

Algoritma ini juga mencakup pemodelan matematika. Menurut Pyzara, merancang model matematika adalah proses siklus dari masalah dunia nyata ke masalah matematika dan kembali ke lokasi dunia nyata aslinya. Proses siklus ini menandai tahapan atau langkah pemecahan masalah dalam bentuk algoritma. Untuk masalah yang sangat kompleks, masalah harus dibagi menjadi beberapa bagian yang dapat atau harus diselesaikan terlebih dahulu, agar dapat mengembangkan langkah-langkah untuk memecahkan masalah.

Oleh karena itu, berpikir komputasional dalam pembelajaran berfokus pada proses berpikir untuk memecahkan masalah. Ditambah dengan kemajuan teknologi, proses berpikir ini perlu diterjemahkan ke dalam bahasa mesin yang akurat, logis, konsisten, terstruktur dan efisien. Secara khusus, fokus penalaran komputasional dalam pembelajaran matematika adalah pada proses berpikir algoritmik dalam pemecahan masalah dan penggunaan matematika sebagai bahasa.

STUDI LITERATUR

Modul adalah program berbasis kurikulum yang komprehensif yang dirancang untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Program akademik yang disediakan dalam standar menawarkan siswa kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembelajaran mandiri. Belajar mandiri merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, kemandirian diperoleh melalui pengetahuan tentang struktur pendukung akademik dan berimplikasi pada pembelajaran matematika seperti matematika relasional, pemecahan masalah, dan berpikir positif.

Matematika Komputasi adalah kursus yang mengajarkan Anda bagaimana menggunakan program matematika Matlab untuk berbagai tujuan. Masalahnya adalah sebagian besar siswa kami belum pernah menggunakan Matlab sebelumnya, sehingga mereka tidak memahami bahasa pemrograman Matlab dan mengalami masalah. Belajar sendiri akan mengurangi belajarmu. Ada juga motivasi belajar yang rendah yang tidak memerlukan fokus pada matematika dan tidak memerlukan visibilitas jangka panjang. Pelajaran yang terkandung dalam buku-buku yang tidak rinci juga merupakan faktor lain yang berkontribusi terhadap promosi pembelajaran.

            Matematika adalah mata kuliah mendalam yang membahas perkembangan teknologi komunikasi dan informasi untuk memecahkan masalah modern dan meningkatkan matematika. Ruang lingkup pembahasan konsep matematika adalah cara memahami makna konsep matematika. Matematika aritmatika harus mencakup ilmu-ilmu dasar seperti aritmatika, aritmatika dan aritmatika.

Matematika Komputasi adalah bidang matematika yang berhubungan dengan perhitungan solusi masalah matematika. Bidang matematika ini sangat membantu dalam menyelesaikan masalah matematika dengan cepat dengan bantuan komputer. Matematika komputasional memiliki satu atau lebih cara untuk menyelesaikan masalah matematika. Keunggulan suatu metode biasanya diukur dengan kompleksitas waktu dari algoritma yang digunakan. Bidang ilmu komputasi berkaitan dengan perumusan model matematika dan solusi numerik teknis, dan penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah ilmiah.

Komputasi adalah kegiatan mendapatkan solusi atau solusi dari masalah yang diberikan dalam model matematika. Secara matematis, model umumnya berbentuk  . Dimana   jumlah informasi yang tersembunyi dalam model berupa besaran yang perlu ditentukan untuk menyelesaikan masalah yang sebenarnya,   jumlah data yang tersedia dalam bentuk jumlah yang diketahui. Bilangan dan   Model operator matematika. Singkatnya, dalam aritmatika, Anda menentukan angka   Dan   untuk mendapatkan angka , dan melakukan aktivitas sehingga   terpenuhi.

METODE PENELITIAN

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode library search. Metode ini memiliki tiga fase: organisasi, sinkronisasi, dan identifikasi. Langkah pertama adalah mengatur literatur yang Anda gunakan. Pada tahap awal ini, penulis mencari berbagai sumber untuk ide, tujuan, dan kesimpulan. Langkah kedua adalah merangkum hasil literatur menjadi ringkasan yang runtut dan menghubungkan literatur. Dan pada fase terakhir yaitu mengidentifikasi apa yang dianggap sangat penting untuk dianalisis guna memperoleh wawasan baru. Pada tahapan tersebut, artikel ini berisi pengetahuan tentang ide dan wawasan yang terkandung dalam literatur jurnal akademik tentang pembelajaran matematika matematika.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Modul Komputasi Matematika

Secara tidak langsung, Modul Komputasi Matematika dirancang untuk membekali siswa dengan jembatan untuk mengembangkan keterampilan matematika seperti  keterampilan matematika, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Protes ini dapat disajikan dengan melakukan sesuatu seperti gambar dibawah ini.

Gambar di atas menunjukkan bahwa dampak model matematika dalam mendukung pembelajaran siswa dapat meningkatkan dan merusak matematika, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Program matematika standar menawarkan siswa kesempatan untuk mengerjakan lima aspek dukungan akademik. Oleh karena itu, model matematika yang dikembangkan dapat mendorong siswa untuk belajar, sehingga model matematika yang dikembangkan berdampak langsung pada hubungan antara matematika, berpikir kritis, dan kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, modul desain matematika dapat digunakan sebagai jembatan untuk mewujudkan media pembelajaran yang berdampak negatif terhadap interkoneksi matematika.

Metode Pembelajaran

Metode merupakan komponen yang menentukan terciptanya kondisi selama kegiatan pembelajaran. Untuk menciptakan kondisi belajar yang nyaman, Ivor K. Davies (1981) menyatakan bahwa kegiatan belajar tidak serta merta menjamin siswa akan mampu belajar. Hal ini ditunjukkan dengan betapapun baiknya seorang pendidik atau guru dalam merancang dan merancang program pembelajaran, perolehan keterampilan yang diharapkan tidak dapat tercapai secara optimal jika tidak didukung dengan pemilihan dan penggunaan metode yang tepat.

Ciri-ciri metode yang memiliki kemampuan untuk memperlancar proses belajar peserta didik antara lain:

  • Terciptanya kondisi yang kondusif selama proses pembelajaran
  • Memudahkan mahapeserta didik mempelajari bahan ajar selama proses pembelajaran
  • Memotivasi mahapeserta didik agar aktif berpartisipasi dalam proses kegiatan pembelajaran
  • Mahapeserta didik memperoleh pengalaman belajar, dan
  • Mendorong tumbuh kembangnya kepribadian mahapeserta didik.

Aktivitas belajar adalah interaksi siswa untuk mendapatkan kesempatan belajar, mencapai perolehan keterampilan, dan mencapai hasil belajar yang diharapkan, kapan saja dalam pengaturan yang berbeda atau melalui sumber belajar yang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan manajemen yang tepat untuk menciptakan suasana yang memfasilitasi pelaksanaan yang efisien dan efektif untuk membantu siswa mencapai hasil yang diharapkan.

Metode kegiatan pembelajaran untuk menciptakan kondisi belajar memungkinkan siswa mempelajari materi dengan nyaman. Strategi kegiatan pembelajaran adalah menerapkan berbagai metode yang dipilih untuk penyajian materi dengan cara yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan siswa.

Pengertian Komputasi

Komputasi dapat diartikan sebagai cara menggunakan algoritma untuk menemukan solusi dari masalah input data. Ini disebut Teori Komputasi dan merupakan cabang ilmu komputer dan matematika. Perhitungan telah dilakukan selama ribuan tahun, terutama dengan bantuan pena dan kertas, kapur dan batu tulis, atau di kepala, kadang-kadang dengan bantuan spreadsheet. Tapi sekarang sebagian besar perhitungan dilakukan di komputer.

Komputasi adalah suatu kegiatan yang memberikan solusi atau solusi dari suatu masalah yang ditentukan dalam suatu model matematika. Secara matematis, model umumnya berbentuk: Matematika Komputasi adalah bidang matematika yang memecahkan masalah matematika secara komputasi (komputer sebagai alat). Rekayasa komputasi adalah seperangkat alat ilmiah (biasanya komputer), metode (disebut algoritma), dan teori (bukti matematis bahwa perhitungan memberikan hasil yang benar) yang diperlukan untuk menyelesaikan perhitungan.

Matematika Komputasi dan Aljabar

Salah satu studi khusus dan dasar dalam matematika murni adalah aljabar. Hubungan antara aljabar dan matematika komputer dapat dilihat pada kenyataan bahwa kemungkinan-kemungkinan perhitungan matematis dikembangkan atas dasar teori dasar aljabar. Sebagai disiplin matematika, aljabar adalah dasar untuk mempelajari penggunaan simbol matematika dan seperangkat aturan yang dimanipulasi untuk mengidentifikasi hubungan antar simbol. Saat menghubungkan properti antara simbol lain, seperti simbol aritmatika dasar   dan simbol relasional dasar   (misalnya, menggunakan huruf untuk mewakili angka). Keumuman properti meningkat terlepas dari dari nomor yang digunakan. Sudah digunakan. Inilah yang disebut kesetaraan atau ketidaksetaraan. Hal ini diperdalam dalam matematika komputer.

Matematika Komputasi dan Kalkulus

Selain aljabar, kalkulus juga dikenal sebagai salah satu mata kuliah matematika murni yang tergabung dalam Change Research Group. Dalam kaitannya dengan perhitungan matematis, kalkulus telah memberikan pemahaman tentang konsep bilangan dan integrasi, solusi persamaan dan pertidaksamaan, dan konsep hubungan dan fungsi.

Matriks dan Komputasi

Simbol matriks ukuran   adalah ukuran dan massa, misalnya  . Huruf  menunjukkan jumlah baris dan huruf  menunjukkan jumlah kolom. Matriks berisi istilah yang diwakili oleh huruf kecil dan angka matematika.

Implementasi Model Komputasi

Analisis komputasi berupa desain flowchart yang didapat dari program. Tes ini selangkah demi selangkah untuk mencapai hasil terbaik dengan melakukan perbaikan yang diperlukan. Anda dapat memeriksa hasil tes di hasil eksekusi.

Komputasi dalam Matematika

Penelitian ilmiah adalah cabang penelitian yang berhubungan dengan pengembangan model matematika dan pemecahan masalah, serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah ilmiah. Menghitung juga dapat didefinisikan sebagai cara menggunakan algoritma untuk menemukan solusi dalam entri data. Ilmu komputasi adalah cabang dari ilmu komputer dan matematika.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif bagi perkembangan pembelajaran. Penggunaan komputer di dalam kelas bukanlah hal baru. Penggunaan komputer tidak lagi menjadi kebutuhan pelengkap, tetapi merupakan prasyarat penting bagi kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Matematika pernah dianggap sebagai mata pelajaran yang mengerikan, tetapi hari ini matematika menjadi ilmu yang sangat berharga. Peran matematika ditingkatkan dengan keterampilan pemrograman komputer yang semakin berguna dalam pengembangan pendidikan dan penerapan teknik. Kemitraan yang baik antara matematika dan ilmu komputer akan membantu meningkatkan kualitas siswa, khususnya di bidang sains dan teknologi.

Model komputasi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Model Fungsi
  • Fungsi dan aplikasi terdiri dari sekumpulan nilai, termasuk operasi fungsi dan konfigurasi fungsi.
  • Model Logis
  • Terdiri dari sekumpulan nilai, termasuk definisi hubungan dan kesimpulan logis.
  • Model Instruksi
  • Terdiri dari sekumpulan nilai, termasuk operasi tugas dalam mengubah status dan instruksi.

Komputasi Sains

Ilmu komputasi adalah cabang dari ilmu komputer. Secara umum, ilmu komputasi mempelajari aplikasi atau aspek komputasi untuk pemecahan masalah dalam disiplin ilmu lain seperti fisika, kimia, dan biologi.

Banyak konferensi dan kegiatan ilmiah terkait komputer yang diadakan di Indonesia, namun umumnya terkait dengan aspek teknologi informasi. Ini tidak mengherankan, karena ilmu komputasi cenderung lebih menyukai daripada mempelajari teori murni. Hanya ada satu kegiatan ilmiah yang berhubungan langsung dengannya dan berfokus pada kajian ilmu komputasi.

Komputasi dan Pemrograman

Komputerisasi adalah penyimpanan data (input), pemrosesan, dan informasi di dalam komputer. Gunakan komputer Anda untuk melakukan, mengontrol, atau melakukan tugas. Contohnya adalah ponsel, asisten digital pribadi, atau asisten digital pribadi. Pemrograman adalah kegiatan membuat program.

Komputerisasi, connections:

  • Broad band & connectivity yaitu komputer yang dapat terhubung ke internet.
  • Miniaturization misalnya sistem komputerisasi bisa lebih kecil.
  • Personalization adalah  perusahaan yang menciptakan berbagai pilihan warna, dll.
  • Mobility adalah sistem yang terhubung ke layanan seluler.
  • Porbality misalnya suatu sistem dapat dibawa kemana-mana.
  • Multimedia yaitu driver yang dirancang untuk mengakses berbagai media seperti smartphone, telapak tangan, gambar, teks, dan suara.

Metode dan Teknik Komputasi dan Pemrograman

  • Metode Terstruktur
  • Metedologi didasarkan pada structure dan descipline bagaimana memprogram  dalam bentuk atau pola, proses, desain, pengkodean, dan pengujian.
  • Metode Modular
  • Struktur kursus menjadi unit independen kecil (modul)
  • Metode Stepwise Refinement
  • Ini adalah proses pemrosesan serangkaian langkah tertentu, dimana setiap langkah dengan jelas menghubungkan tugas dan struktur data, serta detail setiap langkah.
  • Metode Top-down/Bottom---up
  • Designing, coding, and testing adalah program tingkat progresif mengahsilkan satu set tingkat modular terstruktur, dengan modul tingkat yang lebih rendah mendefinisikan tugas secara lebih rinci.

Matriks Dalam Matematika Komputasi

Dalam komputasi, array disebut model data dan dapat menyimpan banyak file dengan nama atau variabel dan tipe file yang sama. Poin dalam tabel berbeda. Setiap elemen dapat diakses langsung dari indeksnya. Salah satu jenis file yang terdapat dalam array adalah nomor file. Jadi array atau larik biasanya direpresentasikan sebagai vektor dan matriks.

Selain itu, vektor dan matriks merupakan mata pelajaran matematika yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Studi vektor dan matriks dapat ditemukan di hampir setiap topik pembelajaran matematika. Sebagai aturan umum, pemrosesan vektor dan matriks dapat dilakukan secara manual. Gunakan ekspresi tertentu dalam proses. Namun, seiring bertambahnya ukuran, Anda memerlukan perangkat komputasi yang dapat memproses vektor dan matriks dengan cepat dan akurat.

Matlab adalah salah satu alat yang disertakan untuk pemrosesan vektor dan raster. Tidak hanya vektor dan matriks yang dapat diselesaikan dengan cepat di matlab, matlab juga sangat baik dalam memvisualisasikannya dalam berbagai bentuk.

Implementasi Komputasi Dalam Bidang Matematika

Matematika adalah cabang penelitian yang mempelajari besaran, pola, lokasi, dan variabel, serta menggunakan bilangan untuk memecahkan masalah. Penggunaan aritmatika numerik, keterlibatan komputer dalam masalah matematika berbantuan komputer. Mengingat pentingnya bidang matematika ini dalam kehidupan modern, komputasi memainkan peran penting dalam sains dan matematika.

Perkembangan Komputasi Dalam Bidang Matematika

Perkembangan ini memunculkan banyak ide untuk penggunaan perangkat modern seperti komputer dan komunikasi. Meskipun kemajuan manusia berubah dengan cepat, namun matematika tetap mempengaruhi dan mendukung perubahan tersebut. Kurikulum matematika untuk kemajuan komputasi sangat luas dan mengkaji konsep-konsep seperti probabilitas, algoritma, dan kalkulus yang diperlukan untuk kemajuan komputasi.

Peran Komputasi dalam Matematika

Kurikulum adalah proses berkelanjutan yang mengembangkan kekuatan dan keterampilan kognitif untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdikan. Inovasi dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pendidikan. Modifikasi program ini dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi siswa. Pengetahuan matematika ini tertanam dalam diri siswa. Dia berkumpul dengan para guru untuk memberi saya nasihat negatif dan membuat frustrasi. Perkembangan baru ini melibatkan penggunaan kurikulum berbasis standar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar matematika melalui penerapan standar yang sesuai dengan karakteristik matematika, termasuk penggunaan teknologi untuk mendukung pembelajaran.

Pada dasarnya, siswa belajar melalui  konkrit. Untuk memahami abstraksi, siswa membutuhkan objek sebagai wahana atau visi. Ketika mempelajari matematika, siswa tidak bergantung pada apa yang mereka ajarkan, tetapi pada bagaimana mereka mengajar atau mempelajari matematika. Oleh karena itu, harus ada standar matematika yang lebih baik dan lebih menarik. Matematika digunakan dalam semua ilmu. Ini digunakan tidak hanya dalam matematika, tetapi juga dalam dunia bisnis, ekonomi, politik, kimia, fisika, dan bahkan informasi.

Matematika adalah mata pelajaran yang spesial. Karena matematika tidak berubah dari waktu ke waktu, pendidikan matematika harus berhasil. Sukses dimulai dengan pengalaman langsung/penuh dan bergerak ke arah yang lebih tidak pasti. Alat matematika yang digunakan guru untuk mengajar siswa mengartikulasikan konsep dan menghindari berbicara. Pengajaran bahasa Inggris adalah unik, tetapi di sisi lain, pengajaran yang rinci membuat siswa senang dan bersemangat karena mereka bersemangat dan memahami informasi yang mereka pelajari.

Efektivitas suatu alat media tergantung pada situasi dan keterampilan guru yang menggunakannya. Perangkat teknologi digital, seperti komputer, dapat digunakan sebagai sarana belajar sambil belajar matematika. Pembelajaran berbantuan komputer memberikan siswa instruksi dalam matematika, terutama yang berkaitan dengan teknologi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Model pembelajaran yang menghubungkan siswa secara langsung dengan komputer disebut sebagai instruksi interaktif. Pola-pola ini muncul sebagai objek yang ditandai komputer. Siswa dilatih untuk melakukan refleksi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan menarik untuk fokus pada objek yang disajikan. Siswa dapat menggunakan komputer sebagai guru atau membantu mereka mengikuti instruksi. Berpikir grafis adalah cabang matematika yang membantu memecahkan masalah di berbagai bidang seperti komunikasi dan teknik elektronik.

Teori graf digunakan untuk memodelkan masalah dengan simpul dan segmen garis dan menggunakan model tersebut untuk menyelesaikan masalah.

