Mohon tunggu...
Rida Perdana Putri
Rida Perdana Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi semester 3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Pendidikan IPS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar Kognitif dan Konstruktivis: Pemahaman, Perkembangan, dan Penerapan dalam Pembelajaran

7 November 2024   23:11 Diperbarui: 7 November 2024   23:15 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori Belajar Kognitif dan Konstruktivis: Pemahaman, Perkembangan, dan Penerapan dalam Pembelajaran

  • Prinsip Dasar Psikologi Kognitif

Menurut Santrock, kognisi berkaitan dengan proses mental seperti menerima, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi, yang mendukung aktivitas kompleks seperti berpikir. Chaplin menjelaskan bahwa kognitif melibatkan perilaku mental dalam pemahaman, perhatian, pemrosesan informasi, pemecahan masalah, niat, dan keyakinan.

  • Teori Belajar Kognitif

Menurut Kurt Lewin, perilaku individu dipengaruhi oleh interaksi antara kekuatan internal (seperti kebutuhan dan tujuan) dan kekuatan eksternal (seperti tantangan atau hambatan). Piaget menyatakan bahwa kemampuan belajar dipengaruhi oleh tahap perkembangan usia, yang memperluas kapasitas mental seseorang.

Discovery Learning, adalah proses memahami konsep melalui intuisi, sesuai kemampuan individu, sehingga mencapai kesimpulan sendiri. Implikasi dari teori ini dalam pembelajaran meliputi:

1. Pembelajaran yang berpusat pada siswa.

2. Pengembangan keterampilan berpikir kritis.

3. Penggunaan teknologi dan media untuk mendukung konstruksi pengetahuan.

  • Pendekatan Konstruktivisme

Pendekatan konstruktivisme menyatakan bahwa individu membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalaman. Terdapat dua jenis konstruktivisme:

1. Konstruktivisme Individual, berfokus pada proses mental individu dalam membangun pengetahuan.

2. Konstruktivisme Sosial,  menurut Vygotsky, yang menekankan bahwa pengetahuan terbentuk melalui interaksi sosial dan budaya.

  • Prinsip utama konstruktivisme meliputi:

1. Belajar sebagai proses aktif.

2. Pembelajaran bersifat subjektif.

3. Pentingnya kolaborasi dan interaksi sosial.

4. Penerapan pengetahuan dalam konteks nyata.

  • Proses Konstruksi Pengetahuan dan Faktor-Faktornya

Proses konstruksi pengetahuan melibatkan eksplorasi, integrasi, pembentukan skema baru atau modifikasi, refleksi, kolaborasi, dan aplikasi pengetahuan. Faktor-faktor yang mempengaruhi konstruksi pengetahuan meliputi:

1. Pengalaman Pribadi: setiap individu menginterpretasi informasi baru berdasarkan pengalaman unik.

2. Interaksi Sosial: kolaborasi dengan orang lain membantu memperkaya pemahaman.

3. Bahasa: berperan penting dalam mengartikulasikan dan internalisasi pengetahuan.

4. Konteks Sosial dan Budaya: norma dan tradisi mempengaruhi pembelajaran.

  • Perkembangan Kognitif dan Metakognitif

Menurut Piaget, perkembangan kognitif terdiri dari empat tahap: sensorimotor, praoperasional, operasional konkret, dan operasional formal. Metakognisi melibatkan kesadaran dan pengaturan proses berpikir, penting untuk membantu siswa menjadi pembelajar mandiri dan efektif dalam pemecahan masalah. Metakognisi meliputi pengetahuan tentang strategi belajar serta pemantauan dan evaluasi proses belajar.

  • Hubungan Kognitif dengan Perilaku dan Hasil Belajar

Aspek kognitif, perilaku, dan hasil belajar saling berkaitan dalam pembelajaran. Kognitif mendukung pemahaman, perilaku adalah respons dari pengulangan dan penghargaan, dan hasil belajar adalah perubahan setelah pembelajaran. Pemahaman yang baik memicu perilaku positif, yang memperkuat proses kognitif untuk hasil belajar optimal.

  • Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif

1. Faktor Hereditas: gen yang diturunkan berpengaruh pada kemampuan intelektual.

2. Faktor Lingkungan: sesuai teori empirisme John Locke, lingkungan mendukung perkembangan intelektual.

3. Kematangan: kematangan fisik dan psikologis mempengaruhi perkembangan kognitif.

4. Pembentukan: pengaruh dari pendidikan formal maupun pengalaman.

5. Minat dan Bakat: minat dan bakat individu menentukan kemampuan belajar.

6. Kebebasan: kebebasan berpikir mendukung kreativitas dan pemecahan masalah.

  • Perbedaan Individual dalam Perkembangan Kognitif

Setiap individu memiliki perbedaan perkembangan kognitif akibat faktor genetik, lingkungan, dan pengalaman belajar. Faktor genetik mempengaruhi kemampuan dasar, sedangkan lingkungan dan rangsangan intelektual mempercepat atau menghambat perkembangan. Pendidik perlu menyesuaikan strategi pengajaran agar efektif dalam menghadapi perbedaan ini.

  • Metakognisi dalam Pembelajaran

Metakognisi mencakup kesadaran akan cara belajar dan strategi, tugas kognitif, serta diri sendiri, yang membantu siswa memahami dan mengevaluasi proses belajar mereka. Penerapan metakognisi dalam pembelajaran memungkinkan siswa untuk lebih efektif, merencanakan, memantau, dan mengevaluasi pembelajaran mereka. Guru juga berperan dalam menyediakan kesempatan refleksi yang mendukung berpikir kritis, motivasi, kemandirian, dan pembelajaran berbasis masalah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun