Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan salah satu mata kuliah wajib yang biasa diikuti oleh mahasiswa semester akhir sebagai salah satu syarat kelulusan. Universitas Jember pada kesempatan ini melaksanakan KKN seperti pada periode sebelumnya yaitu KKN Back to Village atau KKN pulang Kampung di mana mahasiswa melakukan KKN di tempat tinggal atau daerah peserta masing-masing. Hal ini tetntunya untuk mendukung pemerintah dalam programnya melakukan pekerjaan dan proses belajar mengajar di rumah atau secara daring untuk menekan penyebaran virus covid-19.
Penulis, Ridani Riko Angsoko merupakan salah satu mahasiswa peserta KKN Back to Village III Universitas Jember yang tergabung dalam kelompok 42 dengan dosen pembimbing lapang (DPL) Pak Anang Andrianto, ST., MT. Penulis melakukan kegiatan KKN pada masyarakat RW 14 Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Â
Pada KKN Back to Village ini merupakan KKN tematik atau KKN yang terdiri dari beberapa tema yang dapat dipilih secara mandiri oleh mahasiswa peserta KKN. Pada kesempatan ini penulis mengambil tema "Program Inovasi Teknologi/Informasi dalam Penanganan Covid-19", dari tema tersebut penulis membuat program kerja mengenai pertanian urban di pekarangan rumah untuk membantu krisis akibat covid-19.
Pada minggu pertama penulis melaksakan proker yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara bersama ketua RW 14 yang bernama Ibu Yuli. Data yang didapatkan dari hasil observasi dan proses wawancara tersebut penulis menemukan bahwa pada lingkungan RW 14 mayoritas masyarakat merupakan lansia dan para pensiunan yang sangat gemar bercocok tanam di rumah terutama pada tanaman hias. Terlebih lagi lingkungan tersebut sangat patuh terhadap aturan yang berlaku pada masa pandemi ini seperti PPKM dan 5M pada saat keluar rumah. Hal yang menjadi masalah pada lingkungan tersebut adalah tidak adanya kegiatan aktif yang biasa dilakukan oleh masyrakat lingkungan tersebut.
Sehingga penulis merasa lingkungan tersebut sangat cocok pada program kerja yang telah dirancang. Program kerja yang dilakukan penulis terdapat 3 pokok utama yaitu melakukan pelatihan maelalui video-video tutorial, pemberian informasi melalui pamflet dan poster tempel, dan yang terakhir melakukan sosialisasi dan pelatihan secara langsung kepada masyarakat. Â
Proker pertama penulis merupakan pembuatan video tutorial yang nantinya akan di unggah di Youtube dan akan dibagikan kepada masyarakat RW 14 melalui perantara ibu Yuli selaku ketua RW 14. Video pelatihan meliputi Tutorial Bertani di Rumah dengan Teknik Vertikultur: https://youtu.be/rS7vSf_-Ons,Â
Teknik Hidroponik sederhana yang terdiri dari 3 bagian video:
https://youtu.be/YWg0tFJK5vk,Â
dan https://youtu.be/UVPgin0j2EE,Â
Tutorial Pembuatan Pupuk Organik Cangkang Telur:
 Tutorial Pembuatan Pupuk Organik dari Kulit Pisang: https://youtu.be/vP4QJ9mmv4g.Â
Dari hasil video yang telah dikirimkan respon dari masyarakat sangat positif dan ingin belajar lebih lanjut tata cara bercocok tanam di rumah tersebut
Proker kedua merupakan pembuatan pamflet dan pembuatan poster. Pamflet yang dibuat mengenai manfaat berbagai sayuran yang dapat ditanam dengan teknik-teknik yang telah dipelajari dari video tutorial, di mana pamflet ini disebarkan melalui chat Whatsapp dan poster mengenai tata cara pembuatan pupuk organik. Poster ini ditempel di balai RW 14.
Proker ketiga merupakan proker puncak, di mana pada proker ini penulis langsung memberikan pelatihan secara langsung kepada masyarakat yang dilaksanakan sebanyak 3 kali. Pada pelatihan tersebut masyarakat sangat antusias engikuti kegaiatan yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat yang hadir pada acara pelatihan. Acara pelatihan ini pun ditutup oleh bapak kelurahan kebonsari.
(Ridani Riko Angsoko / 181510501142 / Kelompok KKN 42 / Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember/ DPL Anang Andrianto,.ST,.MT)Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H