KESIMPULAN

Matematika komputasi  mengintegrasikan pengetahuan ilmiah dasar  matematika seperti aljabar, kalkulus, geometri, dan teori bilangan dengan penelitian terapan seperti fisika matematika dan biologi matematika dalam menanggapi kemajuan teknologi di bidang matematika. Berpikir komputasional adalah proses berpikir yang  erat kaitannya dengan kemampuan merumuskan masalah dan menggunakan prinsip-prinsip pengoperasian komputer untuk menemukan solusi yang tepat. Pemikiran komputasional berkembang pesat di berbagai bidang untuk memecahkan berbagai masalah seperti bisnis, pendidikan,  dan teknik. Oleh karena itu, mengukur dan menilai pemikiran komputasional merupakan keterampilan penting untuk penelitian.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membantu meningkatkan pembelajaran. Menggunakan komputer di dalam kelas bukan lagi konsep baru. Penggunaan komputer tidak lagi menjadi masalah, tetapi merupakan bagian penting dari proses belajar mengajar. Matematika yang dulu dianggap horor, kini menjadi ilmu yang bermanfaat. Peran matematika, selain keterampilan pemrograman komputer, menjadi semakin penting dalam pengembangan keterampilan mengajar dan praktis. Kombinasi yang baik antara matematika dan ilmu komputer membantu meningkatkan prestasi siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, Chamalah, Oktarina. 2013.  Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Aksen Rima & Richardo Rino. 2020. Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Literasi. Vol.9. No.1. h 50-56.

Anggur F, Warsito Ali, Johannes Albert Z, & Louk Andreas. 2019. Kajian Komputasi Numerik Model Integratif Pada Difraksi Celah Lingkaran Menggunakan Metode Pendekatan Simpson 1/3. Jurnal Fisika. Vol.4. No.2. h 131-141.

Ansori, Miksan. 2020. Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Jurnal DIRASAH. Vol.3. No.1. h 111-126.

Ariensandi I, Syamsuri, Yuhana & Fatah Abdul. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Pada Materi Barisan dan Deret Siswa SMA. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol.12. No.2. h 178-190.

Azmi Rizal & Ummah Siti Khoiruli. 2021. Analisis Kemampuan Computational Thinking Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4. No.1. h 34-40.

Busrah, Zulfiqar. 2019. Matematika Komputasi Berbasis Pemrograman MATLAB. Parepare: KAAFFAH.

Dipayana, Gading Ketut, & Japa Gusti Ngurah. 2019. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Ralistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditunjau Dari Minat Komputasi. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. Vol.7. No.3. h 279-288.

Fashilah Nur, Sitti, Suharti. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol.4. No.1. h 17-26.

Fitriani, Suwarjo & Nur Wangid Muhammad. 2021. Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol.9. No.2. h 234-242.

Hasanah, Susilowati & Haryadi Herjan. 2022. Pendampingan Mahasiswa Dalam Berpikir Secara Komputasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.2. No.1. h 7-14.

Ihsan Hisyam, Sutamrin & Arwadi Fajar. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Berpikir Komputasi yang Valid dan Reliabel pada Sekolah Menenga Pertama. Jurnal Seminar Nasional. h 214-222.

Ilman Nafi'an Muhammad. 2016. Analisis Berpikir Konseptual, Semikonseptual Dan Komputasional Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol.2. No.2. h 72-78.

Lestiana Tri, Herani. 2019. Komputasi Matematik. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Maharani Anggita. 2020. Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Euclid. Vol.7. No.2. h 77-147.

Niat Telaumbanua Yakin. 2020. Analisis Pembelajaran Dengan Menggunakan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PiMat. Vol.2. No.1. h 131-138.

Rachmawati & Listiani Welas. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Komputasi Matematika dan Implementasinya pada Maple Soft untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Jendela Pendidikan. Vol.2. No.1. h 110-116.

Sangalia Shinta, Aldila Ekasatya. 2020. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran CTL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.3. No.2. h 145-155.

Sidik Darlan. 2021. Dimensi Keterampilan Berpikir Komputasi Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran Elektronika Analog. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.8. No.2. h 59-67

Suparno, Supriyanto. 2010. Komputasi Untuk Sains dan Teknik Mengggunakan MATLAB. Depok: Universitas Indonesia.

Tri Astuti, Kusmanto Benidectus & Widodo Sri Adi. 2018. Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika. Vol.2. No.1. h 23-29.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun